Materi Kelas 6
Hari/Tanggal :Selasa 20 Februari 2024
Tema : 8 (Bumiku)
Subtema : 2 (Bumiku dan Musimnya)
Pembelajaran : 3 dan 4
Mata Pelajaran : Bhs Indonesia (3.8), PKN (3.2), IPS (3.1)
Tujuan Pembelajaran :
1. siswa mampu memahami hubungan antara keadaan geografis dan keadaan sosial budaya suatu negara.
2. siswa mampu mengidentifikasi kewajiban warga negara terhadap kelestarian lingkungan.
3. siswa jadi lebih memahami isi dari suatu bacaan
PEMBELAJARAN 3
Ayo Membaca
Ayo, kita ingat kembali tentang negara-negara tetangga Indonesia. Lalu, bagaimana dengan kondisi sosial budayanya? Apakah sama dengan kondisi sosial budaya di Indonesia? Atau berbeda? Ayo, kita baca informasi tentang keadaan sosial budaya di Singapura.
Singapura
Singapura termasuk negara dengan penduduk yang padat. Sebanyak 85% rakyat Singapura tinggal di rumah susun. Penduduknya terdiri atas etnis Tionghoa, Melayu, dan India. Rakyatnya menganut agama Buddha, Islam, Kristen, dan Tao. Penduduknya berbahasa Inggris, Mandarin, Melayu dan Tamil. Rakyat Singapura sangat disiplin dalam masalah kebersihan. Singapura menjadi negara paling bersih di Asia. Singapura banyak dikunjungi para wisatawan. Mereka ingin berbelanja di Singapura.
Bacalah kembali informasi tentang kadaan geografis negara Singapura. Bersama dengan temanmu lakukan analisis sederhana tentang hubungan keadaan geografis negara-negara tersebut dengan keadaan sosial budayanya
Singapura | |
---|---|
Kondisi Geografis | Kondisi Sosial Budaya |
|
|
Analisis hubungan kondisi geografis dan sosial budaya : Negara Singapura termasuk sempit sehingga untuk tempat tinggal Singapura menggalakkan rumah susun. Pemerintah dan rakyat Singapura paham kebersihan sangat penting. Pemerintah membuat aturan yang ketat mengenai kebersihan. Rakyat Singapura berdisiplin menjalankan peraturan kebersihan. Singapura mendapat predikat negara terbersih di dunia, serta banyak wisatawan yang berkunjung ke Singapura. |
Setiap negara memiliki keunikan sosial budaya. Begitu juga dengan kondisi lingkungan alamnya. Meskipun memiliki lingkungan alam yang berbeda-beda, setiap negara pasti memiliki kepedulian yang sama terhadap kelestarian lingkungan hidupnya. Perhatikan infografis yang disajikan di bawah ini!
Bersama dengan temanmu, lakukan analisis terhadap infografis yang disajikan dan identifikasi informasi-informasi yang kamu dapatkan dari infografis tersebut. Sajikan kembali informasi-informasi yang kamu temukan dalam bentuk peta pikiran.
Peta Pikiran Manfaat Konservasi Alam
Manfaat Konservasi Alam
- Melindungi kekayaan dan menjaga ekosistem alam
- Melindungi spesies flora dan fauna
- Menjaga kualitas lingkungan
- Mencegah kerusakan dan pencemaran lingkungan yang mengakibatkan bencana
- Menghadirkan kehidupan yang lebih baik bagi masa depan
- Untuk menyelaraskan kehidupan manusia dengan lingkungan
- Pemanfaaatan lingkungan yang baik dan bijaksana
Ayo Mengamati
Menjaga kelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab bersama. Setiap warga negara bertanggung jawab melakukan upaya-upaya untuk melestarikan lingkungan hidup. Apakah kamu tahu makna tanggung jawab?
Tangung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Setiap manusia memiliki tanggung jawab masing-masing sesuai dengan posisi dan kedudukan yang dimilikinya. Misalnya dalam sebuah keluarga, setiap anggota keluarga memiliki tanggung jawab yang berbeda sesuai dengan posisinya.
Gambarlah pohon keluargamu. Identifikasilah tanggung jawab setiap anggota keluargamu. Bandingkan hasil identifikasi tanggung jawab di keluargamu dengan tanggung jawab di keluarga temanmu.
Gunakan format pohon keluarga di bawah ini untuk membantumu!
Tanggung jawab Ayah dalam keluarga :
- Menjadi pemimpin yang bijak dalam menaati aturan yang berlaku
- Memberikan nafkah lahir dan batin terhadap keluarganya
- Menjadi pelindung keluarga
- Menjadi teladan yang baik bagi anggota keluarga
- Menjadi guru yang cakap bagi anggota keluarga
- Menjadi teman diskusi bagi anggota keluarga
- Menjadi penghibur keluarga
- Menjadi delegasi untuk kerabat dan lingkungan
Tanggung jawab Ibu dalam keluarga :
- Menjadi pembina keluarga yang mampu membuat harmonis anggota keluarga
- Mematuhi aturan yang ditetapkan suami selama tidak melanggar norma.
- Mengelola hasil nafkah untuk keluarganya
- Menjadi teladan bagi anggota keluarga
- Menjadi teman diskusi anggota keluarga
- Menjadi penghibur keluarga
- Mengurus dan merawat anggota keluarga
- Memberikan perlindungan dan kasih sayang yang tulus pada anak-anaknya.
Tanggung jawab anak (kakak dan adik) dalam keluarga :
- Menaati segala anjuran dan perintah yang diberikan kedua orang tua
- Membantu ayah dan ibu sesuai kemampuan
- Menyenangkan hati orang tua
- Menghormati ayah, ibu dan anggota keluarga lainnya
- Menjaga suasana kondusif dan nyaman dalam lingkungan keluarga
- Mengutamakan belajar daripada bermain
- Beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Menjadi anak yang baik dan disiplin
Upaya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup merupakan tangung jawab setiap warga masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut. Upaya ini dapat dimulai dari hal yang sederhana, yaitu membuang sampah pada tempatnya.
Di bawah ini disajikan infografis tentang sampah di Jakarta. Bersama temanmu cermatilah infografis tersebut. Analisislah informasi yang kamu dapatkan dari infografis tersebut.
Produksi sampah warga Jakarta tiap hari sekitar 6.270 ton atau setara dengan berat badan 25 ekor paus biru besar. Sampah Jakarta mampu menimbun tanah seluas empat kali lapangan sepak bola.Komposisi jenis sampah Jakarta adalah 54% sampah organik, 15% sampah kertas, 14% sampah plastik dan 17% sampah campuran dari kaca, logam dan sebagainya. Dari semua sampah tersebut, hanya 79% yang dapat terangkut ke TPST Bantar Gebang, sisanya tidak terangkut atau sudah didaur ulang.Sampah berdampak pada kesehatan, misalnya sisa pembakaran sampah dapat menhhasilkan 75 zat racun yang laon, serta hewan yang biasa mengelilingi sampah dapat menjadi media penyakit. Sampah juga berdapak pada lingkungan, misalnya cairan yang dihasilkan sampah dapat mencemari tanah dan air. Selain itu satu ton sampah juga menghasilkan gas metan yang dapat meningkatkan suhu bumi. Sampah juga dapat membahayakan lingkungan, karena sampah bisa menimbulkan bahaya ledakan yang, seperti kejadian ledakan sampah pada tanggal 21 Februari 2005 yang menelan korban jiwa.Dari segi estetika, sampah juga menimbulkan masalah tersendiri. Masalah pelik sampah ini karena masyarakat masih tidak tahu bagaimana mengelola sampah. Sebanyak 55% masyarakat tidak tahu cara mengelola sampah. Sebanyak 74% sampah hanya dibuang/ditumpuk, 2% sampah dibakar, dan hanya 19% masyarakat yang mengerti cara penanganan sampah.Tanggapan masyarakat masih rendah terhadap cara penanganan sampah, sebanyak 98% menganggap sampah itu kotor dan bau, dan baru sebanyak 2% masyarakat yang sudah kreatif dengan melakukan daur ulang sampah. Sebanyak 65% masyarakat rela membayar lebih retribusi sampah asal sampah dikelola secara baik. Namun ada harapan agar masalah sampah ini bisa teratasi, karena 7,6 dari skala 10 masyarakat untuk turut bertanggung jawab terhadap permasalahan sampah.Bentuk tanggung jawab sebagai anggota masyarakat adalah dengan mengurangi sampah di sumbernya, yaitu dengan menghabiskan makanan, menghindari barang dengan umur pakai pendek, memilih produk kemasan besar, serta melakukan daur ulang. Jika sampah masih ada/ masih berproduksi di sumbernya, maka metode pemilahan sampah dapat membantu mengurangi dampak sampah.Sampah yang mudah busuk dikomposkan untuk dijadikan pupuk, dan sampah sulit busuk bisa didaur ulang dengan cara dijual/disumbangkan. Mari bersama-sama kita wujudkan Indonesia bebas sampah 2020.
Identifikasi tanggung jawab kita sebagai anggota masyarakat dalam menjaga lingkungan kita dari sampah.
- Mengurangi, menggunakan kembali, daur ulang, dan menggantikan sampah.
- Mengurangi sampah dengan mengurangi pemakaian plastik
- Membuang sampah pada tempatnya
- Melakukan daur ulang terhadap sampah
- Melakukan pemilahan sampah saat kita menghasilkan sampah
- Menjaga lingkungan dari polusi/limbah.
- Bergotong royong membersihkan sampah dilingkungan sekitar
- Menimbun sampah yang tidak bisa didaur ulang
- Mengkampanyekan gerakan bersih sampah.
- Mengajak masyarakat untuk membangun bank sampah
Ayo Renungkan
Renungkan kembali pengalaman-pengalaman pembelajaran yang pernah kamu lalui. Untuk memastikan bahwa kamu mendapatkan hak untuk memperolah pendidikan, tentunya orang tuamu telah melakukan upaya yang besar. Apa yang akan kamu lakukan kepada orang tuamu untuk membalas jasa mereka?
Buatlah sebuah kartu atau tulisan untuk mengungkapkan rasa syukur dan rasa terima kasihmu kepada orang tuamu.
PEMBELAJARAN 4
Sangat menarik, ya, belajar tentang negara-negara tetangga Indonesia. Belajar tentang kondisi alam dan kondisi sosial budaya negaranegara tetangga dapat membuka wawasan kita. Ayo, kita pelajari kondisi sosial budaya negara. Vietnam dan Thailand.
Vietnam
Keadaan Sosial Budaya
Orang Vietnam merupakan kelompok terbesar di negara Vietnam. Mereka disebut Viet atau Kinh. Mereka tinggal di tepi pantai. Orang Hoa (etnis Tionghoa) tinggal di dataran rendah. Pakaian tradisional wanita Vietnam disebut Ao Dai. Ao Dai dahulu dipakai oleh wanita dan pria. Sekarang kebanyakan dipakai oleh wanita.
Thailand
Keadaan Sosial Budaya
Thailand dikenal sebagai Negeri Gajah Putih. Penduduknya adalah etnis Thai dan Lao. Sebagian besar penduduk Thailand memeluk agama Buddha Theravada. Ada juga pemeluk agama Islam, Kristen, dan Hindu. Bahasa Thailand merupakan bahasa nasionalnya. Bahasa inggris diajarkan di sekolah. Olahraga tinju tradisional Thailand disebut Muay Thai. Thailand merupakan daerah tujuan wisata. Banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung. Mereka ingin mengunjungi objek wisata pantainya, misalnya Pantai Pattaya.
Bacalah kembali informasi tentang kadaan geografis negara Vietnam dan Thailand. Bersama dengan temanmu lakukan analisis sederhana tentang hubungan keadaan geografis negara-negara tersebut dengan keadaan sosial budayanya.
Vietnam | |
---|---|
Kondisi Geografis | Kondisi Sosial Budaya |
|
|
Analisis hubungan kondisi geografis dan sosial budaya : Wilayah Vietnam terdiri atas bukit-bukit, gunung-gunung berhutan. Vietnam bagian selatan berupa dataran rendah yang subur. Gunung-gunung yang ada di Vietnam antara lain Gunung Ngoch Linh dan Gunung Chu Yang Sin. Sednagkan sungai utamanya adalah Sungai Mekong dan Sungai Sangka. Banyak penduduk Vietnam yang berprofesi sebagai petani karena memiliki tanah yang subur.. Kebudayaan Vietnam antara lain pakaian tradisional yang bernama Ao Dai. |
Thailand | |
---|---|
Kondisi Geografis | Kondisi Sosial Budaya |
|
|
Analisis hubungan kondisi geografis dan sosial budaya : Wilayah geografis Thailand dapat dibedakan menjadi empat wilayah. Dataran rendah berada di bagian tengah. Daerah ini dialiri Sungai Chao Phraya dan merupakan daerah subur. Daerah pegunungan berada di bagian utara dan barat. Pegunungan kapur berada di bagian timur yang disebut Pegunungan Plato. Tanah Genting Kra yang memanjang Semenanjung Thailand berada di bagian selatan..Kegiatan ekonomi penduduk yang utama adalah sektor pertanian, karena tanahnya yang subur. Daerah pantai di Pattaya merupakan salah satu tempat obyek wisata terkenal dari Thailand. |
Ayo Membaca
Bacalah Bacaan dibawah ini!
Garis bawahi kata kunci dan informasi penting yang kamu temukan dari bacaan!
Pembangunan Sektor Pertanian di Asia Tenggara
Pertanian merupakan sektor yang sangat strategis untuk menumbuhkan perekonomian negara, khususnya bagi negara-negara berkembang di kawasan Asia Tenggara. Tiga negara, yaitu Thailand, Vietnam, dan Kamboja, menjadi contoh dalam penelitian ini untuk melihat pembangunan sektor pertanian. Bagi ketiga negara tersebut, sektor pertanian adalah ‘kunci’ perekonomian mereka dari waktu ke waktu. Sektor pertanian mempunyai arti yang sangat penting bagi masyarakat dan sangat berarti untuk menopang perekonomian negara di Asia Tenggara. Raja Bhumibol Adulyadej dari Thailand mengibaratkan “agriculture is the human life” (RRI & DOA, 2004: 30), yang dapat diartikan bahwa kehidupan masyarakat sangat bergantung pada sektor pertanian.
Selain sebagai penyumbang perkembangan perekonomian, keuntungan lain yang didapatkan dari sektor pertanian adalah penyerapan tenaga kerja yang tinggi, khususnya tenaga kerja di pedesaan. Di Thailand, misalnya, dari tahun 2001 sampai dengan 2006, sektor pertanian menyerap 38% sampai dengan 39% dari seluruh total tenaga kerja (Encyclopedia of the Nations, 2001; Library of Congress, 2007). Sektor ini pun telah berjasa dalam menyerap tenaga kerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) ketika krisis ekonomi regional melanda Thailand pada tahun 1997-1998. Sementara itu, Kamboja Data World Bank (2005) menyebutkan bahwa sekitar 75%-85% penduduk bekerja pada sektor pertanian.
Sektor pertanian, terutama pertanian padi, merupakan sumber pendapatan utama bagi mayoritas petani di Thailand, Vietnam, maupun Kamboja. Ketiga negara ini mempunyai kelebihan sumber daya alam, antara lain terdapatnya kawasan subur untuk budidaya tanaman padi, seperti di Delta Sungai Mekong. Sebagai penghasil beras yang utama, kawasan Delta Mekong ini seringkali disebut sebagai “rice bowl”. Produksi pertanian di negara negara yang termasuk dalam kawasan DAS Mekong menjadi andalan utama untuk mencukupi kebutuhan penduduknya, dan juga untuk ekspor. Saat ini, Thailand adalah produsen beras pertama terbesar di dunia, yang diikuti oleh Vietnam.
Walaupun Thailand, Vietnam, dan Kamboja dikenal sebagai negara-negara pengekspor beras, tetapi fluktuasi produksi beras tetap saja mereka alami. Di Vietnam dan Kamboja sebagai contoh, produksi beras sempat menurun ke level terendah ketika kedua negara ini masing-masing mengalami perang saudara. Perang telah membuat rusaknya lahan pertanian dan infrastruktur penunjang, seperti saluran irigasi. Setelah perang berakhir, produksi beras perlahan pulih dan bangkit.
Ayo Berlatih
Dari bacaan di atas, kesimpulan apa yang kamu dapatkan? Tuliskan secara ringkas kesimpulan yang kamu dapatkan dari bacaan. Sebelumnya, identifikasi terlebih dahulu informasi penting yang kamu dapatkan dari bacaan.
Nama : Dayu
Tanggal : 15 April 2020
Pembangunan Sektor Pertanian di Asia Tengara
Gagasan Utama : Pertanian sektor strategis perekonomian negara
Kata Kunci
Pertanian.
Strategis
Perekonomian negara
Tiga Gagasan Pendukung
- Keuntungan lain sektor pertanian adalah penyerapan tenaga kerja yang tinggi
- Sektor pertanian tanaman padi merupakan sumber pendapatan utama petani di Thailand, Vietnam, maupun Kamboja
- Fluktuasi produksi beras tetap saja mereka alami
Ringkasan Bacaan
Pertanian merupakan sektor yang sangat strategis untuk menumbuhkan perekonomian negara, khususnya bagi negara-negara berkembang di kawasan Asia Tenggara. Selain sebagai penyumbang perkembangan perekonomian. Keuntungan lain yang didapatkan dari sektor pertanian adalah penyerapan tenaga kerja yang tinggi, khususnya tenaga kerja di pedesaan. Sektor pertanian,terutama pertanian padi, merupakan sumber pendapatan utama bagimayoritas petani di Thailand, Vietnam, maupun Kamboja. Walaupun Thailand, Vietnam, dan Kamboja dikenal sebagai negara-negara pengekspor beras, tetapi fluktuasi produksi beras tetap saja mereka alami..
Bekerjalah bersama dengan temanmu. Masing-masing membuat lima pertanyaan dari bacaan "Pembangunan Sektor Pertanian di Asia Tenggara." Tukarkan pertanyaan yang kamu buat dengan pertanyaan yang temanmu buat. Jawablah pertanyaan tersebut, kemudian periksalah jawabannya. Gunakan bacaan sebagai acuan untuk memeriksa jawaban.
Ayo Mengamati
Kita telah mempelajari keadaan alam dan sosial budaya beberapa negara di Asia Tenggara. Setiap negara memiliki keunikan masing-masing, namun ada satu persamaan yang dimiliki oleh negara-negara tersebut yaitu kebutuhan rakyatnya untuk mendapatkan kehidupan yang layak.
Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan bahwa warga negara Indonesia berhak untuk mendapatkan penghidupan yang layak. Setiap warga negara berhak untuk hidup secara layak di Indonesia dan mengusahakan suatu usaha untuk mencapai tujuan tersebut.
Pernyataan tersebut tercantum dalam Pasal 27 Ayat 2.
KESIMPULAN
Pesan apa yang kamu dapatkan dari bunyi pasal di atas?
Ayat tersebut memuat pengakuan dan jaminan bagi semua orang untuk mendapatkan pekerjaan dan mencapai tingkat kehidupan yang layak bagi kemanusiaan.
Apakah menurutmu dalam pasal tersebut juga disinggung tentang tanggung jawab warga negara dalam mengusahakan kehidupan yang layak?
Dalam pasal tersebut disinggung tanggung jawab warga negara yaitu mengusahakan suatu usaha untuk mencapai tujuan tersebut
Kalimat yang manakah yang menyatakan hal tersebut?
Setiap warga negara berhak untuk hidup secara layak di Indonesia dan mengusahakan suatu usaha untuk mencapai tujuan tersebut
Amatilah lingkungan sekitarmu.
Identifikasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh warga negara sebagai perwujudan tanggung jawabnya untuk mendapatkan kehidupan yang layak!
Kegiatan-kegiatan warga negara sebagai perwujudan tanggung jawabnya untuk mendapatkan kehidupan yang layak antara lain :
- Bekerja dengan sungguh-sungguh sesuai bidang pekerjaannya
- Mengikuti diklat (pendidikan dan latihan) kerja untuk meningkatkan kemampuan profesinya
- Melamar kerja sesuai dengan latar belakang ilmu, pengalaman, dan keahlian.
- Menempuh jalur pendidikan dari SD sampai perguruan tinggi.
Apa yang akan terjadi apabila warga negara tersebut tidak melakukan tanggung jawabnya?
Jika warga negara tidak melakukan tanggung jawabnya maka ia tidak akan memperoleh penghidupan yang layak. Setiap warga negara harus mengusahakan suatu usaha untuk mencapai penghidupan yang layak.
Ayo Renungkan
Menurutmu, apakah hal-hal yang kamu lakukan dan pelajari hari ini akan memberikan manfaat bagimu? Jelaskan dan berikan contohnya!
No comments:
Post a Comment