Wednesday, 12 November 2025

MATERI AJAR KAMIS , 13 NOVEMBER 2025

 Hari / Tanggal       : Kamis, 13 November 2025

Fase/Kelas              : C / VI

Mata Pelajaran      : Matematika, Pendidikan Pancasila, dan Seni Rupa


Matematika

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uangMereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPBPeserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)

Tujuan Pembelajaran :

  1. Mengidentifikasi ciri-ciri bangun ruang kubus (sisi, rusuk, titik sudut).

  2. Menjelaskan dan menghitung luas permukaan kubus.

  3. Menjelaskan dan menghitung volume kubus.

  4. Mengaitkan konsep kubus dengan kehidupan sehari-hari (misalnya kotak, dadu, kardus kecil).

  5. Menunjukkan kemampuan berpikir kritis dan kolaboratif dalam memecahkan masalah terkait kubus.

Pancasila

Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.

Tujuan Pembelajaran : 

Menjelaskan pengertian musyawarah mufakat dalam kehidupan sehari-hari.

Memberikan contoh penerapan musyawarah mufakat dalam kehidupan sehari-hari.

Menyadari pentingnya musyawarah mufakat untuk menciptakan ketertiban dan kerukunan hidup.

Seni Rupa

Pada akhir fase C, Peserta didik mampu menggunakan pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan yang diperoleh dalam mata pelajaran seni rupa atau mata pelajaran lain sebagai sumber gagasan dalam berkarya. Peserta didik mampu secara mandiri menggunakan variasi teknik dasar berkarya rupa.


Tujuan Pembelajaran: 

1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian menganyam. 




Assalamualaikum wr.wb

Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya... 
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.


1. Pengertian Kubus

Kubus adalah bangun ruang yang dibatasi oleh 6 sisi berbentuk persegi yang semua rusuknya sama panjang.
Kubus sering dijumpai dalam kehidupan, contohnya dadu, kotak kado, es batu, dan rubik.

2. Ciri-ciri Kubus

  • Mempunyai 6 sisi yang sama besar.

  • Mempunyai 12 rusuk yang sama panjang.

  • Mempunyai 8 titik sudut.

  • Semua sudutnya siku-siku (90°).

3. Jaring-jaring Kubus

Jaring-jaring kubus adalah bentuk datar yang jika dilipat akan membentuk kubus.
Ada beberapa bentuk jaring-jaring kubus (11 kemungkinan bentuk berbeda).

4. Rumus Luas Permukaan Kubus

L=6×s2L = 6 \times s^2

Keterangan:
LL = Luas permukaan kubus
ss = Panjang sisi kubus

Contoh:
Jika sisi kubus 5 cm, maka
L=6×52=6×25=150 cm2L = 6 × 5^2 = 6 × 25 = 150 \text{ cm}^2

5. Rumus Volume Kubus

V=s3V = s^3

Keterangan:
VV = Volume kubus
ss = Panjang sisi kubus

Contoh:
Jika sisi kubus 4 cm, maka
V=43=64 cm3V = 4^3 = 64 \text{ cm}^3



1. Soal Pemahaman Dasar

  1. Sebutkan jumlah sisi, rusuk, dan titik sudut kubus!

  2. Gambarkan salah satu bentuk jaring-jaring kubus!

  3. Benda apa saja di sekitarmu yang berbentuk kubus?

2. Soal Aplikasi

  1. Sebuah kubus memiliki panjang sisi 8 cm.
    a. Berapakah luas permukaannya?
    b. Berapakah volumenya?

  2. Sebuah kotak kado berbentuk kubus memiliki luas permukaan 150 cm².
    Berapa panjang sisi kotak tersebut?

3. Soal HOTS (Berpikir Tingkat Tinggi)

  1. Kamu ingin membuat kubus dengan panjang sisi 10 cm dari karton.
    Berapa luas karton minimal yang kamu butuhkan?
    (Petunjuk: sama dengan luas permukaan kubus).

  2. Jika volume sebuah kubus adalah 512 cm³, berapa panjang sisinya







C. Materi Pembelajaran

1. Pengertian Kubus

Kubus adalah bangun ruang yang dibatasi oleh 6 sisi berbentuk persegi yang semua rusuknya sama panjang.
Kubus sering dijumpai dalam kehidupan, contohnya dadu, kotak kado, es batu, dan rubik.

2. Ciri-ciri Kubus

  • Mempunyai 6 sisi yang sama besar.

  • Mempunyai 12 rusuk yang sama panjang.

  • Mempunyai 8 titik sudut.

  • Semua sudutnya siku-siku (90°).

3. Jaring-jaring Kubus

Jaring-jaring kubus adalah bentuk datar yang jika dilipat akan membentuk kubus.
Ada beberapa bentuk jaring-jaring kubus (11 kemungkinan bentuk berbeda).

4. Rumus Luas Permukaan Kubus

L=6×s2L = 6 \times s^2

Keterangan:
LL = Luas permukaan kubus
ss = Panjang sisi kubus

Contoh:
Jika sisi kubus 5 cm, maka
L=6×52=6×25=150 cm2L = 6 × 5^2 = 6 × 25 = 150 \text{ cm}^2

5. Rumus Volume Kubus

V=s3V = s^3

Keterangan:
VV = Volume kubus
ss = Panjang sisi kubus

Contoh:
Jika sisi kubus 4 cm, maka
V=43

TahapAktivitas GuruAktivitas Peserta DidikTujuan Kompetensi

Menunjukkan berbagai benda berbentuk kubus (dadu, kotak, rubik).Mengamati dan mengidentifikasi kesamaan bentuk benda.Mengamati dan mengaitkan konsep dengan kehidupan nyata.

Guru memberi kubus dari kertas atau karton, meminta siswa menghitung sisi dan rusuk.Mengukur sisi kubus dan mencatat hasil.Menemukan ciri-ciri kubus melalui pengalaman langsung.

Membagi siswa ke dalam kelompok kecil untuk membuat jaring-jaring kubus dari kertas.Membuat jaring-jaring dan melaporkan hasilnya.Meningkatkan keterampilan kolaboratif dan kreatif.

Guru memberikan contoh perhitungan luas dan volume kubus.Mengerjakan contoh serupa dan mempresentasikan hasil.Memahami dan menerapkan rumus luas & volume kubus.






1. Soal Pemahaman Dasar

  1. Sebutkan jumlah sisi, rusuk, dan titik sudut kubus!

  2. Gambarkan salah satu bentuk jaring-jaring kubus!

  3. Benda apa saja di sekitarmu yang berbentuk kubus?

2. Soal Aplikasi

  1. Sebuah kubus memiliki panjang sisi 8 cm.
    a. Berapakah luas permukaannya?
    b. Berapakah volumenya?

  2. Sebuah kotak kado berbentuk kubus memiliki luas permukaan 150 cm².
    Berapa panjang sisi kotak tersebut?

3. Soal HOTS (Berpikir Tingkat Tinggi)

  1. Kamu ingin membuat kubus dengan panjang sisi 10 cm dari karton.
    Berapa luas karton minimal yang kamu butuhkan?
    (Petunjuk: sama dengan luas permukaan kubus).

  2. Jika volume sebuah kubus adalah 512 cm³, berapa panjang sisinya?
    Jelaskan langkah-langkahmu!


Materi Ajar Pendidikan Pancasila


1. Pengertian Musyawarah

Musyawarah adalah kegiatan membahas suatu persoalan

bersama untuk mencapai kesepakatan bersama atau mufakat.

2. Tujuan Musyawarah

  • Menyelesaikan masalah secara adil dan damai.

  • Mendapatkan keputusan terbaik bagi semua pihak.

  • Menumbuhkan rasa kebersamaan dan tanggung jawab.

3. Ciri-Ciri Musyawarah

  • Dilakukan secara bersama-sama.

  • Semua peserta berhak menyampaikan pendapat.

  • Mengutamakan kepentingan bersama.

  • Keputusan diambil berdasarkan mufakat.

4. Contoh Musyawarah

  • Memilih ketua kelas.

  • Menentukan kegiatan sekolah.

  • Menyelesaikan masalah teman sebaya.

  • Mengatur jadwal piket.


VI. Nilai-Nilai Pancasila yang Ditanamkan

SilaNilai yang Terwujud
Sila ke-4Demokratis, menghargai pendapat, tanggung jawab bersama, dan bijaksana
Sila ke-2Saling menghormati dan menghargai sesama
Sila ke-3Mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi



SENI RUPA

🔎 Pengertian Menganyam

Menganyam adalah teknik membuat karya seni atau kerajinan tangan dengan cara menyusun dan menyilangkan bahan secara teratur membentuk pola tertentu.

🎯 Tujuan Pembelajaran

  • Mengenal teknik dasar menganyam.

  • Mengembangkan kreativitas dan ketelitian.

  • Menghargai karya seni berbasis budaya lokal.

🧵 Bahan dan Alat Anyaman

Bahan alami:

  • Daun pandan

  • Daun kelapa

  • Bambu

  • Rotan

Bahan buatan:

  • Kertas warna

  • Pita plastik

  • Sedotan

  • Kain perca

Alat bantu:

  • Gunting

  • Lem

  • Penggaris

  • Pensil/pulpen

🛠️ Teknik Dasar Menganyam

  1. Teknik Lurus (Horizontal-Vertikal):

    • Pola anyaman saling menyilang antara garis lurus mendatar dan tegak.

    • Contoh: anyaman tikar, hiasan dinding.

  2. Teknik Diagonal:

    • Pola anyaman membentuk garis miring atau sudut.

    • Lebih sulit dari teknik lurus.

  3. Teknik Motif (Pola Gambar):

    • Menggabungkan warna dan bentuk untuk membentuk gambar tertentu.

    • Digunakan untuk karya seni dekoratif.

🖼️ Contoh Hasil Anyaman

  • Tikar

  • Tas atau dompet dari plastik

  • Keranjang bambu

  • Tempat pensil dari kertas anyam

  • Hiasan dinding

🌟 Nilai-nilai dalam Kegiatan Menganyam

  • Ketekunan dan kesabaran

  • Kreativitas dan imajinasi

  • Pelestarian budaya lokal

  • Kerja sama (jika dikerjakan berkelompok)

✅ Penilaian

  • Kerapian hasil anyaman

  • Keunikan pola atau motif

  • Pemilihan warna dan bahan

  • Kreativitas dalam desain


No comments:

Post a Comment

MATERI AJAR KAMIS, 20 NOVEMBER 2025

Hari / Tanggal       : Kamis, 20 November 2025 Fase/Kelas              : C / VI Mata Pelajaran      : Matematika, Pendidikan Pancasila, dan ...