Tuesday 28 March 2023

MATERI AJAR, SELASA 28 MARET 2023

Hari/Tanggal     : Selasa, / 28  Maret 2023

Tema    8           : Daerah Tempat Tinggalku 

Subtema 3   : Bangga terhadap Daerah Tempat Tinggalku

Pembelajaran    : 4 

Alokasi Waktu : 1 x pertemuan

Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran 

KD B. Indonesia. 3.10  Membandingkan watak setiap tokoh pada teks fiksi. 
KD PKN 3.3 Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari. 

Tujuan Pembelajaran : 

1. Dengan kegiatan bermain peran sesuai cerita fiksi, siswa dapat menentukan sifat tokoh dalam cerita fiksi secara visual.

2. Dengan kegiatan membaca teks keberagaman karakteristik individu, siswa dapat mengetahui manfaat keberagaman karakteristik individu di dalam masyarakat.

Baik anak solehah, pada hari sebelumnya kita telah mempelajari Pembelajaran 3, yaitu tenytang tokoh dalam sebuah cerita fiksi yang dibedakan menjadi dua yaitu tokoh utama dan tokoh tambahan, kemudian hari ini kita akan membahas materi di subtema 3 tentang Bangga terhadap Daerah Tempat tinggalku, pembelajaran 4 yang akan membahas mengenai materi tokoh dan peran tokoh dalam cerita fiksi, 

Mari Kita simak Video Pembelajaran 4 hari ini :)




Ringkasan Materi 


BAHASA INDONESIA 
Ayo Bermain Peran 

Sebagai contoh, kamu memeragakan Patih Gadjah Mada dan dua orang temanmu sebagai prajuritnya. Patih Gadjah Mada mengajak dua prajurit untuk melawan musuh. Dialog saat bermain peran sebagai berikut.Patih Gadjah Mada :  “Prajurit, lawan musuh kita dengan semangat! Mari Kita serang bersama-sama. Serbuuuu!” (Patih Gadjah Mada berdiri tegap di depan kedua prajurit, tangan kanan menuding ke arah musuh) Dua Prajurit : “Semangat, Patih! Serbuuuu!” (Kedua prajurit, mengangkat tombak)

Gambar di atas menunjukkan cerita " Cindelaras "? berikut ini adalah cerita " Cindelaras" berikut ini video " Cindelaras"


Dari cerita diatas, kita bisa mengetahui siapa yang menjadi tokoh utama dan tokoh tambahan (pembantu). Masih ingatkah kamu dengan pengertian tokoh utama dan tokoh tambahan ?


PKN 
Karakter atau sifat dalam sebuah cerita bermacam- macam. dalam kehidupan sehari -hari pun, karakter manusia juga beragam.  meskipun demikian, manusia harus saling menghormati dan menghargai satu sama lain. selain itu sebagai manusia, kita harus saling membantu. Dalam kehidupan bermasyarakat kita juga menjumpai karakteristik pakaian adat setiap daerah yang berbeda -beda. Namun, perbedaan karakteristik pakaian adat daerah masyarakat Indonesia bukan penghalang masyarakat antardaerah untuk bersatu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Soal
1. Apa yang dimaksud tokoh pembantu? 
2. Apa yang harus kita lakukan dalam menghadapi karakteristik yang beragam? 
3. Apakah perbedaan karakteristik menjadi penghalang persatuan? 

Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran hari ini. Dan besok kita akan bertemu lagi pada tema 8 subtema 3 pembelajaran 5.
Terima kasih

Wassalam mualaikum warahmatullahi wabarakatuh 

No comments:

Post a Comment

MATERI AJAR JUMAT 3 MEI 2024

  Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat, 3 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran ; IPS Assalamu'alaikum warohmatu...