Hari/tanggal : Rabu, 26 November 2025
Fase/Kelas : C/VI
Materi Muatan Pelajaran
B. Indonesia : Bab 3 Jeda Untuk Iklim
MTK : Kubus
Bahasa Indonesia:
Capaian Pembelajaran:
Murid mampu menganalisis informasi dan menjelaskan hubungan kausalitas dari teks eksplanasi. Peserta didik mampu menilai efektivitas penyajian data visual (infografik, poster). Peserta didik mampu menulis teks persuasif (dalam poster) untuk meyakinkan pembaca.
Tujuan Pembelajaran:
Murid dapat :
1. Memahami isi teks eksplanasi ilmiah "Mengenal Krisis Iklim" dan menulis ringkasannya.
2. Memberikan tanggapan terhadap teks berita tentang aksi iklim.
3. Menemukan sinonim dan antonim dari kosakata yang tersedia dalam teks.
4. Menganalisis dan menyimpulkan informasi dari infografik tentang fast fashion.
5. Merancang dan membuat poster lingkungan yang persuasif.
Matematika
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)
Tujuan Pembelajaran :
Mengidentifikasi ciri-ciri bangun ruang kubus (sisi, rusuk, titik sudut).
Menjelaskan dan menghitung luas permukaan kubus.
Menjelaskan dan menghitung volume kubus.
Mengaitkan konsep kubus dengan kehidupan sehari-hari (misalnya kotak, dadu, kardus kecil).
Menunjukkan kemampuan berpikir kritis dan kolaboratif dalam memecahkan masalah terkait kubus.
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
BAHASA INDONESIA
Fast fashion adalah pakaian yang diproduksi dalam siklus yang cepat dan masif oleh industri pakaian demi tren terbaru di masyarakat.
Dampak sosial dari industri fast fashion adalah banyaknya buruh yang tidak mendapatkan upah yang layak. Ada juga pengusaha yang mempekerjakan anak-anak di bawah usia 18 tahun.
Dampak lingkungan dari industri ini adalah membutuhkan banyak sekali air, menghasilkan emisi yang besar, dan menghasilkan limbah plastik dalam bentuk mikrofiber.
Hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dampak buruk industri fesyen siap pakai ini antara lain memilih pakaian dari katun organik, mengurangi membeli baju baru, dan mendaur ulang pakaian yang sudah tidak terpakai.

No comments:
Post a Comment