Monday 13 February 2023

MATERI AJAR, SENIN 13 FEBRUARI 2023

 

Hari/Tanggal : Senin /13 Februari 2023

Tema : 7 Indahnya Keragaman Negeriku

Subtema : 3 ( Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku) 

Pembelajaran :  1

Tujuan Pembelajaran :1

1. Setelah mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu menuliskan kata sulit dan artinya dari teks bacaan dengan cermat.

 2. Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan tentang gaya gravitasi dengan tepat.

Baik anak soleh solehah kelas 4. Sebelumnya kita sudah mempelajari tema 7 subtema 2 pembelajaran 5 & 6 yakni tentangalat musik tradisional

Pada pertemuan kita hari ini. Kita akan memasuki pembelajaran 1 &2 . Yakni tentang keragaman kesenian daerah dan mempraktikkan nya. 

Yuk kita simak materi berikut ini 

Pembelajaran 1


Bahasa Indonesia 

Kamu telah belajar cara mengetahui arti kata -kata sulit dalam teks  " Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini" di buku tema 7 halaman 91.   Kata sulit dalam teks adalah kata yang belum kamu ketahui artinya.  Dalam suatu  teks, kata sulit juga dapat berupa istilah. Istilah adalah kata atau gabungan kata yang menjelaskan konsep atau keadaan dalam bidang tertentu.  Untuk mengetahui arti dari suatu istilah, kamu dapat mencarinya di Kamus Besar  Bahasa Indonesia (KBBI).

IPA

@
Magnet mempunyai kemampuan dapat menarik benda-benda yang terbuat dari logam. Sebuah  magnet mempunyai dua ujung berlawanan.  Ujung magnet biasa disebut kutub.  Dua kutub magnet berlawanan itu disebut kutub utara (U) dan kutub selatan (S). 
Jika dua buah magnet didekatkan pada kutub yang sama, kedua magnet akan tolak menolak. Sebaliknya, jika dua buah magnet didekatkan pada kutub yang berbeda, kedua magnet tersebut akan tarik menarik
Interaksi dua buah magnet (misalnya dengan didekatkan) akan menimbulkan gaya. Gaya itu disebut gaya magnet. Jadi, gaya magnet adalah gaya yang dihasilkan ketika dua magnet atau lebih saling berinteraksi. Gaya magnet dapat dimanfaatkan, misalnya dalam pembuatan kompas.
ompas adalah alat penunjuk arah utara dan selatan. Pada kompas terpasang sebuah magnet berbentuk jarum. Jika diletakkan mendatar, jarum kompas akan selalu menunjuk arah utara dan selatan.

Uang logam yang dilempar kuat-kuat ke atas akan kembali ke bumi. Bayangkan jika uang itu tidak kembali lagi ke bumi dan terus terbang jauh ke angkasa Kamu akan kehilangan uang logam itu. Mengapa uang logam itu jatuh kembali lagi ke bumi? Uang logam dan benda apa pun yang kamu lemparkan ke atas akan kembali lagi ke bumi karena adanya gaya gravitasi. Gaya gravitasi adalah gaya yang disebabkan oleh gaya tarik yang dihasilkan oleh bumi. Gaya gravitasi ini akan menyebabkan semua benda yang berada di permukaan bumi selalu tertarik menuju bumi. Jika tidak ada gaya gravitasi, semua benda yang kamu lemparkan ke atas dapat dengan mudah hilang karena melayang di angkasa. Bahkan, diri kamu sendiri dapat terbang dan sulit untuk kembali ke rumah. Oleh karena itu, gaya gravitasi sangat bermanfaat karena dapat menahan benda-benda agar tetap berada di bumi. Contoh peristiwa sehari-hari menunjukkan gaya gravitasi adalah jatuhnya buah yang sudah matang dari dahan pohon ke tanah.

Materi Matematika









No comments:

Post a Comment

MATERI AJAR JUMAT 3 MEI 2024

  Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat, 3 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran ; IPS Assalamu'alaikum warohmatu...