Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 5
Kelas : IV C
Tema : Cita-Citaku
Subtema : Aku dan Cita-Citaku
Pembelajaran : 5
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, SBDP
Hari / Tanggal : Jumat / 07 Januari 2022
Assalamu'alaikum...
Selamaaatt pagiii....
Jumat berkah...
Jangan lupa perbanyak ibadah dan sedekah.
Lanjut senam pagi, sarapan terus dhuha dan murojaah ya!!
Selamat belajar..!!
Kegiatan yang kita sukai dapat menentukan jenis kegiatan dan pekerjaan yang kita cita-citakan. Cita-cita dapat diraih dengan berusaha dan berlatih. Pada kegiatan pembelajaran kali ini kita akan menjelaskan makna yang terkandung dalam puisi dan mengungkapkan makna yang terkandung dalam puisi secara lisan maupun tulisan. Bacalah kembali puisi tentang cita-cita pada pembelajaran yang telah lalu berikut ini.
Tema : Cita-Citaku
Subtema : Aku dan Cita-Citaku
Pembelajaran : 5
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, SBDP
Hari / Tanggal : Jumat / 07 Januari 2022
Assalamu'alaikum...
Selamaaatt pagiii....
Jumat berkah...
Jangan lupa perbanyak ibadah dan sedekah.
Lanjut senam pagi, sarapan terus dhuha dan murojaah ya!!
Selamat belajar..!!
Kegiatan yang kita sukai dapat menentukan jenis kegiatan dan pekerjaan yang kita cita-citakan. Cita-cita dapat diraih dengan berusaha dan berlatih. Pada kegiatan pembelajaran kali ini kita akan menjelaskan makna yang terkandung dalam puisi dan mengungkapkan makna yang terkandung dalam puisi secara lisan maupun tulisan. Bacalah kembali puisi tentang cita-cita pada pembelajaran yang telah lalu berikut ini.
Ayo Membaca
Cita-Citaku
Karya: Angelica
Suara indah alat musik
Alunannya tenang mendayu
Seakan selalu berbisik
Aku selalu ada untukmu
Aku suka alat musik itu
Karena itu aku ingin menjadi pemainnya
Inilah cita-citaku
Menjadi pemain biola
Langkah-langkah kujalani
Semua cobaan kulewati
Untuk mendapatkan apa yang kuinginkan
Semua akan kuperjuangkan
1. Apa isi dari bait kesatu puisi tersebut?
2. Apa isi dari bait kedua puisi tersebut?
3. Apa isi dari bait ketiga puisi tersebut?
4. Apa cita-cita yang disebutkan dalam puisi tersebut?
5. Berilah judul lain yang sesuai dengan puisi tersebut!
Puisi
"Cita-Citaku" menunjukkan bahwa cita-cita sebagai pemain musik biola
dapat diraih apabila rajin berlatih. Kita tidak boleh mudah menyerah
jika mengalami kesulitan.
Adakah
di antara kamu yang mempunyai cita-cita sebagai pemain musik? Seorang
pemain musik pasti tahu tentang notasi lagu, tempo, dan tinggi rendah
nada.
Ayo Bernyanyi
Nyanyikan lagu di bawah ini dengan tempo yang sesuai!
Aku Ingin Jadi Penerbang
Lagu dan Syair ciptaan: AT Mahmud
Aku ingin menjadi penerbang
Langit biru tempat bermain
Melayang-melayang
Terbang setinggi mungkin
Tangkas berani laksana elang
Jauh terbangku di ruang angkasa
Melayang-melayang
Antara bintang-bintang
Berikut ini video lagu Aku Ingin Jadi Penerbang Karya AT Mahmud
1. Apa judul lagu itu?
2. Tempo apakah yang digunakan untuk menyanyikan lagu tersebut?
3. Nyanyikan bait lagu yang pertama!
Tandailah kata-kata yang memiliki nada tinggi!
4. Nyanyikan bait lagu yang kedua!
Tandailah kata-kata yang memiliki nada rendah!
Ayo Berlatih
Bacalah syair lagu "Aku Ingin Jadi Penerbang"!
Tuliskan isi syair lagu pada bait pertama!
Tuliskan isi syair lagu pada bait kedua!
Menurutmu, kegiatan apa yang harus dilakukan agar cita-cita menjadi penerbang dapat tercapai?
Ayo Mencoba
Kita
akan membuat puisi berdasarkan isi puisi yang sudah kita tentukan.
Sebelumnya, cobalah baca bait puisi berikut dan tentukan isinya!
Isi bait puisi di atas adalah
Menari Kupu-Kupu
Karya: Aisy Asma Nadia
Gadis kecil berselendang warna-warni
Dengan bibir yang mungil menari-nari
Parasmu nan ayu
Jemari lentikmu mendayu
Ikuti irama kupu-kupu
Yang menari-nari indah
Di tepian panggung, tepuk tangan pun terdengar meriah
Isi bait puisi tersebut adalah
Kamu
harus menguasai semua keterampilan yang diajarkan di sekolah. Semua
keterampilan itu dapat membantumu meraih cita-citamu! Kegemaranmu
mengerjakan sesuatu tentu juga dapat membantumu meraih cita-citamu, jika
cita-citamu sesuai dengan kegemaran atau hobimu.
Amatilah gambar di bawah ini!
Dayu gemar menari. Ia bercita-cita menjadi pelukis.
Lani gemar menyanyi. Ia bercita-cita menjadi ahli komputer.
Siti gemar membaca. Ia bercita-cita menjadi ilmuwan.
Udin gemar melukis. Ia bercita-cita ingin menjadi guru.
Beni gemar berolahraga. Ia bercita-cita menjadi pemain bulutangkis.
Manfaat
apa saja yang didapatkan mereka dengan melakukan kegiatan tersebut?
Bagaimanakah kegiatan tersebut dapat membantu mereka meraih cita-cita
mereka?
- Kegiatan yang dilakukan dayu kurang tepat karena jika cita cita dayu ingin menjadi pelukis ia tidak perlu menari ia hanya harus berlatih melukis
- Kegiatan yang dilakukan lani kurang tepat karena jika cita cita lani ingin menjadi ahli komputer ia tidak perlu menyanyi ia hanya perlu berlatih menggunakan komputer
- Kegiatan yang dilakukan Siti gemar membaca dapat membantunya meraih cita citanya menjadi seorang ilmuwan karena dengan membaca buku, ia dapat mengetahui semua ilmu
- Kegiatan yang dilakukan Udin tepat karena jika Udin gemar melukis maka cita cita udin akan tercapai menjadi seorang guru melukis karena ia sangat gemar melukis
- Kegiatan yang dilakukan Beni tepat. Beni gemar bermain bulutangkis sehingga cita citanya menjadi pemain bulutangkis dapat tercapai.
Apa kesimpulanmu :
Tidak
semua kegiatan yang sesuai kegemaran akan menjadi mata pencaharianmu
kelak seperti yang kamu cita-citakan. Akan tetapi, kegemaran melakukan
kegiatan tertentu akan membantumu mencapai cita-citamu. Pada saat
melakukan kegiatan tertentu, kamu sedang melatih sebuah keterampilan dan
sikap yang baik. Keterampilan dan sikap yang baik itulah yang akan
membantumu mencapai cita-citamu.
Mari lakukan kegiatan berikut ini untuk mencari tahu.
- Buatlah data kegemaran 5 orang temanmu dan cita-citanya.
- Tanyakan lewat aplikasi WA.
- Laporkanlah data tersebut dalam bentuk tabel seperti berikut.
- Kemudian jawablah pertanyaan berikut ini!
- 1. Apakah kegemaran siswa tersebut dapat membantunya mencapai citacitanya?
- 2. Adakah kegemaran siswa yang tidak sesuai dengan cita-cita?
No. | Nama | Kegemaran | Cita-cita |
---|---|---|---|
1. | Edo | Bermain sepak bola | Pemain Sepak bola |
2. | Udin | Bermain catur | Dokter |
3. | Siti | Membaca buku | Ilmuwan |
4. | Dewi | Membaca puisi | Sastrawan |
5. | Dayu | Menari | Polisi wanita |
No comments:
Post a Comment