Thursday 16 February 2023

MATERI AJAR, KAMIS 16 FEBRUARI 2023

 Hari/Tanggal : Kamis /16 Februari 2023

Tema : 7 Indahnya Keragaman Negeriku

Subtema : 3 ( Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku) 

Pembelajaran :  4

Tujuan Pembelajaran :

1.  Setelah berdiskusi kelompok, siswa mampu menjelaskan sikap toleransi yang dapat diterapkan di lingkungan sekolah dengan tepat. 

Baik anak soleh solehah kelas 4. Sebelumnya kita sudah mempelajari tema 7 subtema 3 pembelajaran 3 yaitu keragaman ekonomi di Indonesia. Dan hari ini kita masuk ke tema 7 subtema 3 pembelajaran 4.

Let's check this video


Kegiatan ekonomi di Indonesia

1. Aktivitas ekonomi dibidang pertambangan
Kekayaan Indonesia juga terkandung pada perut bumi. Yaitu berupa barang tambang.Baik migas atau non migas. 
Kekayaan tambang ini hendaklah dikelola dengan maksimal. 

2. Aktivitas ekonomi dibidang industri
Industri adalah usaha mengubah bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Bahan mentah bersumber dari sumber daya alam. Industri dapat dilakukan perorangan, kelompok atau badan usaha. 

3. Aktivitas ekonomi dibidang perdagangan
Potensi alam di tiap daerah berbeda,  hal ini dipengaruhi oleh kondisi geografis masing-masing daerah.Maka dari itu tidak semua daerah memiliki sesuatu yang mereka butuhkan. Oleh sebab itu ada perdagangan. Barang dagangan dapat berupa hasil pertanian, peternakan, perikanan, hutan dan industri. 

4. Aktivitas ekonomi dibidang jasa
Aktivitas ini merupakan kegiatan layanan kepada masyarakat  dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup nya. Aktivitas jasa antara lain, perbankan, keuangan, kesehatan, pendidikan, jas hukum dan pariwisata. 


Materi Matematika







No comments:

Post a Comment

MATERI AJAR JUMAT 3 MEI 2024

  Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat, 3 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran ; IPS Assalamu'alaikum warohmatu...