Tuesday 21 February 2023

MATERI AJAR, SELASA 21 FEBRUARI 2023

 Hari/Tanggal : Selasa /21 Februari 2023

Tema 8          : Daerah tempat Tinggal ku

Subtema 1      : Lingkungan tempat tinggalku

Pembelajaran : 1

Tujuan Pembelajaran 1 :

KD 3.9 Bahasa Indonesia

Mencermati tokoh tokoh yang terdapat pada teks

1. Dengan kegiatan membaca cerita fiksi, siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh pada cerita fiksi dengan tepat.

KD 3.4 IPA

Menghubungkan gaya dengan gerakan pada peristiwa dilingkungan sekitar

2. Dengan kegiatan mengamati gambar anak menarik dan mendorong ayunan, siswa dapat mengetahui pengertian gaya dan gerak dengan benar.

Baik anak soleh solehah kelas 4. Sebelumnya kita sudah membahasakan tentang Indahnya keragaman di negriku. pada tema 7 .Pada pertemuan hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 8 subtema 1 pembelajaran 1 dan 2 . 

Yuk simak materi berikut ini


Pembelajaran 1 ;


Tempat tinggal adalah tempat manusia menetap untuk berteduh dari keadaan alam, serta tempat melaksanakan hak dan kewajibannya dalam menjalani hidup. Tempat tinggal manusia biasanya berwujud rumah. Tempat tinggal merupakan kebutuhan utama bagi manusia. Setiap manusia tentu menginginkan lingkungan tempat tinggal yang nyaman untuk kehidupannya. 

Masing masing dari kita mempunyai tempat tinggal yang berbeda seperti Udin yang berasal dari Jawa Barat. Di Jawa Barat terdapat tempat wisata yaitu "Telaga Warna"

Kalian bisa membaca teks " Asal muka telaga warna biru " Pada halaman 2 dan 3 di buku tema 8. Bacalah teks tersebut dan berlatih lah dengan menjawab pertanyaan  

Selain itu di Jawa Barat terdapat taman bermain yang terdapat ayunan nya. Saat menarik ayunan kita melakukan gaya dengan menggerakkan benda. 

Gaya adalah suatu kekuatan yang mengakibatkan benda yang dikenainya dapat mengalami gerak, perubahan kedudukan, atau perubahan bentuk. Gaya juga dapat diartikan sebagai tarikan atau dorongan yang dapat memengaruhi keadaan suatu benda

Gerak adalah perpindahan kedudukan suatu benda terhadap benda lainnya, baik perpindahan kedudukan yang mendekati maupun menjauhi suatu benda atau tempat asal akibat benda itu dikenai gaya.

Tugas

1. Apa yang dimaksud dengan gaya? 

2. Gerak adalah... 

3. Sebutkan  macam macam gaya? 

No comments:

Post a Comment

MATERI AJAR JUMAT 3 MEI 2024

  Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat, 3 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran ; IPS Assalamu'alaikum warohmatu...