Wednesday 5 April 2023

MATERI AJAR, RABU 5 APRIL 2023

 Hari/Tanggal : Rabu /5 April 2023

Tema 9            : Kayanya Negeriku

Subtema 1      : Sumber Energi di Indonesia

Pembelajaran : 4

Alokasi Waktu : 1 x pertemuan

Tujuan Pembelajaran 4 :

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Dengan pengamatan, siswa dapat mengidentifikasi perilaku-perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian.

2.Dengan pengamatan dan observasi, siswa dapat menemukan contoh perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian.

3. Dengan wawancara, siswa dapat mengetahui akibat jika manusia tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan.

Baik anak soleh solehah kelas 4. Sebelumnya kita sudah mempelajari tentang tema 9 sub tema 1 pembelajaran 3 yaitu tentang wawancara.Pada pertemuan hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 9 subtema 1 pembelajaran 4. 

Pembelajaran 4



Hemat energi adalah mempergunakan energi yang ada dengan seperlunya saja. Energi yang kita gunakan tidak dapat diperbaharui. Contoh energi yang perlu kita hemat adalah listrik. Listrik adalah energi yang tidak dapat dilihat. Namun dapat dirasakan manfaatnya. 
Contoh pembangkit listrik antara lain. PLTA, PLTS dan PLTU. 

Oleh sebab itu kita harus menghemat listrik. 

Sumber energi yang ada di Indonesia yang menyangkut kepentingan orang banyak dikelola oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Hak dan kewajiban warga negara terhadap sumber energi adalah mendapatkan fasilitas sumber energi dan kewajibannya adalah menjaga energi tersebut

Tugas

1. Sebutkan 3 cara menghemat energi listrik? 

2. Sebutkan hak dan kewajiban kita dalam penggunaan sumber energi? 


Baiklah itulah tadi pembelajaran hari ini. Besok kita akan bertemu kembali pada pembelajaran tema9 subtema1 pembelajaran 5.

Terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

No comments:

Post a Comment

MATERI AJAR JUMAT 3 MEI 2024

  Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat, 3 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran ; IPS Assalamu'alaikum warohmatu...