Monday, 9 August 2021

MATERI AJAR, SENIN 9 AGUSTUS 2021

 

Materi Ajar Senin, 9 Agustus 2021

JENIS DARING KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan      : SD AL AZHAR 1

Kelas / Semester        :  2 /1

Tema                           : HIDUP RUKUN

Sub Tema                  : Hidup Rukun di Masyarakat (Sub Tema 4)

Pembelajaran 1

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

Anak-anak sudah siap belajar hari ini?
Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran


Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!





 

 
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya.. 
 

Setelah berdoa yuk kita murojaah bersama surah al-qoriah kali ini dipandu oleh teman kita yaitu M.Ziyyan Afandra



Ayo simak video berikut ini untuk pemahaman materi pada pembelajaran hari ini:



Pada Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat akan mempelajari tentang isi teks cerita yang berisi penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun, penolakan dalam teks cerita, ciri-ciri serta alat dan bahan karya hiasan dengan bahan alami, cara menggunakan bahan alami dan alat untuk membuat karya hiasan, langkah-langkah membuat karya hiasan, penjumlahan serta pengurangan dua bilangan cara panjang dan pendek, serta menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan penjumlahan. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.


Ayo Mengamati
yuk kita membaca teks di bawah ini!

Membuang Sampah di Tempat Sampah
Membuang Sampah
Udin selalu menjaga kebersihan.

Sampah-sampah yang berserakan dibuang di tempat sampah.

Sebaliknya, Badu tidak menjaga kebersihan rumah.

Badu membuang sampah ke dalam got.

“Buang saja sampahmu ke dalam got dekat rumah!” Ajak Badu kepada Udin.

“Tidak mau, ah. Nanti air got menjadi tergenang dan bau,” jawab Udin.

Badu menyadari bahwa perbuatannya tidak baik.

Ia minta maaf kepada Udin.

Badu juga berterima kasih kepada Udin karena sudah mengingatkan agar tidak membuang sampah sembarangan

Ayo Berlatih
Udin menolak ajakan Badu untuk membuang sampah ke got.

Sebutkan penolakan Udin tersebut. 
“Tidak mau, ah. Nanti air got menjadi tergenang dan bau,”
Pernahkah kamu menolak ajakan temanmu?
Pernah
Tuliskan kalimat penolakanmu kepada teman!
Kalimat penolakan : Maaf, aku tidak bisa ikut bermain denganmu sore nanti. Aku harus mengerjakan tugas sekolah.

Ayo Mengamati
Amatilah gambar di bawah ini!

Urutkan gambar di bawah ini sehingga menjadi sebuah cerita.
Urutan Cerita
Ayo Mengamati
Rumah Udin bersih dan nyaman.

Udin, Edo, dan Siti, membuat prakarya di rumah Edo.

Mereka membuat prakarya dengan bahan yang berbeda.

Pasangkan hasil karya dengan bahan dan peralatan yang sesuai!
Alat Gambar
Tuliskan alat dan bahan yang digunakan Udin, Edo, dan Siti!
UdinEdoSiti
Kertas, pensil, lem, spatula, dan biji-bijianKertas, lem, spatula, pasir, dan kerangKertas, pensil, gunting, dan dedaunan


Ayo Berkreasi
Buatlah hiasan dari biji-bijian.Sebelumnya, kamu harus menyediakan sketsa gambar.

Buatlah sketsa yang akan kamu buat menjadi hiasan.

Alat dan Bahan yang Digunakan
Kertas karton putih untuk menggambar
Pensil untuk menggambar

Cara Membuat
Buatlah sketsa gambar hiasanmu
Kolase
Lanjutkan kegiatanmu ini pada pembelajaran berikutnya.

Ayo Berlatih
Udin dan Mutiara membuat prakarya dari biji-bijian.

Udin menggunakan biji-bijian hingga 239 butir.

Sedangkan Mutiara sebanyak 185 butir.

Banyak biji-bijian dapat digambarkan dengan kubus satuan.
Kubus Satuan
Jumlah biji-bijian yang digunakan Udin dan Mutiara adalah 424

Berapakah selisih biji-bijian yang digunakan Udin dan Mutiara?
Pengurangan
Sehingga, 239 – 185 = ..... 

2 ratusan telah dipinjam 1 ratusan, sisa 1 ratusan

Sehingga :
239 =200+ 30 + 9=100+ 130 + 9
185 =100+ 80+ 5=100+ 80+ 5-


=0+ 50+ 4

=54
239
185 -
  54

Tentukan jumlah dan selisih kedua bilangan berikut!

1. 356 dan 344
356 =300+ 50 + 6
344 =300+ 40+ 4-

=0+ 10+ 2
=12
256
344 -
  12

2. 508 dan 192
508 =500+ 0 + 8=400+ 100 + 8
192 =100+ 90+ 2=100+ 90+ 2-


=300+ 10+ 6

=316
508
193 -
316

3. 437 dan 227
437 =400+ 30 + 7
227 =200+ 20+ 7-

=200+ 10+ 0
=210
437
227 -
210

4. 189 dan 511
511 =500+ 10 + 1=400+ 100 + 18
189 =100+ 80+ 9=100+ 80+ 9-


=300+ 20+ 9

=329
511
189 -
329

Buatlah bilangan tiga angka terbesar dan terkecil dari angka berikut!
No.AngkaBilangan terkecilBilangan terbesar
1.1, 2, 3123321
2.1, 3, 4134431
3.2, 3, 4234432
4.1, 3, 5135531
5.2, 3, 5235532


Tentukan jumlah dan selisih dari bilangan yang diperoleh!
Soal No12345
Jumlah444565666666767
Selisih198297198396297

Diberikan angka 1, 2, 3
Maka bilangan terkecil yang dapat dibentuk adalah 123 dan bilangan terbesar yang dapat dibentuk adalah 321.
Jumlah = 123 + 321 =  444  
Selisih = 321 - 123 = 198
Untuk soal nomor 2
Diberikan angka 1, 3, 4
Maka bilangan terkecil yang dapat dibentuk adalah 134 dan bilangan terbesar yang dapat dibentuk adalah 431.
Jumlah = 134 + 431 = 565
Selisih = 431 - 134 = 297
Untuk soal nomor 3
Diberikan angka 2, 3, 4
Maka bilangan terkecil yang dapat dibentuk adalah 234 dan bilangan terbesar yang dapat dibentuk adalah 432.
Jumlah = 234 + 432 = 666
Selisih = 432 - 234 = 198

Untuk soal nomor 4
Diberikan angka 1, 3,
Maka bilangan terkecil yang dapat dibentuk adalah 135 dan bilangan terbesar yang dapat dibentuk adalah 531.
Jumlah = 135 + 531 = 666
Selisih = 531 - 135 = 396

Untuk soal nomor 5
Diberikan angka 2, 3, 5
Maka bilangan terkecil yang dapat dibentuk adalah 235 dan bilangan terbesar yang dapat dibentuk adalah 532.
Jumlah = 235 + 532 = 767
Selisih = 532 - 235 = 297

Tugas hari ini adalah Kegiatan Bersama Orang Tua

Siswa diajak mencari contoh prakarya dari bahan alam di media cetak atau internet.
berikut contoh pengerjaannya tapi boleh dilakukan sesuai dengan kreasi masing-masing siswa...





Untuk bahan-bahan bebas apa saja yang ada di rumah. Boleh bahan alam (biji-bijian, serutan kayu dll) dan bahan non alam (kertas origami)
tugas ini adalah proyek kelas ya jadi waktu pengerjaannya paling lambat sampai hari kamis tanggal 12 Agustus 2021 kumpulkan tugasmu dalam bentuk kolase foto pembuatannya dan hasil akhirnya. Boleh juga dibuat video cara mengerjakannya (tidak wajib untuk video)

Nah anak-anak, demikian pembelajaran kita hari ini. Jika telah selesai, kirimkan kolase foto hasil penugasan kepada ibu guru.
Silakan berdoa dan rapikan kembali perlengkapan belajarnya. 



Oh iya, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada orangtua yang telah membimbing kalian belajar hari ini. 

Sampai jumpa, salam sehat dan tetap semangat. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 👍🤗



No comments:

Post a Comment

MATERI AJAR KELAS 6D, JUMAT 22 NOVEMBER 2024

  Tema 5                      : Wirausaha Subtema 3                 : Ayo belajar berwirausaha Pembelajaran               : 4 dan 5 Muatan P...