Thursday 19 January 2023

MATERI AJAR KAMIS 19 JANUARI 2023

 Hari/Tanggal           : Kamis,19 Januari 2023

Kelas                          : IV C 

Tema                          : 6 (Cita-citaku)

Subtema                    : 3 (Giat Berusaha Meraih Cita-cita)

Pembelajaran          : 2

Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui kegiatan membuat kolase, siswa mampu menjelaskan dan membuat karya seni aplikasi dengan teknik yang benar sesuai contoh.

2. Melalui kegiatan mencari informasi dan berdiskusi dengan kelompoknya, siswa mampu menjelaskan dan mempresentasikan cara pelestarian makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar dengan benar.



IPA

Keanekaragaman makhluk hidup telah memberikan manfaat bagi kehidupan manusia atau makhluk hidup lainnya. Sepantasnya manusia berusaha dan bertindak untuk memelihara, mengembangkan dan menjaga keanekaragaman makhluk hidup sebagai sumber daya alam hayati, agar senantiasa dapat memperoleh manfaatnya. Masyarakat dunia sekarang harus segera bertindak melestarikan keanekaragaman makhluk hidup. Dampak buruk yang kepunahan makhluk hidup telah merugikan bagi manusia itu sendiri. Di Indonesia, banyak jenis hewan dan tumbuhan asli Indonesia berada di ambang kepunahan. Bahkan, pelestarian makhluk hidup dapat dilakukan melalui cara-cara di antaranya sebagai berikut :

1.      Upaya Pelestarian Tumbuh-tumbuhan

Upaya yang dilakukan sebagai berikut.

  1. Kebun koleksi, biasanya hanya untuk mempertahankan tumbuhan  bibit unggul. Contoh: kebun kelapa di Bone-Bone, kebun mangga di Pasuruan.
  2. Kebun plasma nutfah, merupakan perkembangan kebun koleksi  Contoh: Kebun plasma nutfah di Cibinong LIPI dengan buah-buahan  inti, talas, dan suweg.
  3. Kebun botani, didirikan pada tahun 1817 di Bogor, terkenal dengan  nama Kebun Raya Bogor.

2.      Upaya Pelestarian Hewan 


Upaya yang dilakukan sebagai berikut.

a.       Menangkar hewan langka dengan cara mengisolasi hewan tersebut.

b.      Mengambil telur-telur hewan untuk dibantu menetaskannya.

c.       Memindahkan hewan langka ke tempat yang lebih cocok.

d.      Membuat undang-undang perburuan.

e.       Menindak tegas para pelanggar dengan memberikan sanksi hukum sesuai hukum yang berlaku.


SBdP

Banyak usaha telah dilakukan untuk memanfaatkan barang bekas atau tidak terpakai di lingkungan sekitar.  Salah satunya dengan mendaur ulang barang-barang bekas pakai yang berasal dari rumah untuk membuat karya seni rupa.  Membuat karya seni rupa dengan menggunakan barang bekas adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan.  Kali ini kamu akan membuat karya kolase dengan menggunakan bahan kertas koran bekas. Tahukah kamu tentang kolase?  Kolase adalah teknik untuk membuat karya seni rupa  dua dimensi dengan cara memotong dan menempel.  Bahan yang digunakan terdiri atas berbagai bahan, seperti kertas, kain, kaca, logam, kayu, dan lainnya yang ditempelkan pada permukaan gambar.  (seperti di buku tematik halaman 123)


MATEMATIKA (Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan Dengan Bangun Datar)

1.Salah satu kolam renang berbentuk persegi. Memiliki keliling 200 meter berapakah sisi kolam renang tersebut!

a.40 meter
b.50 meter
c.60 meter
d.70 meter

2.Sawah pak Ahmad memiliki panjang 60 meter dan lebar 40 meter. Berapa keliling sawah pak Ahmad jika kita mencoba menghitung.

a.100 meter
b.200 meter
c.300 meter
d.400 meter 

3.Sebuah gambar berbentuk persegi panjang memiliki luas 120 cm jika lebar gambar tersebut adalah 6 cm berapakah panjang gambar tersebut?

a.5 cm
b.10 cm
c.15 cm
d.20 cm

4. Sebuah atap kandang hewan berbentuk segitiga memiliki alas 3 m tinggi 4 meter. Berapakah luas atap kandang hewan tersebut..

a.5 m
b.6 m
c.8 m
d.9 m 

5.Pak Dodi memiliki sebuah taman kecil berbentuk segitiga sama sisi. Jika sisi segitiga tersebut adalah 42 m berapakah keliling tanam tersebut?

a.112 meter
b.124 meter
c.126 meter
d.134 meter



No comments:

Post a Comment

MATERI AJAR JUMAT 3 MEI 2024

  Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat, 3 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran ; IPS Assalamu'alaikum warohmatu...