Monday, 16 March 2020

LATIHAN SOAL TEMA 6, PTS

Senin, 16 Maret 2020

LATIHAN SOAL TEMA 6

MATERI AJAR HARI SELASA, 17  MARET 2020

LATIHAN SOAL-SOAL TEMA 6

PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT)
 
1.       Sebuah dokumen yang dibuat oleh PBB yang secara resmi memberikan hak-hak kepada anak-anak sedunia disebut...
2.       Sebutkan 4 golongan konvensi hak-hak anak !
3.       Sebutkan 2 hak seorang siswa !
4.       Sebutkan 2 kewajiban seorang siswa !
5.       Keadaan untuk menerima akibat dari perbuatan, baik yang dilakukan sendiri maupun dengan orang lain disebut.......
Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas.
6.       Tulislah kata kunci dari bacaan di atas dan buatlah kalimat dari kata kunci tersebut !                  
7.       Media cetak yang berisi tentang informasi kepada masyarakat disebut.....                                                      
8.       Maju mundurnya sebuah negara tergantung kepada...... warga negaranya                            
9.        Papan iklan merupakan salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan ....... kepada masyarakat melalui media ......
10.    Sebutkan macam-macam media yang digunakan untuk iklan !
IPA
11.    Apa yang dimaksud dengan sumber energi panas ?
12.    Sebutkan 2 sumber energi panas !
13.     Salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda disebut...
14.    Besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda disebut....
15.    Sebutkan 2 contoh pemuaian dan penyusutan benda karena perubahan suhu !
IPS
16.    Bagaimana cara nenek moyang kita dulu mendapatkan api ?
17.    Lingkungan alam terdiri dari................dan...............
18.    Jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat dapat memengaruhi jenis .... dan.....
19.    untuk menanggulangi akibat kemarau panjang yang menyebab-kan menurunnya hasil pertanian, manusia mencoba membuat...
20.    Jelaskanlah interaksi yang terjadi antara manusia dengan lingkungan alamnya!
SBdP
21.    Apa yang dimaksud dengan tangga nada ?
22.    Sebutkan 2 jenis tangga nada !
23.    Lagu daerah dari Jawa tengah yang menggunakan tangga nada Slendro adalah.....
24.    Alat musik dari logam yang digunakan untuk mengiringi lagu-lagu pada tangga nada pentatonis adalah..................
25.    Lagu Cing Cangkeling berasal dari daerah................

Jumat, 13 Maret 2020

TEMA 8 SUB 2

MATERI AJAR HARI JUM'AT, 13 MARET 2020

Tema 8   Lingkungan Sahabat Kita

Muatan SBDP
makna pola lantai dalam seni tari
pola lantai dalam setiap seni tari berbeda-beda. pola lantai pada seni tari dapat mengandung makna tertentu atau dapat pula tidak memiliki makna. poalantai yang memiliki makna biasanya terdapat pada tarian klasik dari keraton surakarta dan yogyakarta. contohnya tari Bedhaya dari Yogyakarta. Sementara itu pola lantai yang tidak memiliki arti setiap pola lantainya yaitu tari jaran kepag dari Yogyakarta,


Muatan PKN
Menunjukkan sikap menghargai keragaman budaya yaitu dapat dilakukan dengan cara
1. mengikuti pawai budaya
2. menghadiri acara pentas budaya daerah
3. melakukan wisata budaya ke daerah lain
4. mematuhi berbagai aturan adat yang berlaku
5. mementaskan tarian da nyayian daerah dalam berbagai acara
6. bangga memakai pakaian adat dalam beberapa acara
7. membeli oleh-oleh  hasil kebudayaan daerah seperti kain dan ukiran

Kamis, 12 Maret 2020

TEMA 8 SUB 2 PB 6

MATERI AJAR HARI KAMIS, 12 MARET 2020

TEMA 8       LINGKUNGAN SAHABAT KITA
Subtema 2
PB 6

POLA LANTAI KARYA TARI
Dengan adanya berbagai macam bentuk tarian,  bentuk pola lantainya pun berbeda-beda. Bentuk pola lantai tarian yang satu berbeda dengan tarian yang lain. Selain bentuknya yang berbeda, terdapat pola lantai yang mempunyai maksud dan ada juga yang tidak memiliki makna. Pola lantai yang mempunyai maksud lebih banyak ada dalam tari-tarian klasik yang terdapat di keratonSurakarta dan Yogyakarta. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan jika pola lantai dalam tari kreasi baru dan tari rakyat juga mempunyai maksud. Perhatikan bentuk pola lantai dalam dua tarian yang berbeda berikut.
Kedua karya tari pada gambar tersebut merupakan tarian yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Tari Jaran Kepang berdasarkan bentuk koreografi termasuk dalam jenis tari rakyat, sedangkan Tari  Bedhaya termasuk dalam jenis tari klasik. Bentuk pola lantaiTari  Jaran Kepang lebih sederhana dibandingkan bentuk pola lantai Tari  Bedhaya. Pola lantai yang berbentuk garis horizontal pada Tari  Jaran Kepang tidak mempunyai maksud apa pun. Sebaliknya, pola lantai yang terdapat pada Tari  Bedhaya mempunyai maksud. Ada satu pola lantai pada Tari  Bedhaya yang dikenal dengan nama rakit lajur. Pola lantai rakit lajur bermaksud menggambarkan lima unsur yang ada pada diri manusia, yaitu cahaya, rasa, sukma, nafsu, dan perilaku.

Ayo Berlatih
Kamu telah berlatih memperagakan salah satu tari kreasi daerah dengan iringan. Sekarang, peragakan di depan teman-temanmu dan Bapak/Ibu Guru. Perhatikan pola lantai untuk setiap gerakan tari yang kamu peragakan. Secara bergantian, kamu dan teman-temanmu telah memperagakan tarian daerah. Tari daerah mana yang kamu peragakan? Samakah dengan tarian daerah yang diperagakan teman-temanmu? Jika berbeda, janganlah saling mengejek. Perbedaan budaya bangsa, termasuk tarian, menjadi kekayaan bangsa yang justru harus kita banggakan.
Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa untuk Menunjukkan Cinta Tanah Air
Yayasan Sukma Bangsa Bireuen di Aceh menggelar lomba seni tari kreasi nusantara. Lomba ini diikuti oleh sembilan grup tari dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Bireuen, Aceh. Anak-anak dari PAUD tampil lucu dengan seragam unik. Penampilan mereka benar-benar menyedot perhatian ratusan pengunjung.
Kebanyakan peserta lomba menampilkan Tar i  daerah Aceh. Di antara peserta ada yang menampilkan Tar i  Ranup Lam Puan, Bungong Jeumpa, dan Tarek Pukat. Namun, ada pula beberapa peserta menampilkan seni tari dari provinsi lain di  Indonesia. Salah satu di antaranya yakni PAUD Tun Sri Lanang. Anak-anak dari PAUD Tun Sri Lanang menyuguhkan tari CublakCublak Suweng
dari Jawa. Tujuh anak laki-laki menyajikan tarian. Mereka mengenakan kostum yang sederhana.
Namun, gaya kocak anak-anak dalam menampilkan tarian berhasil memukau para penonton.
“Kita ingin menampilkan sajian yang berbeda. Kita juga ingin menunjukkan kebinekaan tari di Indonesia,” kata Ibu Surya Murni, pendidik pada PAUD Tun Sri Lanang.

Menurut Ibu Surya Murni, anak usia PAUD seharusnya diperkenalkan dengan keragaman suku bangsa agar bisa melestarikannya kelak. “Tanpa mengesampingkan kearifan lokal, sewajarnya anak-anak ditanamkan rasa cinta tanah air dengan aneka ragam suku dan budaya yang ada di Indonesia,” tambah Ibu Surya Murni. Lomba seni tari kreasi anak-anak PAUD merupakan pendekatan dasar
agar anak cinta budaya bangsanya. Semoga ke depan banyak pihak yang menyelenggarakan acara lomba tari agar mendukung upaya mewarisi budaya-budaya Nusantara. Acara lomba tari sekaligus sebagai ajang kreativitas anak usia dini agar tampil percaya diri di hadapan banyak orang.

No comments:

Post a Comment

MATERI AJAR KELAS 6D, JUMAT 22 NOVEMBER 2024

  Tema 5                      : Wirausaha Subtema 3                 : Ayo belajar berwirausaha Pembelajaran               : 4 dan 5 Muatan P...