Hari/Tanggal : Senin / 22 Mei 2023
Tema : 9 ( Kekayaan Negeriku)
Pembelajaran : Mereview tema 9
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :
KD PKN
KD Bahasa Indonesia
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
Tujuan Pembelajaran
2. Dengan mengamati, siswa dapat menemukan contoh perilaku yang merusak lingkungan alam dengan penuh kepedulian.
3. Dengan wawancara, siswa dapat mengetahui bentuk-bentuk usaha pelestarian lingkungan alam dengan penuh kepedulia!n
Dan sebelum kita memulai pelajaran. Sebaiknya ananda semua sudah melaksanakan solat dhuha dan tak lupa pula selalu murojaah surat surat pendek ya
Pada pertemuan hari ini bu guru akan menyampaikan review materi tema 9 ... yuk kita simak materi dibawah ini.
Yuk simak ringkasan materi dibawah ini....
A. Bahasa Indonesia
A.1. Wawancara
Wawancara: percakapan antara narasumber dan pewawancara untuk mendapatkan suatu informasi
Narasumber: orang yang memiliki pengetahuan atau penguasaan di bidang yang relevan dengan tema wawancara
Pewawancara: orang yang mewawancarai dan menggali informasi dari narasumber
Unsur Teks Wawancara: 5W + 1H
What (Apa): menanyakan kejadian
Who (Siapa): menanyakan pelaku (khusus untuk orang)
Where (Di mana): menanyakan tempat kejadian
When (Kapan): menanyakan waktu kejadian
Why (Mengapa): menanyakan alasan terjadinya sesuatu
How (Bagaimana): menanyakan proses terjadinya sesuatu
Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menulis Informasi Penting dari Wawancara:
1. Simak berbagai jawaban yang disampaikan narasumber
2. Buat kata kunci dari setiap kata yang disampaikan narasumber
3. Fokus pada topik yang dibahas
4. Tandai hal-hal penting terkait wawancara saat menuliskan kembali hasil wawancara
Langkah Pelaksanaan Wawancara:
1. Menentukan topik yang akan dibahas
2. Mencari dan menghubungi narasumber yang relevan dengan topik
3. Menyusun daftar pertanyaan berdasarkan unsur 5W + 1H
4. Melaksanakan tanya jawab wawancara sambil merekam dan/atau mencatat jawaban narasumber
5. Membuat laporan hasil wawancara, berisi informasi yang didapat dari wawancara yang dilakukan
Langkah Menarasikan Wawancara:
1. Baca teks wawancara dengan cermat
2. Catat pokok-pokok isi wawancara
3. Buat pengantar ke arah isi wawancara
4. Narasikan isi wawancara dengan mengembangkan pokok isi wawancara
5. Lengkapi narasi dengan bagian penutup
Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mempresentasikan Hasil Wawancara:
1. Sikap badan tegak dan percaya diri
2. Menguasai materi laporan hasil wawancara
3. Pelafalan kata tepat dan jelas
4. Pemenggalan kata dilakukan dengan tepat agar tidak mengubah makna
A.2. Teks Petunjuk
Teks Petunjuk Penggunaan Alat: teks yang memberi arahan untuk menggunakan alat tertentu dengan benar
Langkah Menyusun Teks Petunjuk Penggunaan Alat:
1. Tentukan alat apa yang akan diinformasikan petunjuk penggunaannya
2. Pahami semua hal yang berhubungan dengan penggunaan alat yang akan diinformasikan
3. Tulis petunjuk penggunaan secara berurutan dan sistematis
4. Lengkapi setiap tahapan dengan keterangan yang jelas, akan lebih baik jika disertakan gambar untuk memperjelas petunjuk
C. PPKN
Hak: Segala sesuatu yang harus diterima oleh siapa saja setelah melaksanakan kewajiban
Kewajiban: Sesuatu yang harus dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab
Hak Anak di Rumah:
- Mendapat kasih sayang dari orang tua
- Mendapat perlindungan
- Mendapat perhatian
Kewajiban Anak di Rumah:
- Menjaga kebersihan rumah
- Mematuhi nasihat orang tua
- Menghormati, menyayangi, dan menghargai anggota keluarga
- Mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah
Hak Anak di Sekolah:
- Mendapatkan pengajaran dan bimbingan dari guru tanpa ada perbedaan sesama siswa
- Bertanya apabila ada pelajaran yang sulit dipahami
- Mendapatkan nilai hasil belajar
Kewajiban Anak di Sekolah:
- Mengenakan seragam sekolah lengkap sesuai jadwal
- Mengerjakan tugas dari guru dengan jujur
- Menyerahkan SPP tepat waktu
No comments:
Post a Comment