JENIS DARING KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR 1
Kelas / Semester : 2 /1
Tema : Bermain di Lingkungankunganku
Sub Tema : Bermain di Lingkungan Sekolah (Sub Tema 3)
Pembelajaran :3 dan 4
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari
awali kegiatan hari ini dengan berdoa Anak-anak sudah siap belajar hari
ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada
air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci
tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran.
Mari kita awali
dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan
diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan hari ini! Jangan
lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5
waktu, murojaah, sholat sunah, bersedekah dan membantu kedua orang tua
di rumah.
Pada
Pembelajaran ini kita akan mempelajari tentang menemukan dan
menjelaskan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan
bentuknya dalam teks pendek. Menuliskan hasil pengamatan sederhana
tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan ejaan yang tepat.
Menyatakan kalimat matematika dan menghitung hasil yang berkaitan dengan
masalah tentang pembagian. Mengidentifikasi cara menggunakan alat dan
bahan menggambar dan menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman atau
benda yang dilihatnya. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan
saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Lomba tenis meja cilik kembali digelar.
Beni mewakili sekolahnya.
Ayo Mengamati
Amati gambar di bawah dengan cermat!
Kira-kira, apa cerita yang cocok untuk gambar di atas?
Menurutku diatas sedang diadakan lomba tenis meja cilik antar kelas.
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut ini dengan cermat!
Lomba Tenis Meja Cilik
Lomba tenis meja cilik kembali digelar.
Lomba dilakukan antarkelas dua SD sekecamatan.
Beni mewakili sekolahnya.
Lomba dilaksanakan di sekolah Beni.
Ia mendapatkan dukungan dari teman dan gurunya.
Beberapa teman Beni seperti Udin, Edo, Lani,
Siti, Dayu, dan Mey memberikan dukungan kepada Beni dari tribun.
Teman Beni didampingi oleh guru kelasnya.
Beni menangkis serangan dari lawan mainnya.
Bola pingpong hampir saja mendarat di bet Beni.
Sementara ini, lawan mainnya sedang
bersiap-siap menangkis balik serangan dari Beni.
Ketika Beni melepaskan serangan balik, langsung ditangkis balik oleh lawannya dengan gagah.
Namun, bola pingpong menyangkut di net.
Poin untuk Beni, ia menang.
Apa isi teks bacaan di atas?
Perlombaan Tenis Meja Cilik antar kelas 2 SD sekecamatan.
Bagaimana hasil terkaanmu tadi?
Ternyata tepat
Apakah sesuai dengan yang kamu baca?
Ya, sesuai dengan yang aku baca.
Ayo Berdiskusi
Adakah kata yang belum kamu pahami?
Ada beberapa kata yang belum saya pahami misalnya poin dan cilik.
Jika ada, tuliskan di bawah kata-kata berikut!
Diskusikan dengan temanmu makna kata-kata berikut!
No. | Kata | Maknanya |
---|
1. | tribun | Kawasan duduk |
2. | bet | Raket tenis |
3. | net | Pembatas meja tenis di tengah |
4. | cilik | Kecil |
5. | poin | Skor berupa angka yang diperoleh pemenang
|
Ayo Membaca
Bacalah teks percakapan berikut!
Beni | : | Ternyata, pembagian dapat diubah menjadi bentuk perkalian. |
Udin | : | Bagaimana caranya? |
Beni | : | Begini,
saat saya memasukkan 6 bola kertas ke dalam 3 kantong plastik, maka, 6 :
3 = 2, terdapat 2 pada setiap kantong plastik. Jika dibalik, sebanyak 3
kantong plastik mendapatkan 2 bola kertas setiap kantong. Kalimat
matematikanya menjadi: 2 × 3 = 6. Jadi, 6 : 3 = 2 karena 2 × 3 = 6. |
Ayo Berlatih
Sekarang Beni bermain melemparkan batu.
Ia bersama teman-temannya membentuk beberapa kelompok.
Jumlah kelompoknya bermacam-macam.
Berikut banyak batu yang dibutuhkan untuk setiap kelompok.
Bantulah Beni menghitung batu yang dibutuhkan untuk setiap kelompok!
Kerjakan dengan cermat!
Kemudian, ubah ke bentuk perkalian!
1. 8 : 2 = 4 karena 2 × 4 = 8
2. 10 : 2 = 5 karena 2 × 5 = 10
3. 12 : 3 = 4 karena 3 × 4 = 12
4. 14 : 7 = 2 karena 7 × 2 = 14
5. 15 : 5 = 3 karena 5 × 3 = 15
Ayo Berdiskusi
Bagaimanakah cara membuat gambar imajinatif?
Apa saja langkah-langkah yang perlu diperhatikan?
Diskusikan dengan teman sekelompokmu.
No. | Langkah-langkah Menggambar Imajinatif |
---|
1. | Sediakan semua alat gambar yang dibutuhkan |
2. | Buat garis pinggir pada buku gambar |
3. | Buat pola gambar karet gelang |
4. | Arahkan pola gambar karet gelang membentuk vas bunga |
5. | Warnai pola gambar dengan pensil warna/krayon
|
Tugas Hari ini
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar! Tulis jawabannya di buku tulismu ya
1. Dari teks “Lomba Tenis Meja Cilik” siapa saja yang memberikan dukungan kepada Beni?
2.
Selesai perlombaan, 36 bet tenis dimasukkan ke dalam 9 keranjang dengan
jumlah yang sama banyak. Berapakah banyak bet dalam setiap keranjang?
3. Perhatikan benda-benda berikut!
lemari, batu, susu, kecap, udara, kertas, dan angin
Kelompokkanlah benda-benda tersebut berdasarkan wujudnya!
4. Apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuat gambar imajinatif?
5. Setelah membaca materi hari ini artikanlah kata di bawah ini:
a. Tribun
b. Poin
Tugas
hapalan minggu ini yaitu menghapal perkalian 3 dan 4 nanti akan bu guru
cek hapalanmu melalui video call secara terjadwal ya nak.
Nah anak-anak, demikian pembelajaran kita hari ini. Jika telah selesai, kirimkan kolase foto hasil penugasan kepada ibu guru.
Silakan berdoa dan rapikan kembali perlengkapan belajarnya.
Oh iya, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada orangtua yang telah membimbing kalian belajar hari ini.
Sampai jumpa, salam sehat dan tetap semangat. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 👍🤗