Monday 10 January 2022

MATERI AJAR, SENIN 10 JANUARI 2021

 

Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 6

Kelas : IVC

Tema : Cita-Citaku

Subtema : Aku dan Cita-Citaku

Pembelajaran : 6

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPS

Hari / Tanggal : Senin / 10 Januari 2022


Assalamualaikum..

Selamaaaatt pagii...

Apa kabar semuaanya hari inii?

Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin..

Semangaaaatt pagi yaa, untuk mengawali awal pekan daring minggu kedua kita.

Jangan lupa sarapan yang bergizi, shalat dhuha dan Murojaah.

Selamat belajar...


Saatnya untukmu melakukan sesuatu untuk meraih cita-citamu. Setelah kamu memiliki cita-cita dan mimpi, kamu pasti tahu apa yang harus kamu lakukan. Jika kamu tidak melakukan apa-apa, mimpi itu tidak akan pernah terwujud.

Kamu telah banyak belajar tentang puisi dan menjelaskan maknanya. Pilihlah salah satu puisi yang ada pada kegiatan pembelajaran sebelumnya. Kamu juga dapat mengambil puisi dari majalah atau koran anak.


Ayo Mengamati!

Perhatikan contoh berikut ini.

1. Amatilah dengan cermat isi puisi pilihanmu dan pilihan temanmu ketika dibacakan di grup kelas.
2. Tuliskan isi puisi temanmu pada tabel yang kamu buat.
3. Siapkan tabel pengamatan seperti contoh berikut.

NoNamaJudul PuisiIsi Puisi
1BudiNegaraku Indonesia
Karya: Ni Putu Eka Mira Dewi
Menggambarkan seorang anak yang bangga dengan negaranya dan mencoba bersikap nasionalisme terhadap sega yang mengusik bangsanya.
2WulanGuruku Pahlawanku
Karya: Cindy Agustin
Berisi ungkapan rasa terimakasih dari seorang murid kepada gurunya yang telah banyak memberikan ilmu.
3PutraBuku
Karya: Erni Ristiatyanti
Isi puisi ini tentang manfaat buku.
4SalmaPesan dari Guru
Karya: Dian Hartati
Berisi tentang syarat makna yang begitu mendalam pesan seorang guru kepada muridnya.

Isi puisi menunjukkan makna puisi yang terkandung di dalamnya. Puisi merupakan karya sastra yang diungkapkan dengan bahasa yang indah. Kita dapat menuangkan curahan hati dan pikiran kita dalam sebuah puisi.

Sebuah lagu juga memiliki makna yang terkandung di dalamnya. Makna lagu tercermin dari isi syair lagunya. Makna lagu menentukan juga tempo yang digunakan untuk menyanyikan lagu tersebut.


Ayo Berdiskusi

  1. Bacalah syair lagu-lagu berikut!
  2. Diskusikan tempo lagu yang sesuai dengan syair lagu tersebut bersama anggota keluargamu!
  3. Diskusikan tempo lagu yang cocok dengan isi lagu tersebut. 
  4. Buatlah daftar isi lagu dan tempo yang sesuai dengan isi syair lagu tersebut.(hanya contoh)

No.NamaSyair LaguIsi LaguTempo Lagu
1.UdinIndonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap dipuja-puja bangsa
Indonesia merupakan negara yang kuat dan akan terus jaya untuk selamanya.Moderato (sedang)
2.EdoWaktu kukecil hidupku amatlah senang Senang dipangku-dipangku dipeluknya Serta dicium- cium dimanjakan
Namanya kesayangan
Mengungkapkan rasa senang ketika kecil dahulu karena selalu disayang dan dimanja oleh ayah dan ibu.Moderato (sedang agak cepat)
3.DayuUdara cerah berlangit biru Ingin aku bersenang-senang bersamamu Bernyanyi-nyanyi dan menari Di alam bebas dan segar seperti iniKegembiraan hati seorang anak dapat berkumpul, bernyanyi, dan menari di alam bebas bersama dengan teman-temannyaAllegro (cepat)
4.LaniIbu guru kami pandai bernyanyi Pandai bercerita asyik sekali Kami dibimbingnya dengan tulus hati Jadi orang berguna di kemudian hariIbu guru yang pandai bernyanyi dan bercerita serta membimbing kami agar menjadi orang berguna di kemudian hariAdagio (lambat)
5.SitiAyo kawan kita bersama Menanam jagung di kebun kita Ambil cangkulmu ambil pangkurmu Kita bekerja tak jemu-jemuBersama-sama menananm jagung dengan peralatan seperti cangkul dan pangkurAllegreto (agak cepat dan riang)


Tempo lagu yang sesuai menentukan keindahan lagu tesebut. Selain itu, keindahan lagu juga ditentukan oleh ketepatan kita menyanyikan lagu sesuai dengan nadanya. Keindahan lagu ditentukan juga oleh ketepatan menyanyikan lagu sesuai tinggi rendahnya nada.

Ayo Berlatih
Carilah contoh lagu anak yang kamu sukai. Tuliskan syair lagu beserta notasinya. Kemudian, tandailah notasi yang memiliki nada tinggi dengan lingkaran biru. Tandailah notasi nada rendah dengan lingkaran hijau.
Not ANgka Aku Ingin Jadi Penerbang

Aku Ingin Menjadi Penerbang (AT Mahmud)

Aku ingin menjadi penerbang
Langit biru tempat bermain
Melayang-melayang
Terbang setinggi mungkin

Tangkas berani laksana elang
Jauh terbangku di ruang angkasa
Melayang-melayang
Antara bintang-bintang

Ayo Renungkan 

1. Tuliskan apa saja yang telah kamu pelajari dari kegiatan hari ini. 
Hari ini saya telah belajar tentang sikap:ketelitian dan tanggung jawab. Pengetahuan trntang makna puisi, tanda tempo dan tinggi rendahnya nada dalam lagu. Keterampilan menjelaskan dan mengungkapkan makna yang terkandung dalam puisi.dan menilai tanda tempo tinggi rendahnya nada
2. Apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut? 
Saya ingin mempelajari lebih lanjut tentang tinggi rendahnya nada dalam sebuah lagu.
3. Bagaimana perasaanmu selama belajar materi hari ini ?
Saya merasa saat senang



TUGAS

Membaca dan memahami materi di atas. 

Foto dan kirimkan kolase kegiatan hari ini pada guru kelasmu.

No comments:

Post a Comment

MATERI AJAR JUMAT 3 MEI 2024

  Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat, 3 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran ; IPS Assalamu'alaikum warohmatu...