Senin, 16 Maret 2020
LATIHAN SOAL TEMA 6
MATERI AJAR HARI SELASA, 17 MARET 2020
LATIHAN SOAL-SOAL TEMA 6
PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT)
LATIHAN SOAL-SOAL TEMA 6
PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT)
1.
Sebuah
dokumen yang dibuat oleh PBB yang secara resmi memberikan hak-hak kepada
anak-anak sedunia disebut...
2.
Sebutkan
4 golongan konvensi hak-hak anak !
3.
Sebutkan
2 hak seorang siswa !
4.
Sebutkan
2 kewajiban seorang siswa !
5.
Keadaan
untuk menerima akibat dari perbuatan, baik yang dilakukan sendiri maupun dengan
orang lain disebut.......
Benda yang
dapat menghasilkan energi panas
disebut sumber energi panas.
6.
Tulislah kata
kunci dari bacaan di atas dan buatlah kalimat dari kata kunci tersebut !
7.
Media cetak yang
berisi tentang informasi kepada masyarakat disebut.....
8.
Maju mundurnya
sebuah negara tergantung kepada...... warga negaranya
9.
Papan
iklan merupakan salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan .......
kepada masyarakat melalui media ......
10.
Sebutkan
macam-macam media yang digunakan untuk iklan !
IPA
11.
Apa yang dimaksud
dengan sumber energi panas ?
12.
Sebutkan 2 sumber
energi panas !
13.
Salah satu energi yang dapat diterima dan
dilepaskan oleh suatu benda disebut...
14.
Besaran yang
menyatakan derajat panas suatu benda disebut....
15.
Sebutkan 2 contoh
pemuaian dan penyusutan benda karena perubahan suhu !
IPS
16.
Bagaimana cara
nenek moyang kita dulu mendapatkan api ?
17.
Lingkungan alam
terdiri dari................dan...............
18.
Jenis tanah,
suhu, dan curah hujan di suatu tempat dapat memengaruhi jenis .... dan.....
19.
untuk
menanggulangi akibat kemarau panjang yang menyebab-kan menurunnya hasil
pertanian, manusia mencoba membuat...
20.
Jelaskanlah
interaksi yang terjadi antara manusia dengan lingkungan alamnya!
SBdP
21.
Apa yang dimaksud
dengan tangga nada ?
22.
Sebutkan 2 jenis tangga
nada !
23.
Lagu daerah dari
Jawa tengah yang menggunakan tangga nada Slendro adalah.....
24.
Alat musik dari
logam yang digunakan untuk mengiringi lagu-lagu pada tangga nada pentatonis
adalah..................
25.
Lagu Cing
Cangkeling berasal dari daerah................
Jumat, 13 Maret 2020
TEMA 8 SUB 2
MATERI AJAR HARI JUM'AT, 13 MARET 2020
Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
Muatan SBDP
makna pola lantai dalam seni tari
pola lantai dalam setiap seni tari berbeda-beda. pola lantai pada seni tari dapat mengandung makna tertentu atau dapat pula tidak memiliki makna. poalantai yang memiliki makna biasanya terdapat pada tarian klasik dari keraton surakarta dan yogyakarta. contohnya tari Bedhaya dari Yogyakarta. Sementara itu pola lantai yang tidak memiliki arti setiap pola lantainya yaitu tari jaran kepag dari Yogyakarta,
Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
Muatan SBDP
makna pola lantai dalam seni tari
pola lantai dalam setiap seni tari berbeda-beda. pola lantai pada seni tari dapat mengandung makna tertentu atau dapat pula tidak memiliki makna. poalantai yang memiliki makna biasanya terdapat pada tarian klasik dari keraton surakarta dan yogyakarta. contohnya tari Bedhaya dari Yogyakarta. Sementara itu pola lantai yang tidak memiliki arti setiap pola lantainya yaitu tari jaran kepag dari Yogyakarta,
Muatan PKN
Menunjukkan sikap menghargai keragaman budaya yaitu dapat dilakukan dengan cara
1. mengikuti pawai budaya
2. menghadiri acara pentas budaya daerah
3. melakukan wisata budaya ke daerah lain
4. mematuhi berbagai aturan adat yang berlaku
5. mementaskan tarian da nyayian daerah dalam berbagai acara
6. bangga memakai pakaian adat dalam beberapa acara
7. membeli oleh-oleh hasil kebudayaan daerah seperti kain dan ukiran
Kamis, 12 Maret 2020
TEMA 8 SUB 2 PB 6
TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA
Subtema 2
PB 6
POLA LANTAI KARYA TARI
Dengan adanya berbagai macam bentuk tarian, bentuk pola lantainya pun
berbeda-beda. Bentuk pola lantai tarian yang satu berbeda dengan tarian
yang lain. Selain bentuknya yang berbeda, terdapat pola lantai yang
mempunyai maksud dan ada juga yang tidak memiliki makna. Pola lantai
yang mempunyai maksud lebih banyak ada dalam tari-tarian klasik yang
terdapat di keratonSurakarta dan Yogyakarta. Namun demikian, tidak
menutup kemungkinan jika pola lantai dalam tari kreasi baru dan tari
rakyat juga mempunyai maksud. Perhatikan bentuk pola lantai dalam dua
tarian yang berbeda berikut.
Kedua karya tari pada gambar tersebut merupakan tarian yang berasal dari
Daerah Istimewa Yogyakarta. Tari Jaran Kepang berdasarkan bentuk
koreografi termasuk dalam jenis tari rakyat, sedangkan Tari Bedhaya
termasuk dalam jenis tari klasik. Bentuk pola lantaiTari Jaran Kepang
lebih sederhana dibandingkan bentuk pola lantai Tari Bedhaya. Pola
lantai yang berbentuk garis horizontal pada Tari Jaran Kepang tidak
mempunyai maksud apa pun. Sebaliknya, pola lantai yang terdapat pada
Tari Bedhaya mempunyai maksud. Ada satu pola lantai pada Tari Bedhaya
yang dikenal dengan nama rakit lajur. Pola lantai rakit lajur bermaksud
menggambarkan lima unsur yang ada pada diri manusia, yaitu cahaya, rasa,
sukma, nafsu, dan perilaku.
Ayo Berlatih
Kamu telah berlatih memperagakan salah satu tari kreasi daerah dengan
iringan. Sekarang, peragakan di depan teman-temanmu dan Bapak/Ibu Guru.
Perhatikan pola lantai untuk setiap gerakan tari yang kamu peragakan.
Secara bergantian, kamu dan teman-temanmu telah memperagakan tarian
daerah. Tari daerah mana yang kamu peragakan? Samakah dengan tarian
daerah yang diperagakan teman-temanmu? Jika berbeda, janganlah saling
mengejek. Perbedaan budaya bangsa, termasuk tarian, menjadi kekayaan
bangsa yang justru harus kita banggakan.
Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa untuk Menunjukkan Cinta Tanah Air
Yayasan Sukma Bangsa Bireuen di Aceh menggelar lomba seni tari kreasi
nusantara. Lomba ini diikuti oleh sembilan grup tari dari Pendidikan
Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Bireuen, Aceh. Anak-anak dari PAUD
tampil lucu dengan seragam unik. Penampilan mereka benar-benar menyedot
perhatian ratusan pengunjung.
Kebanyakan peserta lomba menampilkan Tar i daerah Aceh. Di antara
peserta ada yang menampilkan Tar i Ranup Lam Puan, Bungong Jeumpa, dan
Tarek Pukat. Namun, ada pula beberapa peserta menampilkan seni tari dari
provinsi lain di Indonesia. Salah satu di antaranya yakni PAUD Tun Sri
Lanang. Anak-anak dari PAUD Tun Sri Lanang menyuguhkan tari
CublakCublak Suweng
dari Jawa. Tujuh anak laki-laki menyajikan tarian. Mereka mengenakan kostum yang sederhana.Namun, gaya kocak anak-anak dalam menampilkan tarian berhasil memukau para penonton.
“Kita ingin menampilkan sajian yang berbeda. Kita juga ingin menunjukkan kebinekaan tari di Indonesia,” kata Ibu Surya Murni, pendidik pada PAUD Tun Sri Lanang.
Menurut Ibu Surya Murni, anak usia PAUD seharusnya diperkenalkan dengan
keragaman suku bangsa agar bisa melestarikannya kelak. “Tanpa
mengesampingkan kearifan lokal, sewajarnya anak-anak ditanamkan rasa
cinta tanah air dengan aneka ragam suku dan budaya yang ada di
Indonesia,” tambah Ibu Surya Murni. Lomba seni tari kreasi anak-anak
PAUD merupakan pendekatan dasar
agar anak cinta budaya bangsanya. Semoga ke depan banyak pihak yang
menyelenggarakan acara lomba tari agar mendukung upaya mewarisi
budaya-budaya Nusantara. Acara lomba tari sekaligus sebagai ajang
kreativitas anak usia dini agar tampil percaya diri di hadapan banyak
orang.
No comments:
Post a Comment