Friday 3 March 2023

MATERI AJAR, JUMAT 3 MARET 2023

 Hari/Tanggal   : Jumat / 3 Maret 2023

Tema 8            : Daerah tempat Tinggal ku

Subtema 2      : Keunikan daerah tempat tinggalku

Pembelajaran : 3 


Tujuan Pembelajaran :

KD 3.3 PPkn (Menuliskan karaktersitik dalam cerita fiksi)

1.Dengan kegiatan mengamati gambar anak-anak yang sedang berdiskusi, siswa dapat mengemukakan pendapatnya tentang keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari


KD 3.3 IPS (Mengidentifikasi kegiatan ekonomi)

2. Dengan kegiatan mengamati gambar kegiatan ekonomi, siswa dapat mengidentifikasi kegiatan ekonomi, meliputi produsen, distributor, dan konsumen. 


KD 3.9 Bahasa Indonesia menemukan jawaban soal tentang tok pada teks)

3.Dengan kegiatan menemukan jawaban soal, siswa dapat menuliskan tokoh-tokoh pada teks cerita fiksi.


Pembelajaran 3

simak video pembelajaran berikut ini



IPS

Ingatkah kalian kegiatan ekonomi? Kegiatan ekonomi terdiri atas produksi, distribusi, dan konsumsi. gambar diatas adalah tentang kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi. perhatikanlah!

Bahasa Indonesia
Buku merupakan sumber ilmu. Sebagai pelajar tentu kamu sangat membutuhkan buku untuk membuka cakrawala. Berbicara mengenai pelajar, tahukah kamu kota yang mendapat julukan Kota Pelajar? Kota dengan Kota Yogyakarta memiliki banyak keunikan. 

Pada Pembelajaran 2 kamu sudah mengetahui keunikan Yogyakarta di antaranya dilihat dari tempat wisata, transportasi, dan adat istiadat berupa upacara adat. Tidak hanya itu, kota Yogyakarta juga memiliki keunikan di bidang pendidikan. Banyak sekolah dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi di Kota Yogyakarta. Oleh karena itu, banyak orang dari daerah lain bahkan dari mancanegara datang ke Yogyakarta untuk belajar.

Salah satu sungai di Yogyakarta yang memiliki cerita legenda adalah Sungai Gajah Wong. Penduduk Yogyakarta sering menyebut sungai dengan kali. Kali Gajah Wong adalah sebuah kali yang terletak di tengah-tengah kota Kecamatan Kotagede. Panjang kali ini tidak lebih dari 20 kilometer.  selebih nya dapat kalian baca dalam buku tematik kalian pada halaman 91.

TUGAS HARI INI

Tanyakan kepada orang tuamu keunikan daerah tempat tinggalmu. Tanyakan mengenai industri yang ada, pekerjaan orang-orang di lingkungan tempat tinggalmu, kesenian yang ada, adat istiadat, makanan khas, dan bahasa.

Tuliskan hasilnya dalam bentuk tulisan di buku latihan tematik dan dikumpulkan hari Senin. Terima kasih

No comments:

Post a Comment

MATERI AJAR JUMAT 3 MEI 2024

  Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat, 3 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran ; IPS Assalamu'alaikum warohmatu...