Wednesday 28 August 2019

TEMA 2 SUB 2 PB 5 29 AGUSTUS 2019


Pembelajaran  5

Organ pernapasan manusia terdiri atas hidung, tenggorokan, dan paruparu. Setiap organ tersebut dapat mengalami gangguan akibat kuman penyakit yang berasal dari lingkungan atau kebiasaan hidup tak sehat. Berikut beberapa contoh gangguan pada sistem pernapasan manusia.

1. Emfisema 
Emfisema, merupakan penyakit pada paru-paru. Paru-paru mengalami pembengkakan karena pembuluh darah pada paru-paru kemasukan udara.

2. Asma
Asma merupakan kelainan penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan oleh alergi debu, bulu, atau perubahan cuaca. Kelainan ini dapat diturunkan dan dapat kambuh jika suhu lingkungan cukup rendah atau keadaan dingin.


3.Kankerparu-paru.
Penyakit ini merupakan salah satu penyakit paling berbahaya. Sel-sel kanker pada paru-paru terus tumbuh tidak terkendali. Penyakit ini lama-kelamaan dapat menyerang seluruh tubuh. Salah satu pemicu kanker paru-paru adalah kebiasaan mer0kok.

4.Tuberkulosis(TBC).
TBC merupakan penyakit paru-paru yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Bakteri tersebut menimbulkan bintil-bintil pada dinding alveolus.

5.Bronkitis.
Penyakit ini merupakan gangguan pada cabang batang tenggorokan akibat infeksi. Gejalanya adalah penderita mengalami demam dan menghasilkan lendir yang menyumbat batang tenggorokan. Akibatnya penderita mengalami sesak napas.

6.Influenza(flu).
Influenza atau lebih populer dengan flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Penyakit ini timbul dengan gejala bersin-bersin, demam, dan pilek.

Soal

Buatlah daftar pertanyaan dan jawaban berdasarkan bacaan “Penyakit pada Sistem Pernapasan” di atas. Tuliskan dalam tabel seperti contoh berikut.

Kata Tanya
Pertanyaan
Jawaban
Apa
Apa penyebab penyakit
emfisema?
Penyakit emfisema disebabkan karena karenapembuluh darah pada paru-paru
kemasukan
udara.
Apa penyebab
penyakit asma?
Penyakit asma dapat disebabkan oleh
alergi debu,
bulu, atau perubahan cuaca.
Siapa
Siapa yang berisiko
besar terkena penyakit
kanker paru-paru?
Yang berisiko besar terkena penyakit
kanker paru-paru yaitu seseorang yang
memiliki kebiasaan mer0kok.





No comments:

Post a Comment

MATERI AJAR JUMAT 3 MEI 2024

  Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat, 3 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran ; IPS Assalamu'alaikum warohmatu...