Hari/Tanggal : Kamis, 18 Januari 2024
Tema : 6 (Menuju Masyarakat Sejahtera)
Subtema : 2 (Membangun Masyarakat Sejahtera)
Pembelajaran : 3 dan 4
Subtema : 2 (Membangun Masyarakat Sejahtera)
Pembelajaran : 3 dan 4
PEMBELAJARAN 3
Siti, Dayu, dan teman-teman lainnya menjadi generasi penerus bangsa yang pandai, cerdas, dan mempunyai jiwa yang baik. Mereka selalu mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di sekolah dengan semangat. Jika saat berkegiatan ada sesuatu yang kurang jelas, Siti dan teman-teman selalu berani bertanya kepada guru. Ibu Guru pun selalu menjelaskan dengan senang hati saat ada pertanyaan dari Siti dan teman-teman.
Siti dan teman-temannya telah mendapatkan hak sebagai warga negara Indonesia yaitu hak memperoleh pendidikan dan pengajaran. Siti dan temantemannya menjadi generasi yang pandai dan cerdas. Itulah salah satu manfaat pemenuhan hak warga negara. Masih banyak manfaat pemenuhan hak warga negara Indonesia lainnya. Apa sajakah itu?
Ayo Membaca
Manfaat Pemenuhan Hak sebagai Warga Negara Indonesia
Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban hendaknya dilakukan secara seimbang. Artinya dalam melaksanakan hak tidak lupa juga melaksanakan kewajiban sebagai warga negara. Bahkan kewajiban hendaknya dilakukan terlebih dahulu daripada hak. Banyak manfaat yang dapat dirasakan warga negara Indonesia atas terpenuhinya hak yang dimiliki.
Salah satu contoh manfaat yang diperoleh dari pemenuhan hak atas pendidikan dan pengajaran yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan salah satu tujuan nasional bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea empat.
Manfaat lain bisa dipahami berdasarkan pemenuhan hak warga negara. Contohnya manfaat atas pemenuhan hak mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Pemenuhan hak ini sangat bermanfaat bagi peningkatan perekonomian warga negara Indonesia dan mengurangi jumlah pengangguran.
Adapun pemenuhan hak atas perlindungan hukum jelas akan bermanfaat bagi terwujudnya keamanan, keadilan, dan keteraturan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dengan demikian, akan tercipta kehidupan yang harmonis antarwarga negara Indonesia dan antara warga negara dengan pemerintah.
Untuk pemenuhan hak atas perolehan fasilitas pelayanan kesehatan sangat bermanfaat dalam menciptakan kesejahteraan umum. Masyarakat yang sehat dapat menjalankan segala kegiatan untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehingga tercipta keasejahteraan umum. Menciptakan kesejahteraan umum ini juga merupakan salah satu tujuan nasional Indonesia.
Di depan telah disajikan bacaan nonfiksi yang terdiri atas lima paragraf. Bacalah kembali dengan cermat teks nonfiksi di atas. Selanjutnya, kerjakan perintah berikut!
- Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf.
- Tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf.
- Tuliskan gagasan utama dari teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama setiap paragraf.
- Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel seperti contoh berikut
Paragraf | Kalimat Utama | Gagasan Utama Setiap Paragraf | Gagasan Utama Teks Nonfiksi |
---|---|---|---|
1 | Semua warga negaramemiliki hak. | Hak warga negara Indonesia dilaksanakan secara seimbang. | Manfaat pemenuhan hak |
2 | Salah satu contoh manfaat pemenuhan hak atas perolehan pendidikan dan pengajaran. | Manfaat pemenuhan hak atas perolehan pendidikan dan pengajaran | |
3 | Manfaat pemenuhan hak atas perlindungan hukum | Manfaat lain pemenuhan hak warga negara | |
4 | Manfaat pemenuhan hak atas pemerolehan fasilitas pelayanan kesehatan | Manfaat pemenuhan hak warga negara. |
Masih banyak manfaat atas terpenuhinya hak-hak warga negara Indonesia. Kamu bisa mengidentifikasinya melalui berbagai bentuk pemenuhan hakhak warga negara Indonesia. Pada dasarnya, pemenuhan hak-hak warga negara Indonesia berkaitan erat dengan upaya pemerintah dalam mencapai tujuan nasional. Oleh karena itu, lakukan hak-hakmu sebagai warga negara secara seimbang.
Dengan demikian, kamu telah ikut serta mewujudkan tujuan nasional. Pemenuhan hak-hak warga negara Indonesia sebagai upaya pencapaian tujuan nasional juga menjadi cara ampuh untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Mengapa demikian?
Ayo Membaca
Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Setiap warga negara Indonesia memiliki hak yang sama tanpa kecuali. Persamaan hak antarwarga negara ini dijunjung tinggi untuk menghindari berbagai kecemburuan sosial yang dapat memicu berbagai permasalahan di kemudian hari. Dengan dilaksanakannya hak-hak warga negara Indonesia secara seimbang diharapkan tidak terjadi perpecahan antarwarga negara Indonesia sehingga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap terjaga.
Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan upaya mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia. Banyak cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia. Contohnya melestarikan budaya daerah sebagai akar budaya nasional berkompetisi dalam meraih prestasi, menggunakan produk buatan dalam negeri, menghormati antarsesama, serta menaati peraturan yang berlaku.
Mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia tidak harus kamu lakukan dengan angkat senjata. Mempertahankan kemerdekaan dapat dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Tindakan yang dapat dilakukan yaitu dengan membiasakan tindakan-tindakan positif yang dapat mencegah terjadinya perpecahan antaranggota keluarga, antarteman, dan antarwarga masyarakat. Selain itu, tindakan berupa menghargai perbedaan yang ada dan jangan jadikan perbedaan sebagai alasan terjadi perpecahan.
Menjaga kemerdekaan Indonesia harga mati dan tidak bisa ditawar. Semua warga negara Indonesia berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara Indonesia. “Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh” merupakan slogan yang tepat untuk kita bersatu padu menjaga keutuhan dan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Ayo Berdiskusi
Buatlah kelompok di kelas yang terdiri atas tiga sampai lima orang. Bacalah dengan cermat bacaan di atas, kemudian diskusikan dengan teman satu kelompokmu cara-cara untuk mempertahankan kemerdekaan. Tuliskan cara lain yang dapat kamu lakukan selain yang ada dalam bacaan.
Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempertahankan kemerdekaan.
- Belajar dengan giat, tekun dan rajin.
- Menggunakan produk buatan dalam negeri
- Melestarikan budaya asli Indonesia
- Menaati peraturan dan tata tertib di sekolah sebagai seorang pelajar
Lakukan pengamatan terhadap perilaku warga masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu. Identifikasilah perilaku warga masyarakat yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Tuliskan hasil pengamatanmu dan presentasikan secara lisan di depan kelas.
Kita harus selalu mempunyai semangat yang tinggi seperti para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan. Sikap yang pantang menyerah juga harus kita tiru di dalam menggapai sesuatu sebagai salah satu talak ukur kemauan besar kita di masa kini. Untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia ada berbagai cara yang bisa kita lakukan dan tentunya bermanfaat bagi sesama yang bisa menumbuhkan semangat patriotisme.PembahasanBeberapa perilaku warga masyarakat yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu :
- Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dengan melaksanakan siskamling
- Mengamalkan nilai - nilai Pancasila dengan bergotong royong memperbaiki Masjid
- Menghargai sesama warga negara Indonesia yang berbeda asal daerah
- Menggunakan produk buatan dalam negeri dan mengurangi penggunaan barang impor.
- Mendukung pembangunan dengan taat membayar pajak.
- Mengikuti semua protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah
KesimpulanSikap yang baik akan menghasilkan karakter yang baik pula, maka dari itu kita harus selalu bersikap baik kepada siapapun untuk dapat mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan semangat yang tinggi tidak mungkin bangsa ini goyah dan direbut kembali oleh bangsa lain, yang ada malah Indonesia semakin kuat dan bersatu dalam keadaan apapun dan bagaimanapun.
PEMBELAJARAN 4
Udin mempunyai kakak sepupu laki-laki yang bernama Arif. Mereka sering bermain bersama. Wajah Udin dan Arif mirip bak pinang dibelah dua. Hanya ada beberapa perbedaan di antara mereka. Dari segi umur, Udin tiga tahun lebih muda daripada Arif. Kumis Udin belum tumbuh, sedangkan kumis Arif mulai tumbuh tipis. Suara Arif lebih besar daripada suara Udin. Jakun Arif juga sudah tampak besar. Itulah perbedaan udin yang masih anakanak dan Arif yang sudah masuk masa pubertas. Nah, apa perbedaan masa anak-anak dengan masa puber?
Kolom diisi oleh anak laki-laki (hanya sebagai Contoh)
Arif dan Udin terkesima menonton sebuah tarian di televisi. Mereka tertarik dengan gerakan penari. Penari Klana topeng memakai topeng. Meskipun wajah ditutupi topeng penari tetap lincah bergerak.
Arif main ke rumah Udin. Mereka berbincang tentang banyak hal. Mulai dari pelajaran di sekolah sampai acara televisi yang sedang mereka tonton. Mereka tampak seperti kakak adik yang hidup rukun. Melihat ciri fisik Udin dan Arif tampak perbedaan antara masa anak-anak (kanak-kanak) dan masa pubertas.
Ayo Berlatih
Sudahkah Kamu Masuk Masa Pubertas?
Masa pubertas dapat dibedakan dengan masa kanak-kanak atau anak-anak. Untuk mengetahui kamu saat ini sudah memasuki masa pubertas atau masih anak-anak, dapat kamu lakukan dengan menjawab secara jujur pertanyaanpertanyaan dalam tabel berikut. Isi tabel dengan tanda centang (√) pada kolom yang tersedia. Untuk kolom kesimpulan isi berdasarkan jawaban atas lima pertanyaan yang tersedia.
Jika jawaban lebih banyak pada kolom “Sudah” berarti kesimpulannya kamu sudah memasuki masa pubertas. Sebaliknya, jika jawaban lebih banyak pada kolom “Belum” berarti kamu masih anak-anak (kanak-kanak).
No. | Pertanyaan | Sudah | Belum | Kesimpulan |
---|---|---|---|---|
1 | Apakah sudah mulai tumbuh rambut tipis dibagian tubuhmu selain rambut di kepala? | - | √ | Saya sudah memasuki masa pubertas |
2 | Apakah jakun di leher kamu sudah tampak membesar? | √ | - | |
3 | Apakah kamu sudah mengalami perubahan suara yang menjadi lebih besar dari suara sebelumnya? | √ | - | |
4 | Apakah kulitmu sudah lebih kencang dan otot membesar? | - | √ | |
4 | Apakah kamu sudah merasa dadanya lebih bidang dari sebelumnya? | √ | - |
Kolom diisi oleh anak perempuan (hanya sebagai Contoh)
No. | Pertanyaan | Sudah | Belum | Kesimpulan |
---|---|---|---|---|
1 | Apakah sudah mulai tumbuh rambut tipis dibagian tubuhmu selain rambut di kepala? | - | √ | Saya masih kanak-kanak |
2 | Apakah kamu sudah mengalami perubahan suara yang menjadi lebih melengking dari suara sebelumnya? | √ | - | |
3 | Apakahpinggulmu sudah mulai melebar? | - | √ | |
4 | Apakah kulitmu sudah menjadi lebih halus? | - | √ |
Ayo Membaca
Tari Klana Topeng
Tari Klana Topeng merupakan bentuk karya tari tunggal. Tari ini berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Tari Klana Topeng pada umumnya ditarikan oleh penari putra. Tema yang menjadi sumber tarian ini mengambil dari cerita panji. Cerita itu tentang Raja Klana Sewandana yang sedang jatuh cinta.
Gerak-gerik tarinya menggambarkan Prabu Klana yang sedang menghias diri. Ada gerak mengatur rambut. Ada gerak menghias kumis. Ada gerak menata pakaian. Ada juga gerak sedang bercermin. Iringan yang mengiringi tarian yaitu seperangkat gamelan Jawa.
Penari saat mempertunjukkan Tari Klana Topeng menggunakan busana, di antaranya celana, kain, sabuk, selendang, penutup kepala, hiasan dada, hiasan tangan, dan hiasan kaki. Tari Klana Topeng ditarikan kurang lebih selama lima belas menit. Penari menggunakan topeng selama menarikan Tari Klana Topeng. Pemakaian topeng oleh penari secara terus menerus selama menarikan tarian ini sehingga membuat kagum para penonton. Penari tetap bersemangat dan lincah dalam bergerak meskipun memakai topeng.
Ayo Berlatih
Kamu telah membaca dengan cermat teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1. Informasi apakah yang kamu harapkan ketika kamu baru membaca judul teks nonfiksi (Tari Klana Topeng)?
Informasi tentang tari Klana Topeng.
2. Sesuaikah antara harapan informasi yang kamu peroleh ketika baru membaca judul teks nonfiksi dengan informasi yang kamu peroleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng?
Sesuai, judul menunjukkan isi bacaan
3. Informasi apakah yang kamu peroleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng?
Informasi yang diperoleh setelah membaca teks non fiksi berjudul Tari Klana Topeng adalah mengetahui asal Tari Klana Topeng, unsur-unsur tari topeng, dan busana serta properti tari Klana Topeng
Ayo Mengamati
Apakah kamu pernah memperagakan karya tari bentuk tunggal? Karya tari apa yang pernah kamu peragakan? Amatilah gerak tari kreasi bentuk tunggal berikut.
- Melangkah maju, kepala menengok mengikuti langkah kaki. Lakukan gerakan 8 x 2 hitungan
- Mengangkat kaki kanan diangkat, lalu ditapakkan. Kemudian, kaki kanan ditapakkan ke samping, lalu jinjit di belakang kaki kiri. Lakukan gerakan 4 x 8 hitungan.
Ayo Berlatih
Berlatihlah memperagakan gerak-gerak tari kreasi bentuk tunggal di atas. Sebelum bergerak siapkan properti tari berupa tongkat. Setelah melakukan latihan memperagakan gerak tari tersebut, ungkapkan pendapatmu mengenai gerakan. Apakah gerak tari di atas sulit diperagakan? Tuliskan dalam kolom berikut.
Ayo Mengamati
Buatlah kelompok terdiri atas 5 anak. Lakukan pengamatan terhadap sebuah tarian kreasi daerah bersama teman satu kelompokmu. Cermati tahapan penampilan karya tari kreasi daerah tersebut. Tuliskan unsur-unsur tari dari tarian yang kamu amati.
Hasil Pengamatan | ||
---|---|---|
Nama Tarian | : | Gambir Anom |
Asal daerah Tarian | : | Jawa Tengah |
Unsur Karya tari yang diamati | : | Raga, irama, tata rias, properti |
Tanggapan terhadap karya tari | : | Tarian ini menceritakan tentang tokoh Irawan yang sedang jatuh cinta. Tarian ini memamerkan gerakan yang gemulai juga sedikit gerakan pantonim. Properti tari yang digunakan berupa sampur. |
Hasil Pengamatan | ||
Nama Tarian | : | Tari Jaipong |
Asal daerah Tarian | : | Jawa Barat |
Unsur Karya tari yang diamati | : | Raga, irama, tata rias, properti |
Tanggapan terhadap karya tari | : | Tari jaipong juga melambangkan kebebasan dan pemberontakan melalui gerakan-gerakan tangan, kepala, tubuh, dan kaki secara leluasa. Bisa kita perhatikan dalam gerakan pencak silat yang dikreasikan ke dalam jaipong. Properti yang digunakan berupa sampur yang diletakkan di leher para penari |
Hasil Pengamatan | ||
Nama Tarian | : | Tari Bondan |
Asal daerah Tarian | : | Surakarta, Jawa Tengah |
Unsur Karya tari yang diamati | : | Raga, irama, properti |
Tanggapan terhadap karya tari | : | Tarian ini menggambarkan kasih sayang seorang ibu pada anaknya. Para penari menari di atas kendi sambil memutar-mutar kendi yang diinjak serta memainkan payung yang dibawanya. Properti yang digunakan adalah payung kertas, kendil dan boneka bayi yang di gendong penari |
Hasil Pengamatan | ||
Nama Tarian | : | Tari Dewi Anjasmara |
Asal daerah Tarian | : | Jawa Barat |
Unsur Karya tari yang diamati | : | Raga, irama, pola lantai |
Tanggapan terhadap karya tari | : | Tari Dewi Anjasmara ini menggambarkan Anjasmara putri yang mulia dari saga Jawa, tentang Damarwulan dan lawannya Minak Jinggo. Gerakan dalam tarian menggambarkan saat Putri Anjasmara berdandan sebelum bertemu dengan Damarwulan. Gerakangerakannya terdiri atas gerakan memakai bedak, menyisir rambut, merapikan alis mata, menggunakan anting, dan bercermin. Properti yang digunakan penari adalah sampur. |
Hasil Pengamatan | ||
Nama Tarian | : | Tari Trunajaya |
Asal daerah Tarian | : | Bali |
Unsur Karya tari yang diamati | : | Raga, irama, pola lantai, tata rias |
Tanggapan terhadap karya tari | : | Tari Teruna Jaya adalah suatu tarian yang berasal dari daerah Bali Utara Kabupaten Buleleng, yang menceritakan seorang pemuda yang menginjak dewasa dengan tampilan ekspresi kuat, emosional tinggi, serta ulahnya yang energik dalam memikat hati seorang wanita. Properti yang digunakan adalah “kepet” atau sekarang di sebut dengan kipas. |
No comments:
Post a Comment