PEMBELAJARAN JARAK JAUH
JENIS DARING KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR 1
Kelas / Semester : 2 /1
Tema : HIDUP RUKUN
Sub Tema : Hidup Rukun di sekolah(Sub Tema 3)
Pembelajaran 1
Assalamu'alaikum wr wb...
Apa
kabar anak-anak bu guru di rumah ? semoga anak sholih sholihah semua
selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah
SWT ya, amiin ....
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya..
Setelah berdoa yuk kita murojaah bersama surah al-qoriah kali ini dipandu oleh teman kita yaitu M. Kenzie Alisani
Hari ini kita akan belajar tentang kalimat perintah, penjumlahan bilangan dan alat menggambar.
Bekal makanan yang dibawa Udin disiapkan oleh ibu.
Ibu menyuruh Udin untuk berbagi dengan teman di sekolah.
Ayo Berlatih
Sebutkan kalimat perintah pada percakapan Udin dan ibu tersebut!
Kalimat perintah isinya menyuruh untuk melakukan sesuatu.
Tuliskan kalimat perintah yang kamu dengar hari ini!
Kalimat perintah :
Bagilah bekalmu dengan teman-teman, ya Din!Peragakan kalimat itu di depan kelas dengan. percaya diri!
Kalimat perintah diakhiri dengan tanda seru (!).
Kalimat perintah diucapkan dengan sopan.
Bacalah kalimat perintah di bawah ini!
Lengkapilah kalimat berikut menjadi kalimat perintah!
- Kembalilah ke kelas setelah bel berbunyi!
- Jagalah kebersihan kelas!
- Tutuplah pintu setelah masuk ke dalam ruangan!
- Aturlah buku-buku di rak agar terlihat rapi!
- Buanglah sampah pada tempatnya!
Kalimat perintah adalah ujaran yang bermaksud menyuruh seseorang untuk melakukan sesuatu.
Kalimat perintah memiliki beberapa ciri-ciri seperti dibawah ini :
- Jika diucapkan berintonasi tinggi di awal dan rendah di akhir.
- Menggunakan imbuhan –kan atau -lah.
- Jika ditulis, terdapat tanda seru (!) pada akhir kalimat.
- Biasanya menggunakan kata perintah seperti, jangan, tolong, atau mohon.
Di kelas, para siswa sedang belajar menggambar.
Udin, Edo, dan Siti, menggambar dengan alat yang berbeda.
Pasangkan siswa dengan hasil gambarnya yang sesuai!
Krayon :
Crayon atau krayon menghasilkan warna yang tebal, kertas lebih murah kotor, kalau ingin menghapus coretan crayon bakal susah. Hasil goresan dari crayon juga kasar.
Spidol
Hasil goresan dari spidol halus dan warnanya tebal. Kertas yang digunakan untuk mewarnai juga tidak mudah kotor.
Pinsil Warna :
Pensil warna memberikan hasil goresan halus. Warna yang dihasilkan ketika kamu menggoreskan pensil kurang tebal. Kertas yang kamu gunakan untuk mewarnai juga tidak mudah kotor, tapi kertas jadi gampang rusak.
Ayo Berkreasi
Amatilah salah satu kegiatan di sekolah.
Buatlah gambar peralatan yang digunakan untuk melakukan kegiatan itu!
Warnai menggunakan salah satu alat gambar.
Siswa di sekolah Udin cukup banyak.
Ada 125 siswa laki-lakidan 117 siswa perempuan.
Jumlah siswa di sekolah Udin seluruhnya adalah
200 + 40 + 2 = 242
Penjumlahan dapat dilakukan dengan cara panjang atau pendek.
Ayo Berlatih
Tentukan hasil penjumlahan berikut!
Kegiatan Bersama Orang TuaDiskusikan mengenai contoh-contoh hidup rukun di sekolah bersama orang tua!
Contoh hidup rukun di lingkungan sekolah, yaitu:
- Membantu teman saat kesulitan dalam memahami suatu materi
- Meminjami alat tulis jika teman meminjam.
- Saling menghargai pendapat dari teman
- Bertegur sapa saat berjumpa teman
Kalau sudah selesai belajarnya silakan kerjakan Penilaian Harian Tema 1 Subtema 1 ya sholeh sholehah🤗
Linknya:
https://forms.gle/xv33WVog19C2yGti7
Nah anak-anak, demikian pembelajaran kita hari ini. Jika telah selesai, kirimkan kolase foto hasil penugasan kepada ibu guru.
Silakan berdoa dan rapikan kembali perlengkapan belajarnya.
Oh iya, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada orangtua yang telah membimbing kalian belajar hari ini.
Sampai jumpa, salam sehat dan tetap semangat. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 👍🤗
No comments:
Post a Comment