Hari / Tanggal : Senin, 1 Desember 2025
Fase/Kelas : C / VI
Mata Pelajaran : SAS Bahasa Indonesia
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Anak-anak sudah siap mengikuti ujian?
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.
BERIKUT JADWAL Sumatif Akhir SEMESTER 1
KIS-KISI SOAL SUMATIF AKHIR SEMESTER 1 KELAS VI
Materi-Indikator Pencapaian soal Teks Eksposisi Teks Eksplanasi -Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menjelaskan inforrmasi yang tepat dari teks. Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menyatakan inforrmasi yang tepat dari teks. Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menjelaskan inforrmasi yang tepat dari teks. Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat mengurutkan struktur teks eksposisi dengan tepat. Disajikan kutipan bacaan, peserta didik dapat menyatakan bagian struktur teks eksposisi yang tepat. Disajikan sebuah teks eksplanasi, peserta didik dapat menetukan ide pokok dari teks yang tepat. Disajikan sebuah teks Eksplanasi, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang tepat berdasarkan teks tersebut. Disajikan sebuah teks Eksplanasi, peserta didik dapat mengidentifikasi pertanyaan yang tepat dari teks tersebut. Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menyatakan bagian struktur teks eksplanasi yang tepat. Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menentukan informasi yang sesuai dengan teks. Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menentukan tanggapan yang tepat berdasarkan teks. Kosa Kata Baru, Kata kiasan, Kalimat Majemuk Ide Pokok dan Gagasan Pendukung-Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat memilih makna yang tepat dari kata yang dicetak tebal. Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat memilih kata yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang. Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat memilih kata kiasan yang tepat berdasarkan ilustrasi. Disajikan sebuah kalimat, peserta didik dapat menunjukkan arti kata kiasan yang dicetak tebal. Disajikan dua buah kalimat, peserta didik dapat mengubah menjadi kalimat majemuk yang tepat Disajikan beberapa kalimat, peserta didik dapat menganalisi kalimat majemukmyang tepat. Disajikan sebuah kalimat, peserta didik dapat menyatakan penggunaan anak kalimat yang tepat. Disajikan dua buah kalimat, peserta didik dapat menentukan kata hubung yang tepat. Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan pengertian dari gagasan pokok yang tepat. Disajikan sebuah teks bacaan, peserta didik dapat menentukan kalimat utama berdasarkan teks. Disajikan sebuah teks bacaan, peserta didik dapat menentukan ide pokok berdasarkan teks. Disajikan sebuah teks bacaan, peserta didik dapat menyimpulkan sebuah paragraf. Disajkian sebuah paragraf, peserta didik dapat menyimpulkan tema paragraf tersebut. Disajkian sebuah paragraf, peserta didik dapat mengidentifikasi gagasan pokok yang tepat. Disajikan sebuah teks bacaan, peserta didik dapat menentukan kalimat utama berdasarkan teks. Disajikan sebuah teks bacaan, peserta didik dapat menentukan kata kunci pada teks. Disajikan sebuah teks bacaan, peserta didik dapat menyimpulkan jenis paragraf. Disajikan sebuah dua teks bacaan, peserta didik dapat menentukan perbedaan kedua teks bacaan. Disajikan sebuah tabel tentang ungkapan, peserta didik dapat mencocokkan pengertian dari ungkapan yang tepat. Latihan Soal: 📘 TEKS 1 (Eksposisi) Judul: Manfaat Membaca Setiap Hari Membaca merupakan aktivitas yang memberikan banyak manfaat bagi siswa. Dengan membaca, wawasan akan bertambah dan kosakata baru dapat dikuasai. Selain itu, kebiasaan membaca dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis karena siswa belajar membandingkan informasi dari berbagai sumber. Tidak hanya itu, membaca juga dapat meningkatkan daya imajinasi. Oleh sebab itu, kebiasaan membaca perlu ditanamkan sejak dini agar siswa mampu berkembang menjadi pembelajar sepanjang hayat. 📗 TEKS 2 (Eksplanasi) Judul: Terjadinya Hujan Hujan terjadi melalui proses penguapan air dari permukaan bumi, seperti laut, sungai, dan danau. Air yang menguap berubah menjadi uap air yang naik ke atmosfer dan membentuk awan. Ketika suhu udara menjadi lebih rendah, uap air mengalami pengembunan sehingga butiran air membesar dan semakin berat. Jika butiran air dalam awan sudah tidak dapat ditampung lagi, maka air jatuh ke bumi sebagai hujan. Proses ini berlangsung secara berulang dan disebut siklus air. 🌟 A. PILIHAN GANDA (1–35) Pilihlah jawaban yang paling tepat! 1. Fakta yang terdapat dalam Teks 1 adalah … A. Membaca adalah kegiatan yang membosankan. 2. Pandangan penulis pada Teks 1 adalah bahwa membaca … A. Tidak perlu dilakukan setiap hari. 3. Argumen yang mendukung manfaat membaca pada Teks 1 adalah … A. Membaca meningkatkan kemampuan berbicara. 4. Urutan struktur teks eksposisi yang benar adalah … A. Penutup – Argumentasi – Pernyataan pendapat 5. Pernyataan yang merupakan bagian pernyataan pendapat pada Teks 1 adalah … A. Membaca menambah wawasan. 6. Yang bukan termasuk unsur teks eksplanasi adalah … A. Pernyataan umum 7. Ide pokok paragraf Teks 2 adalah … A. Proses terjadinya pengembunan 8. Informasi yang tepat berdasarkan Teks 2 adalah … A. Hujan terjadi langsung dari awan tanpa proses lain. 9. Pertanyaan yang tepat sesuai Teks 2 adalah … A. Apa akibat banjir? 10. Struktur teks eksplanasi pada Teks 2 yang muncul di paragraf pertama adalah … A. Penutup 11. Informasi yang sesuai dengan Teks 1 adalah … A. Membaca menurunkan daya ingat. 12. Tanggapan yang tepat terhadap Teks 1 adalah … A. Kebiasaan membaca tidak penting. 13. Kata “bening” pada kalimat “Air sungai itu sangat bening” bermakna … A. Kotor 14. Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang: “… Setiap siswa harus menjaga kebersihan kelas dengan cara …” 15. Ilustrasi menunjukkan seorang anak sedih karena kehilangan mainan. Kata kiasan yang tepat adalah … A. Jatuh hati 16. Arti kata kiasan “buah tangan” adalah … A. Makanan buah-buahan 17. Gabungan dua kalimat berikut menjadi kalimat majemuk: “Ani belajar.” dan “Ani mendengarkan musik.” 18. Kalimat majemuk yang tepat adalah … A. Ibu memasak. Ayah membaca. 19. Anak kalimat pada kalimat “Ia belajar karena ingin juara” adalah … A. Ia belajar 20. Kata hubung yang tepat untuk menyatukan dua kalimat perbandingan adalah … A. Tetapi 21. Pernyataan berikut menunjukkan gagasan pokok adalah … A. Contoh kegiatan belajar di rumah 22. Kalimat utama paragraf tentang kebersihan kelas adalah … A. Semua siswa harus menjaga kebersihan kelas. 23. Ide pokok paragraf tentang manfaat air adalah … A. Air berguna untuk minum, memasak, dan mandi. 24. Simpulan dari paragraf tentang pentingnya olahraga adalah … A. Olahraga membuat badan sehat. 25. Tema paragraf tentang hewan peliharaan adalah … A. Jenis hewan buas 26. Gagasan pokok paragraf adalah … A. Hal yang menjelaskan isi paragraf 27. Kalimat utama paragraf bacaan tentang persahabatan adalah … A. Persahabatan harus dijaga dengan baik. 28. Kata kunci dari teks tentang kesehatan adalah … A. Permainan 29. Jenis paragraf yang menjelaskan sebab-akibat adalah … A. Deskripsi 30. Dua teks bacaan dapat dibandingkan melalui … A. Warna teks 31. Makna ungkapan “naik daun” adalah … A. Menjadi terkenal 32. Simpulan laporan pengamatan yang tepat adalah … A. Pengamatan dilakukan pada pagi hari. 33. Pesan dalam laporan pengamatan tanaman adalah … A. Tanaman harus dirawat dengan baik. 34. Kalimat yang merupakan fakta adalah … A. Kucing adalah hewan paling lucu. 35. Kalimat yang merupakan opini adalah … A. Ayam bertelur setiap hari. B. ISIAN (36–45) 36. Proses terjadinya hujan diawali oleh … 37. Pengembunan terjadi ketika … 38. Makna kata “harmonis” adalah … 39. Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tentang kebersihan adalah … 40. Contoh kata kiasan adalah … 41. Gabungkan dua kalimat berikut menjadi kalimat majemuk: “Saya membaca buku.” dan “Saya mendengarkan musik.” 42. Ide pokok paragraf adalah … 43. Tema sebuah paragraf adalah … 44. Kata kunci pada paragraf tentang lingkungan adalah … 45. Simpulan paragraf adalah … 🌟 C. URAIAN (46–50) 46. Jelaskan kembali dengan bahasamu sendiri proses terjadinya hujan berdasarkan Teks 2! 47. Buatlah 1 kalimat menggunakan ungkapan “ringan tangan”! 48. Jelaskan perbedaan fakta dan opini beserta contohnya! 49. Tuliskan ide pokok dari Teks 1 dan jelaskan alasanmu! 50. Buatlah kesimpulan dari Teks 1 dalam 2–3 kalimat! |

No comments:
Post a Comment