Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR 1
Kelas / Semester : 2 /1
Tema : Bermain di Lingkungankunganku
Sub Tema : Bermain di Lingkungan (Sub Tema 4)
Pembelajaran : 3 dan 4
Apa kabar anak sholih sholihah…Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyatMari
awali kegiatan hari ini dengan berdoa. Anak-anak sudah siap belajar
hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun
pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah
cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Jangan
lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5
waktu, murojaah, sholat sunah, bersedekah dan membantu kedua orang tua
di rumah.Pada
Pembelajaran 3 dan 4 Tema 2 Subtema 4 Bermain di Tempat Wisata akan
mempelajarai tentang menemukan dan mejelaskan kosakata yang berkaitan
dengan keragaman benda berdasarkan bentuknya. Menuliskan hasil
pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar
menggunakan ejaan (EYD). Mengidentifikasi cara menggunakan bahan alami
dan alat untuk membuat karya hiasan kotak tisu. Membuat karya hiasan
kotak tisu dengan bahan alami. Menyatakan kalimat matematika dan
memecahkan masalah yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian.
Membagi berturutturut tiga bilangan. Sebagai catatan tulisan ini hanya
sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama
Bapak/Ibu guru.
Liburan dilanjutkan menuju Taman Kota.
Beni bermain ayunan di Taman Kota.
Ayo Mengamati
Amati gambar berikut dengan cermat!
Apa yang sedang mereka lakukan pada gambar di atas?
Mereka sednag bermain ayunan.
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut ini dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Bermain di Taman Kota
Liburan dilanjutkan menuju Taman Kota.
Di Taman Kota sangat banyak permainan.
Salah satunya ayunan.
Beni bersama teman-temannya main di Taman Kota.
Di Taman Kota ada empat ayunan yang berdekatan.
Di ayunan yang berdekatan, terdapat empat siswa yang bermain mainan.
Dari kanan ke kiri ada Lani, Siti, Beni, dan Udin yang duduk di ayunan.
Di belakang Lani, berdiri Dayu untuk mengayunkan.
Di belakang Siti, berdiri Mey untuk mengayunkan.
Di belakang Beni, berdiri Edo untuk mengayunkan.
Di belakang Udin, berdiri teman laki-laki lainnya untuk mengayunkan.
Mereka bermain ayunan dengan hati-hati.
Teman yang berada di belakang, mendorong ayunan dengan perlahan.
Setelah beberapa menit dari waktu yang telah ditentukan, mereka bergantian bermain ayunan
Ayo Menulis
Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi teks percakapan!
Diskusikan dengan temanmu.
1. Apa yang dilakukan Beni?
Bermain perosotan.
2. Siapa yang berada di dalam kolam bola?
Udin dan Lani.
3. Bagaimana perasaan anak-anak saat bermain perosotan?
Sangat senang.
4. Siapa yang bersiap-siap melakukan perosotan?
Edo dan Siti.
5. Apa saja benda yang ada pada permainan?
Bola berwarna-warni, perosotan, tangga, dan tali.
Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan temanmu makna kata berikut!
No. | Kata | Maknanya |
---|
1. | taman | tempat yang menyenangkan |
2. | kota | daerah permukiman |
3. | ayunan | mainan untuk berayun-ayun |
Ayo Mengamati
Perhatikan gambar di bawah dengan cermat!
Ceritakanlah ciri-ciri benda pada gambar di atas!
1. Benda pertama merupakan bola. Bola terbuat dari plastik. Bola berbentuk bulat. Bola bisa memantul jika dilemparkan.
2. Benda kedua merupakan perosotan.
Perosotan
berbentuk memanjang dan landai dari atas ke bawah. Permukaan perosotan
licin sehingga bisa meluncur jika duduk di atasnya.
3. Benda ketiga merupakan jaring.
Jaring terbuat dari satuan tali. Jaring berupa rajutan tali yang membentuk mata jalan.
4. Benda keempat merupakan tangga.
Tangga
berbentuk lurus dan berjenjang dari bawah hingga ke atas atau
sebaliknya. Tangga bisa digunakan untuk mendaki atau menurun.
Perhatikan gambar di bawah dengan cermat!
Kelompokkanlah benda berikut dengan memberikan tanda centang (✔) pada gambar yang merupakan benda padat!
Tugas
Kerjakanlah soal berikut dengan menuliskan jawabannya di buku tulismu!
1. Usai
bermain di Taman Kota, 50 siswa kembali ke bus masing-masing. Jika ada 5
bus yang muatannya sama banyak, berapakah banyak penumpang setiap bus?
2. Hitunglah hasil dari pembagian 32 : 4 = ....
3. Buatlah satu kalimat menggunakan kata “taman”!
4. Dari teks cerita “Bermain di Taman Kota”, siapa saja yang duduk di ayunan?
5. Amatilah benda yang ada di sekitarmu! Coba kalian sebutkan ciri-ciri dari benda tersebut!
Misalnya: jam dinding
Ciri-cirinya berbentuk bulat, di dalamnya ada angka-angka, berfungsi untuk menunjukkan waktu.
oh ya nak jangan lupa tugas membuat pigura silahkan kirimkan foto hasil karyamu dan jangan lupa lanjutkan hapalan perkalianmu!
untuk
kegiatan besok kita akan menjadwalkan penilaian harian untuk tema 2
subtema 1 dan 2 di hari kamis dan subtema 3 dan 4 di hari Jum'at.
jangan lupa belajar ya murid-murid!
Nah anak-anak, demikian pembelajaran kita hari ini. Jika telah selesai, kirimkan kolase foto hasil penugasan kepada ibu guru.
Silakan berdoa dan rapikan kembali perlengkapan belajarnya.
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada orangtua yang telah membimbing kalian belajar hari ini.
Sampai jumpa, salam sehat dan tetap semangat. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 👍🤗
No comments:
Post a Comment