Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR 1
Kelas / Semester : 2 /1
Tema : Bermain di Lingkungankunganku
Sub Tema : Bermain di Lingkungan (Sub Tema 4)
Pembelajaran : 2
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan hari ini dengan berdoa
Anak-anak
sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih
dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai
kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai
pembelajaran.
Mari
kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat
dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini!
Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan
solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah, bersedekah dan membantu kedua
orang tua di rumah.
Pada
Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 4 Bermain di Tempat Wisata akan
mempelajari tentang menyebutkan dan menvatat isi teks pendek yang
dibacakan. Melakukan pengamatan sederhana dan mengelompokkan benda
tentang keragaman benda di lingkungan sekitar. Mengidentifikasi dan
mensimulasikan berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
di rumah. Menjelaskan dan mempraktekkan variasi gerakan menekuk tanpa
berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan domba serigala. Sebagai
catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan
pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru,
Beni ingin bermain pasir.
Ia akan membuat istana pasir.
Ayo Mengamati
Amatilah judul teks yang ditulis gurumu di papan tulis!
Apa yang kamu ketahui tentang “Istana Pasir”?
Istana pasir adalah bermain membuat bangunan istana terbuat dari pasir.
Coba ceritakan di hadapan teman-temanmu!
Kemudian, simaklah cerita yang disampaikannya tentang “Istana Pasir”!
Sesuaikah ceritamu dengan teks berikut?
Bacalah dengan lancar!
Istana Pasir
Istana pasir adalah bermain membuat bangunan istana terbuat dari pasir.
Bahan utama yang digunakan adalah pasir dan air.
Istana pasir biasanya dibuat di pantai.
Membuat bangunan dari pasir dilakukan oleh anak-anak dengan menggunakan ember dan sekop.
Tetapi orang dewasa sering membimbing dalam membuat istana pasir.
Bahan lain yang digunakan dalam kegiatan adalah salju.
Ada dua jenis istana pasir.
Pertama, "khas" istana pasir.
Terdiri dari beberapa jenis dasar dengan beberapa jenis menara, atau satu menara di atas.
Kedua, "tetes" istana pasir.
Pasir yang sangat basah diteteskan di atas pasir basah lainnya dan menciptakan menara gumpalan pasir.
- Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat istana pasir? (Pasir dan air)
- Di mana biasanya istana pasir dibuat? (Di pantai)
- Siapa yang biasanya membuat istana pasir? (Anak-anak)
- Mengapa istana pasir biasanya dibuat di pantai (Di pantai tersedia banyak pasir)
- Bagaimana cara membuat tetes istana pasir? (Pasir yang basah ditetesi air)
Ayo Berlatih
1. Apa bahan utama membuat istana pasir?
Pasir dan air.
2. Di mana istana pasir dibuat?
Di tepi pantai
3. Siapa yang suka membuat istana pasir?
Anak-anak
4. Apa bentuk istana pasir “khas”?
Menara
5. Bagaimana cara membuat istana pasir “tetes”?
Pasir yang sangat basah diteteskan
Ayo Mencoba
Buatlah laporan pengamatanmu!
Keragaman Benda di Pantai
Alat dan bahan: air, pasir, ember, sekop, dan kerang.
Petunjuk:
1. Pilihlah 3 gambar benda yang digunakan dalam membuat istana pasir.
2. Amatilah gambar tersebut satu persatu!
3. Isilah titik-titik di bawah!
Hasil pengamatan:
1. Nama benda : Air
Ciri-ciri
benda : Air merupakan benda cair, bentuk air menyesuaikan dengan
wadahnya. Jika menguap, air menjadi gas dan jika membeku, menjadi es.
2. Nama benda : Pasir
Ciri-ciri
benda : Pasir merupakan benda padat, bentuknya tetap dan tidak dapat
berubah-ubah. Warna dan bentuknya tergantung atom silika yang
membentuknya.
3. Nama benda : Ember
Ciri-ciri
benda : Ember merupakan benda padat, bentuknya tetap dan tidak dapat
berubah-ubah. Ember terbuat dari berbagai material, seperti besi,
aluminium, hingga plastik. Dapat digunakan untuk wadah.
4. Nama benda : Sekop
Ciri-ciri
benda : Sekop merupakan benda padat, bentuk dan ukurannya bervariasi
tergantung kegunaannya. Terbuat dari berbagai material dari besi hingga
plastik. Digunakan untuk mengambil sejumlah massa dari dalam tanah.
5. Nama benda : Kerang
Ciri-ciri
benda : Kerang merupakan benda padat, bentuknya tetap dan tidak dapat
berubah-ubah. Salah satu hewan yang tinggal di perairan. Kerang memiliki
cangkang yang dapat membuka dan menutup.
Berdasarkan pengamatan dapat disimpulkan bahwa:
Setiap benda memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan benda lain.
Ayo Berlatih
Berdasarkan pengamatanmu, kelompokkanlah yang termasuk benda tetap dan benda yang tidak tetap!
Berikan tanda centang (✔) untuk benda yang tetap!
Ayo membaca
Bacalah teks percakapan berikut dengan saksama!
Beni | : | Dayu,
Lani, apa itu sampah kalian yang berserakan? Kita tidak boleh membuang
sampah sembarangan. Apalagi di tempat umum. Buanglah sampah di tempat
sampah.” |
Dayu | : | Maaf, Beni. Tetapi itu bukan sampah kami. |
Ibu Guru | : | Benarkah
itu, Dayu? Tepat sekali yang disampaikan Beni. Selain itu, apa aturan
yang harus dipatuhi di tempat umum, terutama di pantai? |
Beni | : | Tidak boleh mendekati pantai tanpa pengawasan orang dewasa, Bu.. |
Dayu | : | Kalau aturan di rumah bagaimana, Bu? |
Ibu Guru | : | Tetap,
kita harus menjaga kebersihan rumah. Sampah dimasukkan ke dalam tong
sampah. Di mana pun kita berada, sampah harus dimasukkan ke dalam tong
sampah. |
Semua siswa | : | Hore. |
Ibu Guru | : | Bagaimana
kalau kita praktikkan membersihkan pantai dan membuang sampah di tempat
sampah? Setelah selesai, kita akan bermain domba serigala. |
Ayo Berlatih
Tampilkanlah teks percakapan di atas ke depan kelasmu!
Perhatikan ekspresi dan intonasimu!
Kemudian, diskusikan dengan teman sebangkumu.
Aturan di Rumah
- Mandi dua kali sehari setelah bangun tidur dan setelah beraktivitas di sore hari.
- Menggosok gigi dua kali sehari.
- Memakai pakaian yang bersih.
- Mencuci tangan sebelum makan.
- Makan makanan yang tidak terbuka.
- Menjaga kebersihan rumah.
Ayo BerlatihSimaklah gurumu menyampaikan aturan dalam bermain domba serigala!
Kemudian, praktikkanlah gerak dasar menekuk!
Praktikkan juga permainan domba serigala bersama teman sekelasmu!
Coba ceritakan kembali cara melakukan permainan domba serigala!
Cara melakukan permainan Domba dan Srigala
- Lakukan hompimpa untuk menentukan siapa yang menjadi serigala, domba dan pagar.
- Pagar membentuk lingkaran untuk melindungi domba.
- Anak-anak yang menjadi pagar berdiri dan saling berpegangan tangan.
- Domba awalnya berada di tengah lingkaran.
- Serigala berupaya mengejar domba, baik dalam lingkaran maupun dalam kandang.
BAHASA LAMPUNG
Gambar
di atas ini merupakan induk aksara Lampung. Perhatikan bunyi dari Induk
aksara Lampung! Induk aksara Lampung hanya berbunyi “a”, bagaimana jika
kita ingin menulis kata “ki” atau “ku”?
Untuk
menulis kata “ki” atau “ku” kita harus menggunakan bantuan anak huruf
aksara Lampung. Anak huruf aksara Lampung berjumlah 11.
Anak huruf “i” letaknya di atas induk huruf. Bentuknya seperti huruf u kecil
Contoh penggunaannya:
Sedangkan anak huruf “u” letaknya di bawah induk huruf. Bentuknya seperti garis
Pada
kegiatan pembelajaran Bahasa Lampung yang lalu, kita sudah mempelajari
cara menulis aksara Lampung dengan tambahan anak huruf “i” dan “u”.
Masih ingatkah kalian?
Nah, pada pembelajaran hari ini kita akan mempelajari cara menulis aksara Lampung dengan bantuan anak huruf “e” dan “o”.
Anak huruf “e” letaknya di atas induk huruf. Bentuknya seperti gunung kecil
Contoh penggunaannya:
Anak huruf “o” letaknya di bawah induk huruf. Bentuknya seperti tanda koma o
Contoh penggunaannya:
Soal
Ayo kalian coba latihan menulis aksara Lampung yang diberi tanda anak aksara Lampung. Ikuti seperti contoh!
1. SOLO = ...
2. MIMIKA = ...
3. BALI = ...
4. SULAWESI = ...
5. PAPUA = ...
Selain
itu, kerjakan juga latihan menulis di buku lalisba halaman 6 ya. Tulis
dengan hati-hati dan perlahan agar hasilnya bagus🤗
Semangat mengerjakan🤩
Tugas
hapalan minggu ini yaitu menghapal perkalian 4 dan 5 nanti akan bu guru
cek hapalanmu melalui video call secara terjadwal ya nak.
Nah anak-anak, demikian pembelajaran kita hari ini. Jika telah selesai, kirimkan kolase foto hasil penugasan kepada ibu guru.
Silakan berdoa dan rapikan kembali perlengkapan belajarnya.
Oh iya, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada orangtua yang telah membimbing kalian belajar hari ini.
Sampai jumpa, salam sehat dan tetap semangat. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 👍🤗
No comments:
Post a Comment