Materi Kelas 6
Hari/Tanggal : Rabu 15 November 2023
Tema : 5 (Wirausaha)
Subtema : 2 (Usaha disekitarku)
Pembelajaran : 6
Mata Pelajaran : PKN (3.3), Bahasa Indonesia (3.6)
Tujuan Pembelajaran :
1. siswa mampu mengidentifikasi berbagai contoh keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari secara rinci.
2. siswa mampu menyajikan berbagai contoh keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari secara terperinci.
3. siswa mampu mengidentifikasi komponen dan cara mengisi teks daftar riwayat hidup secara benar.
4. siswa mampu membuat teks daftar riwayat hidup secara benar.
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.
yo Mengamati
Cermati cerita tentang usaha Ibu Made Yuliani berikut ini.
Raga, Sukma, dan Semesta
Perjalanan Ibu Made Yuliani menggagas, membuat, dan memperjuangkan Bali Tangi sebagai produk lokal, didasari ketulusan dan keinginan luhurnya untuk mewujudkan masyarakat yang hidup sehat selaras dengan alam.
Dengan pengalamannya berpuluh tahun sebagai bidan, beliau menyadari betul pentingnya proses menyehatkan jiwa raga, sekaligus merawat lingkungan.
Sebagai putri Pulau Dewata, ia terbiasa hidup dalam keyakinan bahwa alam semesta amatlah kaya akan warisan untuk dikembangkan, dan bukan dihabiskan, demi manfaatnya bagi masyarakat luas.
Bahan dasar seluruh produk Bali Tangi diambil dari tanaman lokal yang sebagian besar dibudidayakan di tanah dewata oleh petani lokal. Proses penanaman, pengambilan bahan, panen, pengeringan sampai dengan selesainya rangkaian pembuatan produk, dilakukan dengan memerhatikan keterjagaan lingkungan.
Untuk pembuatan wewangian dari tumbuhan kering yang lazim disebut potpourri, bahan dasar yang digunakan adalah daun, bunga, dan buah yang sudah rontok atau terlihat mati. Proses pengeringan juga dilakukan dengan cara konvensional, tanpa menggunakan alat atau bahan kimia apapun. Tempat pengeringannya pun memanfaatkan lahan yang ada.
Begitu pula dengan produk lain seperti bedak dingin, lulur, sabun, dan boreh, dibuat dengan cara yang sengaja disederhanakan agar memungkinkan bagi siapapun untuk menirunya, sekalipun hanya untuk pemakaian rumah tangga.
Sungguh mengagumkan perjalanan sebuah industri yang saat ini sudah merambah ke tingkat internasional, namun masih tetap dapat mempertahankan idealisme luhurnya, “Bukan hanya kebugaran raga, tapi juga perawatan kesegaran sukma. Bukan hanya rempah, minyak, dan khasiatnya, tapi juga hasil bumi yang ditanam dengan ketulusan hati. Bukan pula hanya bertujuan untuk berpadu dengan alam, namun juga menyatu dengan semesta.”
Ayo Berdiskusi
Setelah membaca teks tentang Bali Tangi, buatlah 5 pertanyaan tentang wirausaha tersebut.
- Apa yang dimaksud dengan potpouri?
- Apa tujuan Made Yuliani membuat Potpouri?
- Apa saja bahan yang digunakan dalam pembuatan potpouri?
- Bagaimana proses pembuatan potpouri?
- Apa dampak pembuatan potpouri bagi masyarakat sekitar Bali?
Jawab pertanyaan berikut.
1. Apa jenis wirausaha yang dijalankan oleh Ibu Made Yuliani?
Jenis wirausaha yang dijalankan oleh Ibu Made Yuliani adalah Pembuatan produk Bali Tangi.
2. Sikap apa yang bisa kita pelajari dari Ibu Made Yuliani?
Beberapa sikap yang dapat kita pelajari dari Ibu Made Yuliani adalah mau melestarikan produk lokal, berusaha bermanfaat bagi masyarakat, dan bertanggung jawab terhadap keterjagaan lingkungan.
3. Apa manfaat dari usaha yang dijalankan oleh Ibu Made Yuliani?
Manfaat dari usaha yang dijalankan oleh Ibu Made Yuliani adalah menyehatkan masyarakat, memberdayakan petani lokal, dan kondisi lingkungan terjaga.
4. Apakah kamu menemukan sikap tanggung jawab yang ditunjukkan oleh Ibu Made Yuliani dalam menjalankan usahannya? Jelaskan.
Sikap tanggung jawab yang ditunjukkan oleh Ibu Made Yuliani adalah wirausaha Ibu Made Yuliani dilakukan dengan memerhatikan keterjagaan lingkungan mulai dari penanaman hingga menjadi produk. Hal ini menunjukkan bahwa Ibu Made Yuliani tidak hanya mementingkan usahanya tetapi tetap bertanggung jawab terhadap lingkungan.
Ayo Berdiskusi
Kamu telah menyelesaikan daftar riwayat hidupmu pada pertemuan sebelumnya. Tukarkan daftar riwayat hidupmu dengan salah seorang teman. Pelajari daftar riwayat hidup teman tersebut.
DAFTAR RIWAYAT HIDUP | ||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Data Pribadi | ||||||||||||||
Nama | : | |||||||||||||
Alamat | : | |||||||||||||
: | ||||||||||||||
Kode Pos | : | |||||||||||||
Nomor Telepon | : | |||||||||||||
Jenis Kelamin | : | |||||||||||||
Tempat/tanggal Kelahiran | : | |||||||||||||
Warga Negara | : | |||||||||||||
Agama | : | |||||||||||||
Bidang yang Diminati | ||||||||||||||
Saya berminat di bidang | : | |||||||||||||
Pendidikan | ||||||||||||||
| ||||||||||||||
Ekstrakurikuler dan Kursus | ||||||||||||||
Kecakapan | ||||||||||||||
Kesimpulan | ||||||||||||||
(Penjelasan singkat mengenai sikap dan keterampilan yang dimiliki) | ||||||||||||||
Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sebenarnya. | ||||||||||||||
( Udin ) |
Lakukan simulasi wawancara secara berpasangan berdasarkan daftar riwayat hidup yang dibuat oleh temanmu. Ajukan berbagai pertanyaan berdasarkan informasi yang terdapat pada daftar riwayat hidup temanmu. Lakukan kegiatan ini secara bergantian.
No comments:
Post a Comment