Monday, 13 September 2021

MATERI AJAR, SENIN 13 SEPTEMBER 2021

 JENIS DARING KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan      : SD AL AZHAR 1

Kelas / Semester        :  2 /1

Tema                          : 3. Tugasku Sehari-hari

Sub Tema                  : Tugasku Sehari-hari di rumah (Sub Tema 1)

Pembelajaran             : 1


 
Apa kabar anak-anak bu guru di rumah ? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
 
Ayo kita buka pembelajaran hari ini dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya.. 
 

Yuk literasi materi hari ini ... .

 Mari kita simak pembelajaran berikut ini bersama!



Pada Pembelajaran 1 Tema 3 Subtema 1 Tugasku Sehari hari di Rumah akan mempelajari tentang membaca, menyebutkan dan memahami isi teks berkaitan dengan lingkungan geografis di rumah. Menyebutkan, membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan uang. Memahami panjang pendek bunyi, kuat lemah bunyi dengan simbol secara cermat. Menyuarakan panjang pendek bunyi dan kuat lemah bunyi. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.


Tugasku Sehari-hari
Siti siswa kelas 2.

Siti tinggal di kampung.

Rumah Siti terletak di antara rumah Adi dan rumah Ayu.

Siti siswa yang rajin dan pandai.

Siti selalu mengerjakan tugas yang diberikan guru.

Di rumah, Siti anak yang berbakti.

Siti selalu membantu ayah dan ibu.

Siti juga seorang anak yang rajin beribadah.

Teman-teman Siti banyak yang berbeda agama.

Mereka menjalankan ibadah masing-masing.

Di lingkungan rumah,

Siti memiliki banyak teman.

Mereka sering bermain bersama.


Ayo Mengamati
Menyiram tanaman
Hari ini adalah hari Minggu.

Ayah, ibu, Siti, dan Ali merawat kebun di belakang rumah.

Ibu memetik sayuran.

Ayah mencabut rumput.

Siti dan adik menyiram sayuran.

Semua bekerja sama merawat kebun.

Hasil panen kebun sayur sebagian dijual.

Siti dan adik selalu membantu ayah dan ibu.

Membantu Ayah dan Ibu adalah tugas Siti di rumah.

Mengenal Letak Rumah
Rumah Siti
Ayo Mengamati

Siti tinggal di Jalan Ki Hajar Dewantara nomor 25.

Di sebelah kanan rumah Siti, ada rumah Adi.

Di sebelah kiri rumah Siti, ada rumah Ayu.

Di depan rumah Siti, ada musala.

Rumah Siti terletak tidak jauh dari sekolah.

Siti berangkat ke sekolah diantar Ayah.

Kadang, Siti pergi ke sekolah naik angkutan umum.

Ongkos angkutan dari rumah ke sekolah seribu rupiah.

Ayo Membaca
Ayo, bacalah sekali lagi teks tentang tempat tinggal Siti! 

Lalu, jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Siapakah yang tinggal di sebelah kanan rumah Siti?
Adi tinggal di sebelah kanan rumah Siti
2. Siapakah yang tinggal di sebelah kiri rumah Siti?
Ayu tinggal di sebelah kiri rumah Siti.
3. Di manakah rumah Siti?
Rumah Siti di Jalan Ki Hajar Dewantara nomor 25
4. Berapa ongkos angkutan umum dari rumah Siti ke sekolah?
Ongkos angkutan umum dari eumah Siti ke sekolah Rp1.000,00.
Ayo Berlatih
Hubungkan dengan garis. Hubungkan kalimat berikut yang sesuai dengan jawaban di sebelah
kanan. Sesuai berdasarkan denah pada halaman 4!

Letak RUmah
Ayo Mengamati
Setiap hari, Siti mendapat uang saku.

Uang saku Siti terdiri atas berbagai pecahan uang.

Siti selalu menyimpan sisa uang sakunya.

Mengenal Pecahan Nilai Uang
No.Uang LogamPenjelasan
1.
Uang 100
Uang seratus rupiah
ditulis : Rp100,00
dibaca : seratus rupiah
2.
Uang 100
Uang dua ratus rupiah
ditulis : Rp200,00
dibaca : dua ratus rupiah
3.
Uang 500
Uang lima ratus rupiah
ditulis : Rp500,00
dibaca : lima ratus rupiah
4.
Uang 1000
Uang seribu rupiah
ditulis : Rp1.000,00
dibaca : seribu rupiah

Membandingkan Pecahan Uang
Membandingkan
Ayo Berlatih
Bandingkan pecahan mata uang berikut!
Banding
Urutkan pecahan uang berikut mulai dari yang nilainya terkecil!
Urutan Pecahan
Di depan rumah Siti terdapat musala.

Di sana terdapat kentongan yang dibunyikan saat waktu salat tiba.

Kita bisa membuat bunyi kentongan bervariasi.

Bunyi yang teratur berulang disebut irama.

Banyak ketukan dalam setiap ruas disebut Birama.

Pola Ketukan Birama
Birama
Keterangan:
T : tepuk tangan
K : hentak kaki

Ayo Mencoba
Lakukan kegiatan seperti gambar di bawah ini untuk mendapatkan irama!

Beberapa irama dapat digabungkan.
Birama
Kalian juga dapat membuat irama dengan tepuk tangan dan memukul meja.
Ketukan Meja
Kerja Sama dengan Orang Tua
Coba kalian tanyakan kepada orang tua kalian letak rumah kalian! hapalkan ya alamat rumahmu  dan nomor telepon orang tuamu, agar kamu tahu ketika ditanya oleh guru,temanmu atau orang lain. ini juga berguna ketika kamu tersesat di mall atau tempat wisata.

Tugas
1. Uang 1000
Uang pecahan di atas dibaca .... 

2. Uang 500
Uang pecahan di atas ditulis ....

Bandingkan uang pecahan di bawah ini dengan menuliskan kalimat “ lebih besar dari” atau “lebih kecil dari”
3. 
Uang 500        .....  Uang 100

4. Uang 100     ..... Uang 1000



5. Urutkanlah pecahan uang di bawah ini mulai dari yang paling kecil!

Uang 1000Uang 100Uang 100

    Nah anak-anak, demikian pembelajaran kita hari ini. Jika telah selesai, kirimkan kolase foto hasil penugasan kepada ibu guru.

    Silakan berdoa dan rapikan kembali perlengkapan belajarnya. 

    Oh iya, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada orangtua yang telah membimbing kalian belajar hari ini. 

    Sampai jumpa, salam sehat dan tetap semangat. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 👍🤗


No comments:

Post a Comment

MATERI AJAR KELAS 6D, JUMAT 22 NOVEMBER 2024

  Tema 5                      : Wirausaha Subtema 3                 : Ayo belajar berwirausaha Pembelajaran               : 4 dan 5 Muatan P...