Monday, 30 August 2021

MATERI AJAR, SENIN 30 AGUSTUS 2021

 

Satuan Pendidikan      : SD AL AZHAR 1

Kelas / Semester        :  2 /1

Tema                          : Bermain di Lingkungankunganku

Sub Tema                  : Bermain di Lingkungan Sekolah (Sub Tema 3)

Pembelajaran             :1




Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan hari ini dengan berdoa Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran.

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah, bersedekah dan membantu kedua orang tua di rumah.

Pada Pembelajaran 1 Tema 2 Subtema 3 Bermain di Lingkungan Sekolah akan mempelajari tentang membaca, mencatat, dan menyebutkan kembali isi teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda. Menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian dengan tepat. Menyatakan pembagian sebagai pengurangan berulang. Menghitung hasil bagi dua bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 100. Mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan dalam menggambar imajinatif. Menggambar imajinatif berupa “buku yang terbuka” menggunakan gambar susunan kelereng berbeda warna berdasarkan pengalaman. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.


Ayo Mengamati
Hari ini Beni pergi ke sekolah.

Beni duduk di kelas dua SD.

Beni bertemu banyak teman di kelas.

Ada Edo, Udin, Lani, dan Dayu.

Perhatikan gambar di bawah!
Bermain dihalaman
Ajukan pertanyaan mengenai bermain di lingkungan sekolah sesuai gambar di bawah!

Gunakan bahasa yang sopan!
Waktu istirahat tiba.

Beni bermain di halaman sekolah.

Ayo Mengamati
Perhatikan gambar di bawah!
Bermain di halaman
Kira-kira, cerita apa yang cocok untuk gambar di atas?

Coba kamu buat lima pertanyaan tentang gambar di atas!
Contoh pertanyaan :
  1. Apa yang sedang mereka lakukan?
  2. Di manakah mereka bermain?
  3. Mengapa mereka gembira?
  4. Ada berapakah anak laki-laki yang sedang bermain?
  5. Kapan mereka bermain di halaman sekolah?

Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dengan lancar!
Bermain di Halaman Sekolah

Waktu istirahat tiba.

Siswa kelas dua bermain di halaman sekolah.

Ada yang bermain kelereng, bermain tali, dan bekel.

Beni, Edo, dan Udin sedang bermain kelereng.

Beni sedang fokus menjentikkan kelereng.

Edo dan Udin menunggu giliran sambil mengamati kelereng di dalam lingkaran.

Banyak kelereng di dalam lingkaran ada 6 butir.

Siti, Mey, dan teman lainnya bermain lompat tali.

Mey mendapat giliran melompat.

Siti memutar tali dari sebelah kanan.

Teman lainnya memutar tali dari sebelah kiri.

Sementara itu, Dayu bersama teman sekelas lainnya bermain estafet air.

Ayo Menulis
Bagaimana hasil terkaanmu tadi?

Apakah sesuai dengan apa yang kamu baca?
Ya, apa yang saya terka ternyata sesuai dengan apa yang saya baca.

Coba kamu buat lima pertanyaan tentang teks bacaan tersebut!
  1. Di mana mereka bermain? (Mereka bermain di halaman sekolah)
  2. Bagaimana cara bermain kelerang? (Dengan menjentikan kelereng)
  3. Kapan mereka bermain? (Mereka bermain saat istirahat)
  4. Berapa orang yang ikut bermain? (Ada 9 orang anak yang sedang bermain)
  5. Siapa saja yang ikut bermain? (Beni, Edo, Udin, Siti, Mey, dan Dayu)
  6.  

    Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi teks bacaan “Bermain di Halaman Sekolah”!
    1. Apa yang sedang dilakukan Beni, Edo, dan Udin?
    Beni, Edo dan Udin sedang bermain kelereng.
    2. Siapa yang memutar tali di sebelah kanan?
    Siti memutar tali di sebelah kanan
    3. Apa yang sedang dilakukan Dayu?
    Dayu bersama teman sekelas sedang bermain estafet air.
    4. Apa saja kegiatan bermain sesuai isi cerita?
    Bermain kelereng, bermain lompat tali, dan bermain estafet air.ain
    5. Ceritakanlah isi teks tersebut dengan bahasamu sendiri!
    Pada saat istirahat tiba anak-anak kelas dua bermain di halaman sekolah. Ada yang bermain kelereng, lompat tali, dan estafet air. air.
    Ayo Membaca
    Bacalah teks percakapan berikut
    Percakapan
    Beni:Kamu masih ingat, kalimat penutup paragraf pertama pada teks sebelumnya?
    Edo:Masih, banyak kelereng di dalam lingkaran ada 6 butir
    Beni:Oh iya, berapa orang yang bermain kelereng, ya?
    Edo:Tiga orang. Bagaimana ya, caranya membagikan 6 butir kelereng kepada 3 orang agar setiap orang mendapatkan kelereng sama banyak?
    Mey:Caranya, setiap anak diberi satu. Kemudian, sisanya dibagikan lagi setiap orang satu hingga habis. Pengurangan berulang 6 – 3 – 3 = 0 sama artinya 6 : 3 = 2
    Beni:Karena Mey melakukan 2 kali pengurangan, 6 – 3 – 3 = 0. Jadi, setiap siswa mendapatkan 2 butir kelereng.Sekarang kami sudah mengerti. Terima kasih, Mey.
    Mey:Sama-sama, Beni, Edo..

    Ayo Mencoba
    Sekarang, isilah bagian percakapan yang masih kosong!

    Tulis dalam kalimat matematika!
    Edo:Sebanyak 8 gelas air dibawa oleh 2 orang. Jika setiap orang membawa gelas sama banyak, berapa gelas air yang dibawa setiap orang?
    Udin:8 : 2 = 8 – 2 – 2 - 2 - 2 = 0 sama artinya 8 : 2 = 4
    Udin:Ada 18 bola bekel yang akan dibagikan kepada 6 orang. Setiap orang mendapatkan sama banyak. Berapa banyak bola bekel yang didapat setiap orang?
    Beni:18 : 6 = 18 - 6 - 6 - 6 = 0 sama artinya 18 : 6 = 3
    Beni:Dari 21 siswa kelas II akan dibentuk beberapa kelompok. Jumlah anggota kelompok sama banyak. Berapa banyak siswa di setiap kelompok jika terdapat 3 kelompok?
    Dayu:21 : 3 = 21 - 3 - 3 - 3 - 3 - 3 - 3 - 3 = 0 sama artinya 21 : 3 = 7
    Dayu:Sebanyak 24 karet gelang akan dimasukkan ke dalam 4 kotak. Jika setiap kotak memuat karet gelang sama banyak, berapa banyak karet gelang dalam tiap kotak?
    Budi:24 : 4 = 24 - 4 - 4 - 4 - 4 - 4 - 4 = 0 sama artinya 24 : 4 = 6


    TUGA HARI INI
    Kerjakanlah soal berikut di buku tulis tematikmu!
    Jika kesulitan minta bantuan ayah/bunda ya.

    Gunakan cara pengurangan berulang!
    Ayo Berlatih
    Contoh:
    6 : 2 = 6 - 2 - 2 - 2 = 0
    6 : 2 = 3

    1. 4 : 2 = ....
    2. 8 : 4 = ....
    3. 9 : 3 = ....
    4. 10 : 5 = ....
    5. 12 : 4 = ....
    6.  

      Ayo Berkreasi
      Apa yang perlu dipersiapkan untuk menggambar?

      Apa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menggambar?
      No.Alat yang Dibutuhkan untuk Menggambar
      1.Kertas gambar
      2.Pensil
      3.Penghapus
      4.Penggaris
      5.Pewarna

      Persiapkanlah alat dan bahan tersebut!

      Perhatikan gambar berikut!

      Buatlah gambar berikut di buku gambarmu!
      Gambar Imajinatif
      Kerja Sama dengan Orang Tua
      Orang tua membimbing siswa mendata nama-nama permainan tradisional dan benda yang dibutuhkan dalam permainan tersebut
      1. Permainan Tradisional Bola Bekel. ALat yang dibutuhkan bola bekel dan enam biji bekel.
      2. Permainan Tradisional Gundu. ALat yang dibutuhkan beberapa buah gundu atau kelereng
      3. Permainan Lompat Tali Karet. ALat yang dibutuhkan adalah tali karet
      4. Permainan Tradisional Congklak. Alat yang dibutuhkan biji congklak dan lubang papan congklak.
      5. Permainan Tradisional Egrang. Alat yang dibutuhkan dua tongkat panjang yang bagian tengahnya diberi pembatas. aan.
      6. Permainan Tradisional Gobak Sodor. Alat yang dibutuhkan lapangan badminton
      7. Permainan Tradisional Patok Lele. Alat yang dibutuhkan yaitu batu dan dua potong bambu
      8. Setelah alat sudah di persiapkan, letakkan bambu besar diantara dua batu, lalu pukul dengan bambu kecil.
      9. Permainan Tradisional Engklek. Alat yang dibutuhkan kapur dan pecahan genting
      10. Dam Daman. ALat yang dibutuhkan papan berkotak dan kerikil atau biji-bijian

       

      Nah anak-anak, demikian pembelajaran kita hari ini. Jika telah selesai, kirimkan kolase foto hasil penugasan kepada ibu guru.

      Silakan berdoa dan rapikan kembali perlengkapan belajarnya. 

      Oh iya, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada orangtua yang telah membimbing kalian belajar hari ini. 

      Sampai jumpa, salam sehat dan tetap semangat. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 👍🤗

No comments:

Post a Comment

MATERI AJAR KELAS 6D, JUMAT 22 NOVEMBER 2024

  Tema 5                      : Wirausaha Subtema 3                 : Ayo belajar berwirausaha Pembelajaran               : 4 dan 5 Muatan P...