Wednesday, 26 November 2025

MATERI AJAR RABU 26 NOVEMBER 2025

 Hari/tanggal              :  Rabu, 26 November 2025

Fase/Kelas                 : C/VI 


Materi Muatan Pelajaran

B. Indonesia                : Bab 3 Jeda Untuk Iklim

MTK                              : Kubus

Bahasa Indonesia:

Capaian Pembelajaran: 

Murid mampu  menganalisis informasi dan menjelaskan hubungan kausalitas dari teks eksplanasi. Peserta didik mampu menilai efektivitas penyajian data visual (infografik, poster). Peserta didik mampu menulis teks persuasif (dalam poster) untuk meyakinkan pembaca.

Tujuan Pembelajaran: 

Murid dapat :

1. Memahami isi teks eksplanasi ilmiah "Mengenal Krisis Iklim" dan menulis ringkasannya.

2. Memberikan tanggapan terhadap teks berita tentang aksi iklim.

3. Menemukan sinonim dan antonim dari kosakata yang tersedia dalam teks.

4. Menganalisis dan menyimpulkan informasi dari infografik tentang fast fashion.

5. Merancang dan membuat poster lingkungan yang persuasif.


Matematika

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uangMereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPBPeserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)

Tujuan Pembelajaran :

  1. Mengidentifikasi ciri-ciri bangun ruang kubus (sisi, rusuk, titik sudut).

  2. Menjelaskan dan menghitung luas permukaan kubus.

  3. Menjelaskan dan menghitung volume kubus.

  4. Mengaitkan konsep kubus dengan kehidupan sehari-hari (misalnya kotak, dadu, kardus kecil).

  5. Menunjukkan kemampuan berpikir kritis dan kolaboratif dalam memecahkan masalah terkait kubus.


Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!


BAHASA INDONESIA

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VI Kurikulum Merdeka terdapat pembahasan tentang Membaca dan Memahami Infografik. Tujuan pembelajaran kali ini adalah peserta didik dapat memahami informasi pada infografik.

Pada kegiatan ini peserta didik membaca teks “Kontroversidi Balik Industri“Fast Fashion” sambil memirsa foto yang ditampilkan dalam bacaan tersebut. Setelah itu,peserta didik menjawab pertanyaan berkaitan dengan bacaan dan menyampaikan pendapat mengenai penyajian informasi tentang fashion.

Infografik adalah representasi visual informasi, data, atau ilmu pengetahuan secara grafis. Grafik ini memperlihatkan informasi rumit dengan singkat dan jelas. Saat ini infografik ada di segala bentuk media, mulai dari hasil cetakan biasa dan ilmiah hingga papan dan rambu jalan. Infografik mengilustrasikan informasi yang memiliki sedikit teks dan berperan sebagai ringkasan visual untuk konsep sehari-hari.

Kontroversi di Balik Industri“ Fast Fashion”
Pernahkah kamu mendengar tentang Fast Fashion? Fast dalam bahasa Inggris artinya ‘cepat’, sementara fashion adalah padanan kata dari ‘fesyen’ atau ‘mode’. Fast Fashion adalah pakaian yang diproduksi dalam siklus yang cepat dan masif oleh industri pakaian demi tren terbaru di masyarakat. Biasanya, pakaian ini harganya murah dan kualitasnya tidak begitu bagus. 

Industri fesyen siap pakai ini melibatkan banyak buruh di pabrik garmen. Sebesar 34% pekerja berada di wilayah Asia. Sebagian besar di antaranya tidak mendapatkan upah yang layak. Selain itu, beberapa pengusaha mempekerjakan anak-anak di bawah usia 18 tahun.

Selain kontroversi di sektor sosial, industri fesyen ini juga mempunyai dampak buruk pada lingkungan. Proses pembuatan pakaian membutuhkan banyak sekali air. Misalnya untuk memproduksi 1 potong kaus katun dibutuhkan 2.700 liter air yang setara dengan air minum satu orang selama 2,5 tahun. Proses produksi baju juga menghasilkan emisi yang besar dan menghasilkan limbah plastik dalam bentuk mikrofiber.

Untuk mengurangi dampak buruk dari fesyen siap pakai, kita bisa berkontribusi dengan memilih pakaian dari bahan katun organik, mengurangi membeli baju baru, dan mendaur ulang pakaian yang sudah tidak terpakai. 
Memahami Infografik
Amati infografik tersebut dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apa yang dimaksud dengan fast fashion?
Fast fashion adalah pakaian yang diproduksi dalam siklus yang cepat dan masif oleh industri pakaian demi tren terbaru di masyarakat.
2. Sebutkan dampak sosial dari industri fast fashion!
Dampak sosial dari industri fast fashion adalah banyaknya buruh yang tidak mendapatkan upah yang layak. Ada juga pengusaha yang mempekerjakan anak-anak di bawah usia 18 tahun.
3. Apa dampak lingkungan dari industri ini?
Dampak lingkungan dari industri ini adalah membutuhkan banyak sekali air, menghasilkan emisi yang besar, dan menghasilkan limbah plastik dalam bentuk mikrofiber.
4. Apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dampak buruk industri fesyen siap pakai ini?
Hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dampak buruk industri fesyen siap pakai ini antara lain memilih pakaian dari katun organik, mengurangi membeli baju baru, dan mendaur ulang pakaian yang sudah tidak terpakai.

Demikian pembahasan mengenai Membaca dan Memahami Infografik Kontroversi di Balik Industri “Fast Fashion”. Semoga tulisan ini bermanfaat.

1. Pengertian Kubus

Kubus adalah bangun ruang yang dibatasi oleh 6 sisi berbentuk persegi yang semua rusuknya sama panjang.
Kubus sering dijumpai dalam kehidupan, contohnya dadu, kotak kado, es batu, dan rubik.

2. Ciri-ciri Kubus

  • Mempunyai 6 sisi yang sama besar.

  • Mempunyai 12 rusuk yang sama panjang.

  • Mempunyai 8 titik sudut.

  • Semua sudutnya siku-siku (90°).

3. Jaring-jaring Kubus

Jaring-jaring kubus adalah bentuk datar yang jika dilipat akan membentuk kubus.
Ada beberapa bentuk jaring-jaring kubus (11 kemungkinan bentuk berbeda).

4. Rumus Luas Permukaan Kubus

L=6×s2

Keterangan:
L = Luas permukaan kubus
s = Panjang sisi kubus

Contoh:
Jika sisi kubus 5 cm, maka
L=6×52=6×25=150 cm2

5. Rumus Volume Kubus

V=s3

1. Soal Pemahaman Dasar

  1. Sebutkan jumlah sisi, rusuk, dan titik sudut kubus!

  2. Gambarkan salah satu bentuk jaring-jaring kubus!

  3. Benda apa saja di sekitarmu yang berbentuk kubus?

2. Soal Aplikasi

  1. Sebuah kubus memiliki panjang sisi 8 cm.
    a. Berapakah luas permukaannya?
    b. Berapakah volumenya?

  2. Sebuah kotak kado berbentuk kubus memiliki luas permukaan 150 cm².
    Berapa panjang sisi kotak tersebut?

3. Soal HOTS (Berpikir Tingkat Tinggi)

  1. Kamu ingin membuat kubus dengan panjang sisi 10 cm dari karton.
    Berapa luas karton minimal yang kamu butuhkan?
    (Petunjuk: sama dengan luas permukaan kubus).

  2. Jika volume sebuah kubus adalah 512 cm³, berapa panjang sisinya







C. Materi Pembelajaran

1. Pengertian Kubus

Kubus adalah bangun ruang yang dibatasi oleh 6 sisi berbentuk persegi yang semua rusuknya sama panjang.
Kubus sering dijumpai dalam kehidupan, contohnya dadu, kotak kado, es batu, dan rubik.

2. Ciri-ciri Kubus

  • Mempunyai 6 sisi yang sama besar.

  • Mempunyai 12 rusuk yang sama panjang.

  • Mempunyai 8 titik sudut.

  • Semua sudutnya siku-siku (90°).

3. Jaring-jaring Kubus

Jaring-jaring kubus adalah bentuk datar yang jika dilipat akan membentuk kubus.
Ada beberapa bentuk jaring-jaring kubus (11 kemungkinan bentuk berbeda).

4. Rumus Luas Permukaan Kubus

L=6×s2

Keterangan:
L = Luas permukaan kubus
s = Panjang sisi kubus

Contoh:
Jika sisi kubus 5 cm, maka
L=6×52=6×25=150 cm2

5. Rumus Volume Kubus

V=s3

Keterangan:
V = Volume kubus
s = Panjang sisi kubus

Contoh:
Jika sisi kubus 4 cm, maka
V=43

TahapAktivitas GuruAktivitas Peserta DidikTujuan Kompetensi

Menunjukkan berbagai benda berbentuk kubus (dadu, kotak, rubik).Mengamati dan mengidentifikasi kesamaan bentuk benda.Mengamati dan mengaitkan konsep dengan kehidupan nyata.

Guru memberi kubus dari kertas atau karton, meminta siswa menghitung sisi dan rusuk.Mengukur sisi kubus dan mencatat hasil.Menemukan ciri-ciri kubus melalui pengalaman langsung.

Membagi siswa ke dalam kelompok kecil untuk membuat jaring-jaring kubus dari kertas.Membuat jaring-jaring dan melaporkan hasilnya.Meningkatkan keterampilan kolaboratif dan kreatif.

Guru memberikan contoh perhitungan luas dan volume kubus.Mengerjakan contoh serupa dan mempresentasikan hasil.Memahami dan menerapkan rumus luas & volume kubus.






V = Volume kubus
s = Panjang sisi kubus

Contoh:
Jika sisi kubus 4 cm, maka
V=43=64 cm3

 

No comments:

Post a Comment

MATERI AJAR KAMIS, 27 NOVEMBER 2025

  Hari / Tanggal       : Kamis, 27 November 2025 Fase/Kelas              : C / VI Mata Pelajaran      : Matematika, Pendidikan Pancasila, da...