Friday 12 May 2023

MATERI AJAR, JUMAT 12 MEI 2023

 Hari/Tanggal               : jumat , 12 Mei 2023

Tema                            : 9 ( Kekayaan Negeriku)

Subtema                     : 3  ( Pelestarian  Kekayaan  Sumber Daya Alam di Indonesia) 

Pembelajaran             : 3

Aokasi Waktu             : 1 x Pertemuan 


Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :

KD IPA

3.5  Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari  
.

KD Bahasa Indonesia 

3.3  Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.

Tujuan Pembelajaran

1.  Dengan membaca dan mengamati gambar, siswa mengidentifikasi sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif dengan penuh kepedulian.

3.  Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengetahui usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup dengan penuh kepedulian.

Pada pertemuan sebelum nya kita sudah membahas tentang pelestarian sumber daya alam. hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 9 subtema 3 yakni tentang Pelestarian Kekayaan sumber daya alam di Indonesia, yuk kita simak materi yang ada di pembelajaran 3 dibawah ini.

Yuk simak ringkasan materi dibawah ini..... 




Ringkasan Materi

IPA

Manusia memerlukan sumber energi lain atau energi alternatif untuk memenuhi kebutuhannya.  Sumber  energi  alternatif  berasal  dari  sumber  energi  yang  dapat diperbarui, contohnya sinar matahari, angin, air, panas bumi, gelombang laut, dan biomasa. Mari kita mencari tahu lebih lanjut. Sumber  energi  alternatif  merupakan  sumber  energi  yang  bukan  sumber  energi tradisional yaitu bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak, dan gas alam. Sumber energi alternatif yang dikembangkan saat ini memanfaatkan sumber energi yang tersedia di alam dan tidak akan habis yaitu matahari, angin, air, dan panas bumi.


Kompor Biogas Kotoran Sapi Makin Diminati

 


    Program pemerintah untuk menghemat energi direspons positif oleh warga masyarakat, salah satunya Latif Wilopo. Latif Wilopo adalah  merupakan warga Desa Ngreco, Kecamatan andat, kabupaten Kediri, Jawa Timur. Dia dan keluarganya memanfaatkan kotoran sapi untuk dibuat kompor biogas. Kini dia dan keluarganya tidak perlu lagi pusing-pusing membeli tabung gas elpiji. Oleh karena dia telah membuat instalasi kompor biogas hemat energi yang memanfaatkan kotoran sapi. 

SBdP
Menumbuhkan kesadaran untuk melestarikan sumber daya alam, salah satunya adalah sumber energi,  dapat dilakukan oleh diri sendiri dan mengajak orang-orang di sekitar kita. Media yang dapat digunakan untuk melakukan ajakan tersebut dapat berupa poster. Amati dan cermatilah poster berikut yang menunjukkan kepedulian terhadap sumber daya alam yakni air. Poster yang mengajak kita berhemat air sebagai salah satu upaya untuk melestarikan ketersediaan air bersih.


Soal 
1. Sebutkan  macam macam sumber energi alternatif? 

2. Apa tujuan dari poster? 

Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran hari ini. Besok kita akan bertemu lagi di tema 9 subtema 3 pelajaran 4.
Terimakasih

Wassalam mualaikum warahmatullahi wabarakatuh

No comments:

Post a Comment

MATERI AJAR JUMAT 3 MEI 2024

  Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat, 3 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran ; IPS Assalamu'alaikum warohmatu...