Materi Ajar Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 2
Kelas : IV
Tema : Cita-citaku
Subtema : Aku dan Cita-citaku
Muatan Pelajaran : BHS, IPA SBDP
Hari/Tanggal : Selasa, 3
Januari 2023
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri puisi
2. Peserta didik dapat mengidentifikasi daur hidup kupu-kupu
3. Pesrta didik dapat mengidentifikasi tanda tempo dan tinggi rendah nada dengan benar
Siti bercita-cita menjadi seorang peneliti tumbuhan
dan hewan. Ia suka sekali mempelajari pengetahuan tentang tumbuhan dan hewan.
Banyak buku tentang hewan dan tumbuhan yang dibacanya. Pengetahuan itu
digunakan Siti sebagai bekal untuk merawat hewan pel iharaannya dan tumbuhan
yang ditanamnya.
Siti memelihara beberapa ekor kelinci di rumahnya.
Kelinci-kelinci itu bermain bebas di belakang rumah Siti yang asri. Ada
beberapa pohon tumbuh di halaman belakangnya. Pohon yang rindang menjadikan
udara sejuk. Siti senang menghabiskan waktunya di sana untuk menyiram tanaman
dan memberi makan kelincinya.
Saat Siti menyiram tanamannya, Siti melihat ada banyak
kupu-kupu yang hinggap di tanamannya.
Kamu tentu ingat ada sebuah lagu tentang kupu-kupu.
Ayo, nyanyikanlah!
Ayo Bernyanyi
Nyanyikan lagu di bawah ini bersama-sama dengan
temanmu.
kelas 4 tema 6 subtema 1 pembelajaran 2
Bagaimana kamu menyanyikan lagu "Kupu-Kupu yang
Lucu" tersebut?
Apakah kamu menyanyikan dengan cepat?
Apakah kamu menyanyikan dengan lambat?
Bagaimana perasaanmu jika lagu itu dinyanyikan dengan
cepat?
Setiap hewan dan tumbuhan membutuhkan air. Air dapat
berasal dari air hujan atau sumber air.
Coba bandingkan dengan lagu berikut!
Ada lagu yang dinyanyikan dengan lambat, ada juga lagu
yang dinyanyikan dengan cepat. Cepat dan lambatnya lagu dinyanyikan disebut
tempo lagu.
Ada tanda atau istilah untuk menunjukkan tempo lagu.
Istilah atu tanda tempo sebagai berikut.
Ayo Mengamati
Amatilah kembali penulisan lagu "Kupu-Kupu yang
Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan" di depan. Perhatikan tanda tempo
yang ada pada lagu-lagu tersebut. Kemudian, cocokkan dengan keterangan atau
istilah yang dipakai pada sebuah lagu untuk menunjukkan tempo lagu berikut.
1. Tanda tempo apakah yang terdapat pada notasi lagu
"Kupu-Kupu yang Lucu"dan "Tik-Tik Bunyi Hujan"?
Lento (
Lebih lambat ) dan Andante ( sedang ).
2. Tahukah kamu
perbedaan tempo pada lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan"Tik-Tik
Bunyi Hujan" tersebut?
Jika
tempo pada lagu kupu kupu yang lucu adalah 'Lento' (sangat lambat) sedangkan
tempo pada lagu tik tik bunyi hujan adalah 'Andante' (sedang).
3.
Carilah notasi lagu yang lain. Amatilah tempo yang digunakan pada notasi lagu
tersebut!
Lagu
Naik delman Dengan nada tempo allegro ( cepat ).
Ayo
Membaca
Simaklah
puisi berikut!
Cita-Citaku
Ciptaan:
Angelica
Suara
indah alat musik
Alunannya
tenang mendayu
Seakan
selalu berbisik
Aku
selalu ada untukmu
Aku
suka alat musik itu
Karena
itu aku ingin menjadi pemainnya
Inilah
cita-citaku
Menjadi
pemain biola
Langkah-langkah
kujalani
Semua
cobaan kulewati
Untuk
mendapatkan apa yang kuinginkan
Semua
akan kuperjuangkan
Ayo
Berlatih
Setelah
menyimak puisi di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1.Apakah judul puisi
tersebut?
Judul puisi di atas
adalah Cita-citaku.
2.Coba buatlah judul
lain yang sesuai dengan isi puisi tersebut!
Judul lain yang sesuai
adalah Alat musik.
3.Berapakah jumlah
bait yang terdapat pada puisi tersebut?
Jumlah bait pada puisi
di atas adalah 3 bait.
4.Berapakah jumlah
baris pada setiap bait puisi tersebut?
Jumlah baris pada
setiap abit puisi adalah 4 baris.
Ayo Mengamati
Perhatikan
kembali puisi "Cita-Citaku" dengan saksama. Amatilah bunyi vokal
setiap kata terakhir pada setiap baris puisi!
Perhatikan
contoh berikut!
Suara
indah alat musik ---------------------------- i
Alunannya
tenang mendayu ----------------------- u
Seakan
selalu berbisik ----------------------------- i
Aku
selalu ada untukmu --------------------------- u
Aku
suka alat musik itu ---------------------------- u
Karena
itu aku ingin menjadi pemainnya ---------- a
Inilah
cita-citaku ----------------------------------- u
Menjadi
pemain biola ------------------------------ a
Langkah-langkah
kujalani ------------------------- i
Semua
cobaan kulewati ---------------------------- i
Untuk
mendapatkan apa yang kuinginkan --------- a
Semua
akan kuperjuangkan ------------------------ a
Apakah
kesimpulanmu setelah mengamati bunyi akhir baris-baris pada setiap bait puisi
di atas?
Tuliskan
kesimpulanmu pada kolom di bawah ini!
Selesai
memperhatikan bunyi akhir pada baris-baris setiap bait puisi di atas saya
menjadi lebih paham puisi di atas memiliki rima yang teratur diantaranya abab.
Ayo
Membaca
Kupu-kupu
terbang ke sana ke mari
Mencari
bunga-bunga yang sedang mekar
Sungguh
indah warna sayapmu yang menari
Berpadu
dengan indahnya bunga yang mekar
Bagaimanakah
bunyi akhir baris-baris pada bait puisi tersebut?
Tuliskan
jawabanmu pada kolom berikut!
Kupu-kupu
terbang ke sana ke mari ------------ i
Mencari
bunga-bunga yang sedang mekar ------------ a
Sungguh
indah warna sayapmu yang menari ------------ i
Berpadu
dengan indahnya bunga yang mekar ------------ a
Apakah
kesimpulanmu setelah mengamati bunyi akhir baris-baris pada setiap bait puisi
di atas?
Tuliskan kesimpulanmu
pada kolom di bawah ini!
Setelah
mengamati bunyi akhir baris-baris pada setiap bait puisi cita-citaku adalah
Terdapat keteraturan bunyi vokal kata akhir dalam setiap baris.
Ayo
Mengamati
Amatilah
gambar di bawah ini!
Kepompong
merupakan bagian dari pertumbuhan dan perkembangan kupukupu.Di dalam kepompong
itu ulat akan berubah menjadi kupu-kupu. Proses pertumbuhan dan perkembangan
makhluk hidup mulai dari lahir atau menetas hingga dewasa disebut siklus hidup
atau daur hidup.
Kita
sudah mengetahui daur hidup hewan peliharaan, seperti ayam, kelinci, dan
kucing. Kupu-kupu memiliki daur hidup yang berbeda dengan daur hidup
hewan-hewan tersebut. Kupu-kupu mengalami proses perubahan bentuk selama daur
hidupnya. Proses perubahan bentuk tersebut dinamakan meta- morfosis.
Berikut
ini metamorfosis kupu-kupu.
1.
Kupu-kupu yang siap bertelur mencari tanaman yang cocok untuk meletakkan
telurnya.
2.
Telur kupu-kupu.
3.
Telur menetas mengeluarkan larva (ulat).
4.
Larva berubah menjadi pupa (kepompong).
5.
Kepompong akan menetas menjadi kupu-kupu.
Berikut
ini metamorfosis pada Belalang.
1.
Belalang dewasa siap bertelur
2.
Telur belalang
3.
Nimfa tak bersayap
4.
Nimfa bersayap
Daur hidup kupu-kupu mengalami perubahan di setiap tahapannya. Sementara itu, tidak semua tahap dalam daur hidup belalang mengalami perubahan. Kupu-kupu mengalami metamorfosis sempurna. Sebaliknya belalang mengalami metamorfosis tidak sempurna.
Dapatkah
kamu menemukan contoh hewan lain yang mengalami metamorphosis sempurna dan
tidak sempurna?
Baik, itulah tadi pembelajaran kita hari ini, Anak Sholeh Sholehah siapa yang bisa memberikan kesimpulan pembelajaran hari ini? Iya, kesimpulan yang bagus ya.. Beri tepuk tangan untuk teman kalian.
Bagaimana pembelajaran hari ini? Menyenangkan bukan? Semoga anak Sholeh Sholehah lebih semangat lagi ya, hari ini cukup sekian dari buguru
Wassalamu'alaikum wr wb..
No comments:
Post a Comment