Materi Kelas 6
Hari/Tanggal : Selasa 6 Februari 2024
Tema : 7 (Kepemimpinan)
Subtema : 2 (Pemimpin Idolaku)
Pembelajaran : 6
Mata Pelajaran : Bhs Indonesia (3.3), SBDP (3.3)
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa mampu memperagakan gerak tari daerah berpasangan dengan benar.
2. Siswa menyusun teks pidato dengan baik.
3. Siswa dapat berpidato dengan percaya diri.
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.
Dalam keseharian, sudahkah kita bersikap seperti seorang pemimpin? Sikap apa yang sudah kita perlihatkan?
Ayo Berlatih
Nilai persatuan dan kesatuan harus dimiliki seorang pemimpin. Seorang pemimpin yang memiliki nilai persatuan akan bersikap dan bertindak demi keutuhan para anggota yang dipimpinnya. Apalagi di Indonesia yang terdiri atas beragam suku bangsa, kesenian, dan adat istiadat. Peran pemimpin sangat diperlukan untuk menjembatani semua keragaman itu.
Dalam Subbab ini kamu akan mempelajari salah satu kesenian daerah, yaitu tari daerah yang dilakukan secara berpasangan. Bersama teman-temanmu, bermusyawarahlah untuk memilih salah satu tarian daerah yang dilakukan secara berpasangan. Selanjutnya, berlatihlah dengan tekun untuk dipentaskan pada acara kelulusan nanti. Berlatihlah hingga gerakan kalian benar dan kompak.
Ayo Mencoba
Kamu telah membuat teks pidato. Sampaikan kepada teman-teman dalam kelompokmu. Mintalah masukan mereka supaya pidatomu lebih baik. Perbaikilah pidatomu sesuai saran mereka.
Setelah kamu merasa pidatomu lebih baik, bersiaplah untuk berpidato di hadapan teman-teman sekelas dan Bapak/Ibu guru. Sampaikan pidato dengan penuh percaya diri, pengucapan yang jelas, dan intonasi yang tepat. Lakukan bergantian dengan teman-temanmu. Dengarkan dengan penuh perhatian saat temanmu menyampaikan pidatonya.
Evaluasi
1. Tulislah satu orang pemimpin yang kamu kenal. Sebutkan nilai-nilai kepemimpinan yang dimilikinya (paling sedikit tiga), contoh kegiatannya, serta manfaatnya bagi orang-orang di sekitarnya.
Pemimpin yang saya kenal :
Ayah saya
Nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki :
Beliau selalu berdoa dalam mengawali dan mengakhiri kegiatan.
Beliau selalu mengucapkan rasa syukur dalam segala aktivitas.
Beliau selalu melakukan sesuatu tepat waktu, tepat janji.
Beliau selalu bekerja tak kenal lelah dan selalu semangat
Beliau tidak pernah mengeluh.
Contoh kegiatan :
Sebelum berangkat bekerja beliau selalu berdoa.
Beliau selalu bersyukur atas segala rahmat Tuhan.
Beliau selalu menepati janji yang sudah diucapkan
Beliau bekerja tak kenal lelah dan bersemangat setiap hari
Beliau tidak pernah mengeluh walau yang beliau dapatkan mengecewakan.
Manfaat bagi orang-orang di sekitarnya :
Menjadikan kami sebagai anak lebih beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Menjadikan kami selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Menjadikan kami semakin percaya apa yang beliau ucapkan.
Menjadikan keluarga semakin bersemangat dalam melakukan kegiatan
Menjadikan kami lebih tekun dalam belajar.
2. Isilah diagram Frayer di bawah ini untuk menunjukkan pemahamanmu tentang kepemimpinan
Contoh Kepemimpinan yang baik :
Kepala Sekolah yang selalu peduli akan kesulitan guru dan murid-murid di sekolahnya.Seorang dokter yang selalu telaten dan sabar mendengarkan keluhan sakit pasiennya.
Ciri-ciri pemimpin yang baik :
Menunjukkan sikap rela berkorban, nilai keteladanan, disiplin, nilai kerja keras, pantang menyerah, mendahulukan kepentingan bersama, mampu bekerjasama dan berkomunikasi, terus belajar/terus memperbaiki diri, toleran, dan bertanggung jawab.
Pengertian kepemimpinan yang baik :
Kepemimpinan yang baik adalah kemampuan dalam diri seseorang untuk bisa memengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan.
Contoh kepemimpinan yang kurang baik :
Pemimpin yang merasa dirinya paling benar, paling berkuasa, tidak mau menerima nasihat, tidak bisa menghargai pendapat orang lain, hanya bisa memerintah dan tanpa mau peduli dengan bawahannya.
3. Tuliskan berbagi kegiatan yang menunjukkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Tuliskan paling sedikit lima jenis kegiatannya.
- Bergotong royong membersihkan tempat ibadah
- Menjenguk dan membantu tetanga yang terkena musibah
- Membantu tetangga/orang-orang sekitar yang sedang melaksanakan hajatan
- Melayat tetangga yang meninggal dunia.
- Turut aktif dalam kegiatan Siskamling dan PKK
- Turut aktif dalam lomba-lomba/peringatan hari besar di daerah tempat tinggal
4. Tuliskan tiga cara untuk menjaga persatuan dan kesatuan.
- Tidak membeda-bedakan latar belakang ekonomi, sosial, dan budaya saat berteman
- Menghormati perbedaan suku, agama, ras maupun golongan yang ada.
- Mempelajari adat/kesenian sendiri dan juga mempelajari adat/kesenian suku lain
- Suka menolong orang lain tanpa memandang latar belakang mereka.
- Menghormati orang yang lebih tua, dan menjaga/melindungi orang yang lebih muda
- Menghormati hak-hak orang lain, serta melaksanakan kewajiban diri sendiri
5. Apa keunikan tari Zapin dari Aceh?
Keunikan tari Zapin dari Aceh adalah gerakan kaki penari yang cepat mengikuti irama pukulan pada gendang yang disebut dengan marwas. Tarian ini mengutamakan kesatuan gerakan cepat. Dengan adanya kerjasama dan kesatuan gerakan tari yang cepat menciptakan gerakan-gerakan yang indah.
6. Bagaimana sikapmu jika pada saat berdiskusi, ada perbedaan pendapat dengan temanmu?
Jika ada perbedaan pendapat saya akan memberikan kesempatan teman berpendapat, tanpa menyela, tetap sabar menunggu giliran untuk berpendapat.
No comments:
Post a Comment