Subtema 3 : Bangga terhadap Daerah Tempat Tinggalku
Pembelajaran : 1
Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran 1 :
KD 3.4 IPA (Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar )
1. Dengan kegiatan mengamati berbagai contoh hubungan antara gaya dan gerak, siswa dapat menjelaskan hubungan antara gaya dan gerak.
KD 3.9. Bahasa Indonesia (Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi.)
2. Dengan kegiatan menemukan jawaban berdasarkan cerita fiksi, siswa dapat mengidentifikasi tokoh-tokoh dan sifat tokoh dalam cerita fiksi.
Mari Kita simak pembelajaran hari ini.
Ringkasan Materi
Pembelajaran 1
IPA
Gaya adalah tarikan atau dorongan. Gaya dapat mengubah bentuk benda dan mempengaruhi geraknya. Berikut ini adalah contoh gaya dalam kehidupan sehari-hari yang dapat ananda sholeh dan sholehah perhatikan gambar dengan seksama (dibuku tematik halaman 124 -125 )
1. Gaya dapat mempengaruhi benda diam menjadi bergerak. Contohnya, membuka dan menutup pintu
2. Gaya mempengaruhi benda bergerak menjadi diam. Contohnya, bus melaju kemudian berhenti.
3. Gaya mempengaruhi perubahan bentuk benda. Contohnya, membentuk berbagai bentuk dari plastisin.
4. gaya mempengaruhi perubahan arah gerak benda. Contohnya, melambungkan bola ke atas, lalu memukul bola ke depan.
Bahasa Indonesia
Cerita fiksi adalah cerita yang dibuat oleh pengarangberdasarkan hasil imajinasi, pemikiran, tafsiran dan penilaian pengarang. contoh cerita fiksi adalah legenda, drama, cerpen , novel, mite fabel, sage dan ceita jenaka. Contoh ceita fiksi ananda sholeh dan sholehah dapat membacanya di buku tematik halaman 127 tentang " Angsa dan Telur Emas " . Dari cerita tersebut kita dapat mengambil hikmah atau pembelajaran. Kita sebagai manusia pandai bersyukur terhadap apa yang sudah kita miliki. Jangan serakah hanya karena ingin cepat kaya. S
Materi Matematika
Memberikan Kisi-Kisi PTS Matematika dengan memberikan latihan soal di papan tulis.
No comments:
Post a Comment