Thursday 6 April 2023

MATERI AJAR, KAMIS 6 APRIL 2023

 Hari/Tanggal : Kamis / 06 April 2023

Tema 9            : Kayanya Negeriku

Subtema 1      : Sumber Energi di Indonesia

Pembelajaran : 5

Alokasi Waktu : 1 x pertemuan

Tujuan Pembelajaran 5 :

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Dengan membaca dan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi pengaruh kondisi geografis terhadap kegiatan manusia dengan penuh kepedulian.

2. Dengan bernyanyi, siswa dapat menyanyikan lagu dengan memperhatikan ketepatan nada dan tempo dengan penuh percaya diri. 

Baik anak soleh solehah kelas 4. Sebelumnya kita sudah mempelajari tentang tema 9 sub tema 1 pembelajaran 4 yaitu tentang hemat energi hemat biaya.Pada pertemuan hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 9 subtema 1 pembelajaran 5. 

Pembelajaran 5



Kegiatan ekonomi masyarakat tergantung pada sumber daya alam nya. 

1. Masyarakat daerah pantai

Pantai merupakan batas pertemuan antara daratan dengan lautan. Pantai menyuguhkan pemandangan yang indah. 
Kegiatan ekonomi yang utama masyarakat sekitar pantai adalah sebagai nelayan. Namun karena pemandangan pantai sangat indah maka berkembang menjadi pariwisata. 

2  masyarakat daerah laut

Potensi perikanan laut Indonesia sangatlah besar. Karena sebagian wilayah Indonesia adalah lautan. Kita bisa memanfaatkan berbagai hasil laut seperti ikan, mutiara, kerang, kepiting, udang, teripang dan rumput laut. 

3. Masyarakat daerah sungai

Sungai merupakan lingkungan alam yang sangat penting. Bagi sebagian orang sungai dipergunakan sebagai sumber air bagi kehidupan nya. Namun sebagian orang lagi menggunakan untuk pengairan pertanian mereka. Salah satu usaha ekonomi yang memanfaatkan sungai adalah pasar terapung. 


4. Masyarakat dataran tinggi

Dataran tinggi merupakan wilayah datar yang memiliki ketinggian lebih dari 400 meter diatas permukaan laut. Daerah dataran tinggi baik untuk menanam sayuran dan buah buahan. 


5. Masyarakat dataran rendah

Dataran rendah merupakan bagian dari daratan yang memiliki ketinggian 0-200 meter diatas permukaan laut. Dataran rendah juga dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Selain itu juga dimanfaatkan sebagai lahan  untuk industri, peternakan dan perumahan. 


Soal. 

1. Kegiatan ekonomi bergantung pada..... 

2. Apa sumber daya alam yang terdapat di laut? 

3. Apa yang dimaksud dengan dataran tinggi, dan potensi apa yang terdapat pada dataran tinggi? 


MATERI MATEMATIKA

PENGUKURAN SUDUT

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sudut adalah bangun yang dibuat oleh dua garis yang berpotongan di sekitar titik potongnya. 

Pengertian lainnya, sudut adalah daerah yang dibentuk oleh dua buah ruas garis yang titik pangkalnya sama. 

Busur derajat adalah sebuah penggaris berbentuk setengah lingkaran dengan ukuran sudut mulai dari nol derajat hingga 180 derajat. 

Di bagian tengah busur derajat terletak garis lurus yang menunjukkan pengukuran 90 derajat. Sudut 90 derajat disebut juga sebagai sudut siku-siku.

Ada tiga buah sudut yang kalian perlu ketahui yaitu sudut lancip, sudut tumpul, dan sudut siku-siku.

Sudut tumpul adalah sudut yang memiliki ukuran lebih dari 90 derajat dan berbentuk melebar. 

Sudut lancip adalah sudut yang memiliki ukuran lebih kecil dari 90 derajat. Seperti namanya, lancip, maka bentuk sudut ini juga meruncing.

Sudut siku-siku adalah sukur yang memiliki ukuran tepat 90 derajat. Biasanya sudut siku-siku memiliki garis yang khas yaitu tegak lurus.

Bila kalian melihat sebuah garis panjang dan lurus, garis tersebut memiliki sudut 180 derajat



Baiklah itulah tadi pembelajaran hari ini. Besok kita akan bertemu kembali pada pembelajaran tema9 subtema1 pembelajaran 6.

Terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

No comments:

Post a Comment

MATERI AJAR JUMAT 3 MEI 2024

  Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat, 3 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran ; IPS Assalamu'alaikum warohmatu...