PEMBELAJARAN JARAK JAUH
JENIS DARING KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR 1
Kelas / Semester : 2 /1
Tema : 3. Tugasku Sehari-hari
Sub Tema : 2. Tugasku Sehari-hari di Sekolah
Pembelajaran 3 dan 4
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari
awali kegiatan hari ini dengan berdoa Anak-anak sudah siap belajar hari
ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada
air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci
tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran.
Mari kita awali
dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan
diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan
lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5
waktu, murojaah, sholat sunah, bersedekah dan membantu kedua orang tua
di rumah.
Pada
Pembelajaran 3 Tema 3 Subtema 2 Tugasku Sehari-hari di Sekolah akan
mempelajari tentang memahami isi teks dan menemukan kosakata berkaitan
dengan kehidupan ekonomi di sekolah. Menentukan makna kosakata berkaitan
dengan kehidupan ekonomi di sekolah. Membedakan dan mengelompokkan
individu berdasarkan warna kegemaran di sekolah. Meenyebutkan nilai
pecahan uang kertas yang setara dan menukar nilai pecahan uang kertas
yang setara. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja saat
mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Menabung di Sekolah
Siswa dapat menabungkan uangnya di sekolah.
Setiap siswa mendapatkan buku tabungan.
Uang tabungan siswa tersimpan aman oleh ibu guru di sekolah.
Uang tabungan dapat diambil setiap saat.
Hari ini, Siti menabung di sekolah. Setiap hari, Siti mendapat uang saku.
Uang tersebut selalu dihemat.
Jika ada sisa, uang saku Siti ditabung.
Siti ingin menggunakan uang tabungan untuk membeli buku dan tas.
Siti adalah siswa yang gemar menabung.
Ayo Membaca
Bacalah teks di atas dengan lafal dan intonasi yang jelas!
Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Setiap hari, Siti mendapat…
Uang jajan
2. Hari ini, Siti … di sekolah. .
Menabung
3. Siti ingin membeli … dan … dari uang tabungannya.
Buku dan tas
4. Setiap siswa mendapat buku ….
Tabungan
5. Siti selalu … uang sakunya.
Menghemat
Siti menabung 2 lembar uang seribuan.
Nilai uang Siti adalah Rp2.000,00.
Mengenal Nilai Kelompok Pecahan Uang
Gambar | Nilai Uang | Ditulis |
---|
| Rp2.000,00 | dua ribu rupiah |
| Rp3.000,00 | tiga ribu rupiah |
| Rp3.000,00 | tiga ribu rupiah |
Ayo Berlatih
Tentukan nilai pecahan uang berikut!
Gambar | Nilai Uang | Ditulis |
---|
| Rp2.000,00 | dua ribu rupiah |
| Rp5.000,00 | lima ribu rupiah |
| Rp4.000,00 | empat ribu rupiah |
| Rp3.000,00 | tiga ribu rupiah |
Pasangkan kelompok nilai uang berikut yang bernilai sama!
Siti ingin menukar beberapa pecahan uangnya.
Pecahan uang dapat ditukar dengan pecahan uang lain.
1. Dua lembar seribuan = 4 keping lima ratusan.
2. Satu lembar seribuan = 5 keping dua ratusan.
3. Satu lembar dua ribuan = 20 keping seratusan.
4. Satu lembar lima ribuan = 5 lembar seribuan.
5. Dua lembar dua ribuan = 4 lembar seribuan
Siti ingin membeli tas dari uang tabungannya. Tas sekolah banyak pilihan warnanya.
Siti meminta teman-temannya memilih warna yang bagus.
Ternyata, setiap anak memiliki warna kesukaan yang berbeda.
- Siswa yang memilih warna kuning ada 8 anak.
- Siswa yang memilih warna merah ada 5 anak.
- Siswa yang memilih warna hijau ada 10 anak.
- Siswa yang memilih warna hitam ada 7 anak.
Gambar berikut menunjukkan jumlah siswa sesuai warna yang digemari.
Ayo Mencoba
Coba kamu tanyakan kepada temanmu tentang warna yang ia gemari!
Catatlah hasilnya! Kemudian, gambarlah jumlah siswa sesuai warna kegemarannya!
Hasil Pengamatan (hanya contoh)
Warna | Jumlah Siswa yang Menyukai |
---|
Kuning | 9 |
Hijau | 3 |
Hitam | 6 |
Biru | 8 |
Cokelat | 5 |
Jumlah siswa sesuai warna yang digemari.
Ayo Mengamati
Bermain Tebak-tebakan
Hari ini, ibu guru memberi tugas membuat kartu uang.
Siswa membentuk kelompok secara berpasangan.
Mereka melakukan tebak-tebakan.
Edo mengangkat beberapa kartu.
Beni menjawab, "dua ribu rupiah."
Semua siswa asyik belajar dengan bermain.
Setiap kelompok bekerja sama menyelesaikan tugas. Semua saling membantu teman.
Membantu teman merupakan tugas siswa.
Ayo Berlatih
Ayo, bermain tebak-tebakan!
Lakukan tebak-tebakan dengan teman di sebelahmu dengan menggunakan kartu uang!
Misal
kelompok Siti dan Dayu. Siti mengambil 2 kartu yang terdiri dari
Rp1.000,00 dan Rp2.000,00 maka Dayu menjawab tiga ribu rupiah.
Ayo Mencoba
Buatlah kalimat sederhana dari kata di bawah ini!
- Dayu membantu ibu.
- Udin bermain di halaman sekolah.
- Siti bermain tebak-tebakan kartu uang bersama Dayu
- Edo belajar nilai pecahan uang.
Ibu guru membentuk kelompok secara berpasangan.
Setiap anggota memiliki suku atau asal daerah berbeda. Siti berpasangan dengan Dayu.
Beni berpasangan dengan Edo.Nama | Asal Daerah/Suku |
---|
Edo | Edo berasal dari Papua |
Beni | Beni berasal dari Batak |
Siti | Siti berasal dari Jawa |
Dayu | Dayu berasal dari Bali
|
Beberapa
keberagaman karakteristik di sekolah antara lain : perbedaan warna
kulit, Agama dan kepercayaan, Jenis kelamin, Suku bangsa,
Hobi/Kegemaran, dan Kemampuan akademik.
Tugas
1. Pasangkan kelompok uang berikut yang bernilai sama!
2. Buatlah kalimat menggunakan kata di bawah ini!
a. membantu
b. membeli
3. Coba kelompokkanlah anggota keluargamu berdasarkan jenis kelamin!
misalnya :
a. Yang berjenis kelamin laki-laki di rumahku adalah ayah,
kakak Budi, adik Amir.
b. Yang berjenis kelamin perempuan di rumahku adalah Ibu,
Nenek, dan aku Raisa.
Nah anak-anak, demikian pembelajaran kita hari ini. Jika telah selesai, kirimkan kolase foto hasil penugasan kepada ibu guru.
Silakan berdoa dan rapikan kembali perlengkapan belajarnya.
Oh iya, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada orangtua yang telah membimbing kalian belajar hari ini.
Sampai jumpa, salam sehat dan tetap semangat. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 👍🤗
No comments:
Post a Comment