Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4
Materi Ajar Tematik
Kelas : IVC
Tema : Cita-citaku
Subtema : Aku dan Cita-Citaku
Pembelajaran : 4
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia
Hari / Tanggal : Kamis / 06 Januari 2022
Assalamu'alaikum....
Selamat Pagiiii...
Semangaaaatt pagii!!!
Jangan lupaa awali hari dengan sarapan, shalat dhuha dan murojaah ya..
Selamat belajaarr...
Perhatikan
gambar di atas! Apa yang dapat kamu ceritakan dari gambar tersebut? Ya,
kamu dapat memiliki lebih dari satu cita-cita. Cita-citamu pun tidak
harus berupa profesi tertentu. Cita-cita seseorang merupakan impian yang
ingin dicapai karena ia memiliki minat dan kesukaan. Minat dan
kesukaanmu terhadap bidang ter tentu membantumu meraih cita-cita.
Siti
ingin menjadi peneliti di bidang tumbuhan. Ia suka berkebun. Halaman
rumahnya ditumbuhi berbagai tanaman. Siti juga suka membaca buku tentang
tumbuhan. Bagaimana dengan kegiatanmu di rumah?
Ayo Berlatih
1. Apakah cita-cita atau impianmu?
Saya ingin menjadi Dokter.(hanya contoh)
2. Kegiatan apa saja yang kamu suka lakukan di rumah?
Kegiatan yang saya sukai di rumah adalah ikut membersihkan rumah dan membantu orang tua
3. Kegiatan apa sajakah yang kamu sukai di sekolah?
Kegiatan yang saya sukai di sekolah adalah belajar, membaca buku diperpustakaan dan bermain bersama teman-teman
4. Kegiatan apa yang menurutmu paling sulit dilakukan?
Kegiatan yang paling sulit dilakukan adalah belajar untuk disiplin dalam belajar
5. Jelaskan kegiatan apa saja yang dapat membantumu untuk meraih cita-cita!
Kegiatan
yang dapat membantu saya untuk merahi cita cita adalah mengikuti
kegiatan les, mengikuti kegiatan dokter kecil dan mengulang pelajaran
yang sudah di pelajari di sekolah
Ayo Membaca!
Kisah Sukses Mengatasi Kegagalan
Michael Jordan, Pemain Basket Dunia
Saat
duduk di bangku SMA, Michael pernah gagal masuk tim basket sekolahnya.
Ia dianggap tidak cukup tinggi untuk memenuhi persyaratan masuk tim
kebanggaannya. Dengan usaha yang sangat keras, ia terus berlatih dan
berlatih.
Pada
saat menjadi pemain basket kelas dunia pun, ia banyak mengalami
kegagalan. Ini pengakuannya: “Sepanjang karir saya, lebih dari 9.000
tembakan saya meleset. Saya pernah kalah dalam 300 pertandingan. Paling
tidak, 26 kali saya dipercaya untuk melakukan tembakan penentu
kemenangan, dan saya gagal. Saya telah berkali-kali mengalami kegagalan.
Tetapi karena kegagalan itulah saya berhasil.”
Thomas Alva Edison, Penemu Lampu Listrik
Semasa
sekolah ia pernah dikeluarkan dari sekolahnya karena dianggap tidak
dapat mengikuti pelajaran di sekolah. Thomas kecil bermasalah dengan
pendengarannya. Ia harus berusaha lebih keras dari temantemannya yang
lain dengan belajar sendiri di rumah dan membantu ibunya yang miskin.
Dengan
belajar sendiri di rumah, Thomas membaca banyak buku yang memacunya
melakukan berbagai macam percobaan di bidang sains. Beribu kali ia
gagal. Dua ribu kali ia mencoba kembali. Ia tak pernah menyerah.
Kegigihannya berbuah manis, sehingga kita dapat menikmati terangnya
lampu pijar ciptaannya. Dapatkah kamu bayangkan jika ia menyerah?
Thomas
menceritakan rahasia keberhasilannya. “Jika saya ditanya apakah yang
dapat membuat seseorang berhasil dalam hidupnya. Jawaban saya sama.
Orang itu harus terus menambah kegagalannya. Jika kamu takut gagal, kamu
tidak berani mencoba dan berusaha.” Sumber: www.life.com dengan
penyesuaian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1. Apakah mimpi Michael Jordan dan Thomas Alva Edison?
Michael Jordan ingin menjadi pemain basket kelas dunia dan Thomas Alva Edison Ingin mejadi penemu lampu listrik
2. Kegiatan apa saja yang senang dilakukan oleh keduanya?
Keduanya sama-sama berusaha keras, belajar, dan berlatih untuk meraih cita-citanya.
3. Tantangan apa saja yang dihadapi Michael Jordan dan Thomas Alva Edison untuk meraih mimpinya?
Tantangan
yang di hadapi Michael Jordan adalah saat duduk di bangku SMA pernah
gagal masuk tim basket sekolahnya karena dianggap tidak cukup tinggi
untuk memenuhi persyaratan masuk tim kebanggaannya. Sedangkan Thomas
kecil bermasalah dengan pendengarannya sehingga ia harus berusaha lebih
keras dari teman-temannya yang lain dengan belajar sendiri di rumah dan
membantu ibunya yang miskin.
4. Bagaimana cara mereka menghadapi kegagalannya?
Cara
mereka menghadapi kegagalan adalah dengan berkerja keras dan berusaha
untuk belajar, berlatih dan mencoba dan terus mencoba sehingga meraih
kesuksesan
Bagaimana denganmu?
1. Tantangan apa saja yang akan kamu hadapi untuk meraih impianmu?
Tantangan yang saya hadapi dalam meraih impian diantaranya adalah banyak sekali ilmu yang harus saya pelajari.
2. Bagaimana kamu akan menghadapi tantangan tersebut?
Saya akan bersabar dan terus mencoba sampai berhasil
Ayo Mengamati
Beni
yang berbadan kecil sangatlah gesit dan tangkas. Dayu yang gemulai,
pandai menari. Lihatlah Siti yang lincah, sungguh sigap gerakannya. Lani
yang senang berolahraga pun sangat bugar. Kenampakan luar mereka
sangatlah beragam. Namun semuanya memberikan manfaat! Perhatikan gambar
berikut!
Negara
Indonesia yang terletak di titik persilangan antara berbagai bangsa
menyebabkan beragamnya ras yang ada di Indonesia. Ras berkaitan dengan
ciri-ciri fisik atau ciri tubuh. Setiap suku di Indonesia mempunyai ciri
fisik yang berbeda. Masyarakat yang tinggal di Pulau Papua dan Pulau
Aru merupakan satu kelompok ras yang berbeda dengan kelompok lainnya.
Kelompok masyarakat Sakai dari Riau, suku Kubu dari Sumatra Selatan,
suku Tomuna dari Pulau Muna, masyarakat Enggano di Bengkulu dan
masyarakat Mentawai memiliki kemiripan satu dengan yang lain. Masyarakat
Batak, Toraja, dan Dayak ada dalam kelompok ras tersendiri. Demikian
juga dengan kelompok masyarakat Madura, Jawa, dan Bali memiliki ciri
fisik yang hampir serupa.
Ayo Berdiskusi
Bersama dengan teman sekelompokmu diskusikan beberapa pertanyaan berikut!
1. Bagaimana keragaman orang-orang yang ada di sekitarmu? Adakah ciri fisik berdasarkan suku asal yang membedakannya?
Keragaman
orang-orang yang ada di sekitar saya sangat beragam karena berasal dari
suku yang berbeda. Keragaman tersebut berupa warna kulit dan
perawakan..
2. Apakah manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang ada di Indonesia?
Manfaat
mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang ada di Indonesia
adalah kita lebih mengenal dan menghargai keragaman yang ada di
Indonesia
3. Apakah manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik masyarakat di sekitar kita?
Manfaat
mengetahui keragaman ras dan ciri fisik masyarakat di sekitar kita
adalah agar dapat bergaul dengan masyarakat di sekitar kita dengan baik
4. Jelaskan hasil diskusimu di depan kelas!
Keragaman
orang-orang yang ada di sekitar saya sangat beragam karena berasal dari
suku yang berbeda. Keragaman tersebut berupa warna kulit dan perawakan.
Dengan mengetahui keragaman yang ada maka kita mendapatkan beberapa
manfaat. Manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang
ada di Indonesia adalah kita lebih mengenal dan menghargai keragaman
yang ada di Indonesia. Manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik
masyarakat di sekitar kita adalah agar dapat bergaul dengan masyarakat
di sekitar kita dengan baik
Ayo Membaca
Perbedaan
ciri fisik antarras dan suku bangsa memperkaya keragaman masyarakat
Indonesia. Keragaman yang menguatkan satu dengan yang lain sebagai
bangsa Indonesia yang berbesar hati hidup rukun dalam perbedaan.
Keunikan tersebut disampaikan pada sebuah puisi. Baca dan simaklah puisi
berikut!.
Tanah Airku, Tanah yang Beragam
Karya: D. Karitas
Kamu menyebut dirimu orang Toraja
Dia menyebut dirinya orang Papua
Aku menyebut diriku orang Madura
Kami menyebut diri kami, orang Indonesia
Kamu bersyukur dilahirkan di tanah para raja
Dia berterima kasih bergelar Mutiara Hitam
Aku bangga disebut sebagai Punggawa
Kami bersujud dikenal sebagai Nusantara
Tanah airku, tanah titipan para dewa
Tanah airku, tanah pusaka
Tanah airku, tanah yang beragam
Segalanya ada untuk manusia Indonesia
Mari kita rawat ibu pertiwi ini
Mari kita sayangi jagad Nusantara ini
Mari kita pelihara pusaka ini
Demi kita, bangsa Indonesia
Bangsa
Indonesia terdiri dari berbagai macam suku seperti Toraja, Papua,
Madura, dan lain sebagainya. Walaupun berbeda-beda suku, tetapi tetap
sebagai bangsa Indonesia.
Makna puisi bait kedua
Masing-masing
suku harus bangga dengan identitas kesukuannya dan semua suku tersebut
pada akhirnya dikenal sebagai bangsa Indonesia.
Makna puisi bait ketiga
Negeri
Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya yang beragam. Keragaman
tersebut semata-mata untuk kesejahteraan bangsa Indonesia.
Makna puisi bait keempat
Seluruh warga negara Indonesia berkewajiban merawat, menjaga, dan memelihara negeri Indonesia.
Makna puisi secara keseluruhan
Bangsa
Indonesia terdiri dari berbagai macam suku seperti Toraja, Papua,
Madura, dan lain sebagainya. Walaupun berbeda-beda suku, tetapi tetap
sebagai bangsa Indonesia. Masing-masing suku harus bangga dengan
identitas kesukuannya dan semua suku tersebut pada akhirnya dikenal
sebagai bangsa Indonesia. Negeri Indonesia memiliki kekayaan alam dan
budaya yang beragam. Keragaman tersebut semata-mata untuk kesejahteraan
bangsa Indonesia. Seluruh warga negara Indonesia berkewajiban merawat,
menjaga, dan memelihara negeri Indonesia.
Keragaman
di Indonesia tidak melulu tentang budaya dan tradisinya. Adanya
keragaman alam juga mengakibatkan beragamnya sumber daya alam yang ada.
Salah satu sumber daya alam yang tidak terbarukan adalah sumber daya
berupa pertambangan. Bahan yang ditambang adalah berbagai jenis mineral
dan logam, seperti emas, timah, nikel, batu bara, dan bauksit
Ayo Mengamati
Perhatikan
di lingkungan tempat tinggalmu! Carilah informasi tentang sumber daya
alam yang tidak dapat diperbaharui di daerahmu! Kemudian, lakukan
- Carilah informasi mengenai sumber daya alam yang terdapat di daerahmu.
- Tuliskan sumber daya alam yang dapat diperbarui di daerahmu.
- Tuliskan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui di daerahmu.
- Dimanfaatkan untuk apakah sumber daya alam itu bagi penduduk di daerahmu?
- Buatlah laporan hasil diskusi kalian tersebut.
Laporan Hasil DiskusiSumber
daya alam dikelompokkan menjadi dua yaitu sumber daya alam yang dapat
diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Sumber
daya alam yang dapat diperbaharui/renewable yaitu sumber daya alam yang
dapat digunakan berulang-ulang kali dan dapat dilestarikan.Sumber daya
alam tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang tidak dapat
di daur ulang atau bersifat hanya dapat digunakan sekali saja atau tidak
dapat dilestarikan serta dapat punah. Beberapa contoh sumber daya alam
yang ada di sekitarku antara lain sebagai berikut.
No. | Jenis SDA | Contoh SDA | Pemanfaatan SDA |
---|
1. | Sumber daya alam yang dapat diperbaharui | Tumbuhan | Tumbuhan dimanfaatkan sebagai sumber makanan dan menjaga keseimbangan ekosistem |
Hewan | Hewan dimanfaatkan untuk bahan makanan dan diambil tenaganya |
Air | Air dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan irigasi |
Tanah | Tanah dimanfaatkan untuk tempat tinggal dan lahan pertanian. |
Sinar Matahari | Sinar matahari digunakan untuk sumber energi listrik dan proses pembuatan makanan tumbuhan |
2. | Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui | Minyak bumi | Minyak bumi digunakan sebagai bahan bakar kendaraan |
Batu bara | Batu bara digunakan sebagai bahan bakar pada pembangkit listrik tenaga uap. |
Gas alam | Meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar |
Aluminium | Aluminium digunakan untuk membuat alat rumah tangga dan bahan banunan |
Gypsum | Gypsum digunakan untuk bahan obat-obatan, produk kecantikan, hingga material bangunan |
Tugas tematik hari ini membaca dan memahami materi di atas. Kirimkan foto kegiatan hari ini pada guru kelasmu!
No comments:
Post a Comment