Materi Ajar, Kamis 12 Agustus 2021 tema 1 sub 4
JENIS DARING KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR 1
Kelas / Semester : 2 /1
Tema : HIDUP RUKUN
Sub Tema : Hidup Rukun di Masyarakat (Sub Tema 4)
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa
Anak-anak sudah siap belajar hari ini?
Ayo,
jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air
mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci
tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!
Jangan
lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan
kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa Setelah berdoa yuk kita murojaah surah Al-QORIAH dipandu teman kita M. Arkaan
Pada Pembelajaran 5 Tema 1 Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat akan mempelajari tentang prosedur dan mempraktekkan gerakan melompat ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. Menyebutkan dan menggunakan kalimat penolakan yang terdapat di dalam teks cerita yang berkaitan dengan sikap hidup rukun. Menunjukkan perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Udin | : | Made, ayo, kita berolahraga bersama di lapangan! |
Made | : | Maaf, Din. Kali ini aku tidak ikut berolahraga. |
Udin | : | Tidak apa-apa, Made. Apakah kamu akan pergi ke suatu tempat? |
Made | : | Betul, Din. Aku akan mengunjungi paman bersama keluargaku. |
Udin | : | Baiklah, selamat bersenang-senang.. |
Made | : | Terima kasih, Udin. |
Jawab: Pada teks tersebut yang mengajak berolahraga dalah Udin.
Jawab: Udin mengajak Made berolahraga bersama di lapangan.
Jawab: Made menolak ajakan Udin.
Jawab: Made menolak ajakan Udin karena ia akan mengunjungi pamannya.
Jawab: Maaf, Din. Kali ini aku tidak ikut berolahraga.
Made menolak ajakan Udin.
Kalimat penolakan : Maaf Udin. Aku tidak bisa ikut olahraga sekarang karena aku harus mengunjungi pamanku. Lain kali aku akan ikut.
Warga di kampungku sering mengadakan senam bersama. Kegiatan senam biasanya dilakukan pada hari Minggu pagi. Senam itu diikuti sebagian warga, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Kebetulan saudaraku dari luar kota sedang berkunjung ke rumahku, jadi aku mengajaknya untuk senam bersama warga sekitar. Kami berolahraga dengan riang gembira.
Contoh pengamalan sila ketiga di Masyarakat
- Hidup rukun dengan sesama tetangga sekitar.
- Saling berbagi makanan.
- Tidak mengutamakan diri sendiri.
- Siap membantu jika ada warga lain yang sedang kesusahan.
- Bergotong royong melakukan pekerjaan bersama.
No. | Sikap | Sesuai | Tidak Sesuai |
---|---|---|---|
1. | Melakukan ronda menjaga keamanan bersama-sama | ✅ | |
2. | Hanya bergaul dengan tetangga dekat saja | ✅ | |
3. | Melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan | ✅ | |
4. | Ikut serta dalam kegiatan warga. | ✅ | |
5. | Lebih menyukai barang-barang dari luar neger | ✅ |
Aku dan teman-teman suka bermain sepak bola. Kami selalu bermain dengan kompak. Kami tidak membedakan satu sama lain. Ketika mengalami kekalahan kami tidak pernah saling menyalahkan.
1. 138 | + | 52 | - | 84 | = | .... |
No comments:
Post a Comment