Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR 1
Kelas / Semester : 2 /1
Tema : Bermain di Lingkungankunganku
Sub Tema : Bermain di Lingkungan Sekolah (Sub Tema 3)
Pembelajaran :1
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari
awali kegiatan hari ini dengan berdoa Anak-anak sudah siap belajar hari
ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada
air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci
tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran.
Mari kita awali
dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan
diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan
lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5
waktu, murojaah, sholat sunah, bersedekah dan membantu kedua orang tua
di rumah.
Pada Pembelajaran 1 Tema 2 Subtema 3 Bermain di Lingkungan Sekolah akan mempelajari tentang membaca, mencatat, dan menyebutkan kembali isi teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda. Menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian dengan tepat. Menyatakan pembagian sebagai pengurangan berulang. Menghitung hasil bagi dua bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 100. Mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan dalam menggambar imajinatif. Menggambar imajinatif berupa “buku yang terbuka” menggunakan gambar susunan kelereng berbeda warna berdasarkan pengalaman. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Contoh pertanyaan :
- Apa yang sedang mereka lakukan?
- Di manakah mereka bermain?
- Mengapa mereka gembira?
- Ada berapakah anak laki-laki yang sedang bermain?
- Kapan mereka bermain di halaman sekolah?
Ya, apa yang saya terka ternyata sesuai dengan apa yang saya baca.
- Di mana mereka bermain? (Mereka bermain di halaman sekolah)
- Bagaimana cara bermain kelerang? (Dengan menjentikan kelereng)
- Kapan mereka bermain? (Mereka bermain saat istirahat)
- Berapa orang yang ikut bermain? (Ada 9 orang anak yang sedang bermain)
- Siapa saja yang ikut bermain? (Beni, Edo, Udin, Siti, Mey, dan Dayu)
- 4 : 2 = ....
- 8 : 4 = ....
- 9 : 3 = ....
- 10 : 5 = ....
- 12 : 4 = ....
- Permainan Tradisional Bola Bekel. ALat yang dibutuhkan bola bekel dan enam biji bekel.
- Permainan Tradisional Gundu. ALat yang dibutuhkan beberapa buah gundu atau kelereng
- Permainan Lompat Tali Karet. ALat yang dibutuhkan adalah tali karet
- Permainan Tradisional Congklak. Alat yang dibutuhkan biji congklak dan lubang papan congklak.
- Permainan Tradisional Egrang. Alat yang dibutuhkan dua tongkat panjang yang bagian tengahnya diberi pembatas. aan.
- Permainan Tradisional Gobak Sodor. Alat yang dibutuhkan lapangan badminton
- Permainan Tradisional Patok Lele. Alat yang dibutuhkan yaitu batu dan dua potong bambu
- Setelah alat sudah di persiapkan, letakkan bambu besar diantara dua batu, lalu pukul dengan bambu kecil.
- Permainan Tradisional Engklek. Alat yang dibutuhkan kapur dan pecahan genting
- Dam Daman. ALat yang dibutuhkan papan berkotak dan kerikil atau biji-bijian
Beni, Edo dan Udin sedang bermain kelereng.
Siti memutar tali di sebelah kanan
Dayu bersama teman sekelas sedang bermain estafet air.
Bermain kelereng, bermain lompat tali, dan bermain estafet air.ain
Pada saat istirahat tiba anak-anak kelas dua bermain di halaman sekolah. Ada yang bermain kelereng, lompat tali, dan estafet air. air.
Beni | : | Kamu masih ingat, kalimat penutup paragraf pertama pada teks sebelumnya? |
Edo | : | Masih, banyak kelereng di dalam lingkaran ada 6 butir |
Beni | : | Oh iya, berapa orang yang bermain kelereng, ya? |
Edo | : | Tiga orang. Bagaimana ya, caranya membagikan 6 butir kelereng kepada 3 orang agar setiap orang mendapatkan kelereng sama banyak? |
Mey | : | Caranya, setiap anak diberi satu. Kemudian, sisanya dibagikan lagi setiap orang satu hingga habis. Pengurangan berulang 6 – 3 – 3 = 0 sama artinya 6 : 3 = 2 |
Beni | : | Karena Mey melakukan 2 kali pengurangan, 6 – 3 – 3 = 0. Jadi, setiap siswa mendapatkan 2 butir kelereng.Sekarang kami sudah mengerti. Terima kasih, Mey. |
Mey | : | Sama-sama, Beni, Edo.. |
Edo | : | Sebanyak 8 gelas air dibawa oleh 2 orang. Jika setiap orang membawa gelas sama banyak, berapa gelas air yang dibawa setiap orang? |
Udin | : | 8 : 2 = 8 – 2 – 2 - 2 - 2 = 0 sama artinya 8 : 2 = 4 |
Udin | : | Ada 18 bola bekel yang akan dibagikan kepada 6 orang. Setiap orang mendapatkan sama banyak. Berapa banyak bola bekel yang didapat setiap orang? |
Beni | : | 18 : 6 = 18 - 6 - 6 - 6 = 0 sama artinya 18 : 6 = 3 |
Beni | : | Dari 21 siswa kelas II akan dibentuk beberapa kelompok. Jumlah anggota kelompok sama banyak. Berapa banyak siswa di setiap kelompok jika terdapat 3 kelompok? |
Dayu | : | 21 : 3 = 21 - 3 - 3 - 3 - 3 - 3 - 3 - 3 = 0 sama artinya 21 : 3 = 7 |
Dayu | : | Sebanyak 24 karet gelang akan dimasukkan ke dalam 4 kotak. Jika setiap kotak memuat karet gelang sama banyak, berapa banyak karet gelang dalam tiap kotak? |
Budi | : | 24 : 4 = 24 - 4 - 4 - 4 - 4 - 4 - 4 = 0 sama artinya 24 : 4 = 6 |
No. | Alat yang Dibutuhkan untuk Menggambar |
---|---|
1. | Kertas gambar |
2. | Pensil |
3. | Penghapus |
4. | Penggaris |
5. | Pewarna |
No comments:
Post a Comment