Materi Ajar, Jum'at, 27 Agustus 2021
JENIS DARING KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR 1
Kelas / Semester : 2 /1
Tema : Bermain di Lingkunganku
Sub Tema : Bermain di Rumah Teman (Sub Tema 2)
Pembelajaran :6
Yuk literasi materi hari ini ... .
Mari kita simak pembelajaran berikut ini bersama!
Pada Pembelajaran 6 Tema 2 Subtema 2 Bermain di Rumah Teman akan mempelajari tentang menemukan dan menjelaskan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan wujudnya dalam teks pendek. Mlaporkan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar. Menyebutkan san mensimulasikan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah. Menyebutkan akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan di rumah. Menyatakan kalimat matematika dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan masalah tentang perkalian. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
No. | Kata Benda | Wujud | Kegunaan |
---|---|---|---|
1. | Sapu | Padat | Untuk menyapu |
2. | Meja | Padat | Untuk meletakkan benda |
3. | Air | Cair | Minum, mandi, mencuci, dan lain-lain |
4. | Udara | Gas | Bernapas, mengisi ban, danmengisi balon |
5. | Boneka | Padat | Bermain |
Benda kesukaanku adalah boneka. Boneka biasanya terbuat dari bahan kain yang berisi busa di tengah nya. Boneka berbentuk bermacam-macam tiruasn hewan dan manusia. Boneka beruna untuk menemaniku bermain.
Beni | : | Bu, apa manfaat aturan bagi kita? |
Ibu | : | Banyak sekali manfaatnya. Coba Beni bayangkan jika dalam bermain tidak ada aturan, apa yang terjadi? |
Beni | : | Hmm..pasti kita akan berbuat semau kita, Bu. |
Ibu | : | Nah, apa nanti akibatnya? |
Beni | : | Bisa bertengkar, Bu. |
Ibu | : | Iya benar sekali, Beni. Aturan juga akan melatih kita untuk bersikap disiplin. |
Isi teks percakapan tentang manfaat aturan bagi kita.
Kita perlu mematuhi aturab agar dapat bersikap disiplin
Gambar | Pendapatku |
---|---|
Sebaiknya saat bersepeda harus berhati-hati dan jangan ngebut karena dapat menyebabkan terjatuh. | |
Sebaiknya membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan karena jika membuang sampah sembarangan akan mengotori lingkungan | |
Sebaiknya saat ibu memasak di dapur kita ikut membantu sesuai dengan kemampuan kita. | |
Sebaiknya setelah bangun tidur segera dirapikan kembali agar kamar tidur menjadi tidak berantakan. |
Gambar yang mematuhi aturan adalah gambar seorang anak yang membatu ibunya dan membereskan tempat tidur.
Sikap yang tidak mematuhi aturan adalah naik sepeda ngebut dan membuang sampah sembarangan.
Aturan berguna untuk melatih kdisiplinan. Dengan mematuhi aturan kita akan disyang orang tua dan kamat tidur tetap rapi.
Akibat tuidak mematuhi aturan dapat mengakibatkan kecelakaan dan lingkungan menjadi kotor.
1. | 3 × 5 = 15 5 × 3 = 15 1 × 15= 15 15.×1 = 15 | 2. | 1 x 24 = 24 2 x 12 = 24 3 x 8 = 24 4 x 6 = 24 6 x 4 = 24 8 x 3 = 24 12 x 2 = 24 24 x 1 = 24 |
3. | 1 x 40 = 40 2 x 20 = 40 4 x 10 = 40 5 x 8 = 40 8 x 5 = 40 10 x 4 = 40 20 x 2 = 40 40 x 1 = 40 | 4. | 1 x 56 = 56 2 x 28 = 56 4 x 14 = 56 7 x 8 = 56 8 x 7 = 56 14 x 4 = 56 28 x 2 = 56 56 x 1 = 56 |
5. | 1 x 81 = 81 3 x 27 = 81 9 x 9 = 81 81 x 1 = 81 27 x 3 = 81 |
Edo mempunyai 8 kantong kelerengSetiap kantong berisi 10 kelerengBanyak kelereng yang dimiliki Edo adalah8 x 10 = 80Jadi banyak kelereng Edo adalah 80 buah
Di atas meja terdapat 6 keranjang buah.Setiap keranjang berisi 4 buah apel.Banyak apel seluruhnya adalah6 x 4 = 24Jadi banyak apel seluruhnya adalah 24 buah
Ibu membeli 4 kotak kue.Setiap kotak berisi 8 kue.Banyak kue yang dibeli ibu adalah4 x 8 = 32Jadi banyak kue yang dibeli ibu adalah 32.
Di atas rak ada 3 kotak pensil.Setiap kotak berisi 7 pensil.Banyak pensil semuanyaadalah3 x 7 = 21Jadi banyak pensil semuanya adalah 21 buah.
Udin memetik jambu, lalu dimasukkan kedalam 6 keranjang.Setiap keranjang berisi 8 jambu.Banyak jambu yang dipetik Udin adalah6 x 8 = 46 buahJadi banyak jambu yang dipetik Udin adalah 48 buah.
No comments:
Post a Comment