Tuesday 29 August 2023

MATERI AJAR, SELASA 29 AGUSTUS 2023

Materi Kelas 6

Hari/Tanggal   : Selasa, 29 Agustus 2023
Tema                : 2 (Persatuan Dalam Perbedaan)
Subtema           : 3 (Bersatu Kita Teguh) 
Pembelajaran   : 2
Mata Pelajaran : SBdP 3.2, PKN 3.2

Tujuan Pembelajaran


1. Mengetahui manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari dengan baik. 
2. Memahami pola lantai pada tari undang dengan tepat. 

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya... 
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa. 


MATERI PEMBELAJARAN

Pernahkah kamu mendengar pepatah “Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh?”. Pepatah "Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh" merupakan ajakan moral agar kita senantiasa membangun persatuan untuk mewujudkan kekuatan dalam menghadapi segala rintangan. Bahwa ikatan dalam sebuah persatuan adalah kekuatan dan dan berdiri sendiri/berpisah/bercerai-berai adalah sebenar-benarnya kelemahan. Apa makna pepatah tersebut bagi bangsa Indonesia? Ayo, kita diskusikan!

Ayo Berdiskusi
Amati gambar berikut!
Bersatu Kita Teguh

Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia karena negara kita terdiri atas berbagai suku, agama, dan ras.

Persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting, baik dalam rangka merebut, mempertahankan, maupun mengisi kemerdekaan.

‘Bersatu Kita Teguh’ mengandung makna menyatunya berbagai unsur dan perbedaan yang ada menjadi suatu kesatuan yang utuh dan serasi sehingga muncul suatu kekuatan.

Bangsa Indonesia telah membuktikan bahwa dengan persatuan dan kesatuan, kita mampu menghadapi penjajah dan akhirnya meraih kemerdekaan.

Jawab pertanyaan berikut!
1. Apa makna ‘Bersatu Kita Teguh’ seperti yang dikatakan Edo di atas?
Bersatu Kita Teguh bmakna menyatunya berbagai unsur dan perbedaan yang ada menjadi suatu kesatuan yang utuh dan serasi sehingga muncul suatu kekuatan.

2. Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia?

Persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia karena dengan persatuan dan kesatuan, kita mampu menghadapi penjajah dan akhirnya meraih kemerdekaan

3. Berikan tiga contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari!
Contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan diantaranya adalah (1) menghormati teman yang berbeda agama, daerah, suku, golongan maupun ras. (2) Saling bergotong royong misalnya mebersihkan lingkungan. dan (3)Tidak mengejek teman yang berbeda status ekonomi.

Diskusikan jawaban-jawabanmu dengan teman di kelompokmu! Tulislah suatu cerita tentang manfaat persatuan dan kesatuan berdasarkan pengalamanmu. Ceritamu harus memuat:
  1. Kejadian yang menimpamu
  2. Manfaat persatuan dan kesatuan
  3. Tempat kejadian dan waktu

Persatuan dan kesatuan sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh sikap yang menerapkan tentang persatuan dan kesatuan adalah saat membersihkan rumah bersama-sama. Pada hari minggu kemarin saya, ayah, ibu dan adik bergotong royong membersihkan lingkungan rumah.

Kegiatan berogotng-royong membersihkan rumah memberi beberapa manfaat seperti: lingkungan rumah menjadi bersih sehingga baik untuk kesehatan tubuh kita/ Selain itu lingkungan sekitar menjadi indah dan enak untuk dipandang. Dengan adanya gotong royong tersebut juga dapat mempererat hubungan dalam satu keluarga.

Sikap yang menerapkan persatuan dan kesatuan juga dapat diterapkan dilingkungan mana saja selain dirumah seperti disekolah,di jalan raya, di lingkungan masyarakat dan masih banyak lagi. Kita diwajibkan untuk menerapkan sikap dan sifat persatuan dan kesatuan dimana saja.

Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus tetap kita pertahankan. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila. Zaman boleh berganti, pemerintahan boleh berubah, namun persatuan dan kesatuan bangsa harus tetap terjaga utuh.

Ayo Berkreasi
Sebelumnya kamu dapat membaca informasi tentang Tari Indang.

Pola Lantai Tari Indang
Pola lantai tari indang adalah horizontal (lurus) Penari berbaris membentuk garis lurus ke samping. Tari indang berasal dari daerah Minangkabau, Sumatra Barat. Tari Indang berasal dari kata Indang atau disebut juga Badindin. Tari indang menyerupai tari Saman yang berasal dari Aceh.
Q

No comments:

Post a Comment

MATERI AJAR JUMAT 3 MEI 2024

  Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat, 3 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran ; IPS Assalamu'alaikum warohmatu...