Friday 8 September 2023

KESIMPULAN MATERI AJAR, KAMIS 7 SEPTEMBER 2023



Thomas Alva Edison, Sang Penemu Bola Lampu Pijar


Pernahkah terbayang olehmu hidup tanpa penerangan? Setelah Matahari terbenam, tentu akan sulit melakukan kegiatan di luar rumah karena lingkungan yang gelap gulita. Kegiatan di dalam rumah mungkin juga terbatas. Kita patut mensyukuri salah satu penemuan besar yang mengubah dunia. Penemuan bola lampu pijar oleh Thomas Alva Edison.

Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847. Ia tidak pernah menyelesaikan pendidikan resmi di sekolah. Ia hanya sempat bersekolah selama tiga bulan. Edison diajar oleh ibunya di rumah. Walaupun tidak mengikuti pendidikan formal, terlihat bahwa Edison memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Di usia 11 tahun, Edison sudah dapat membuat telegraf sederhana. Di usia 12 tahun, ia memanfaatkan waktu luangnya untuk membaca literatur dan melakukan berbagai percobaan. Pada tahun 1861 ia dapat mencetak koran. Koran terbitannya “Weekly Herald” laris terjual.


No.Pengaruh bola lampu bagi kehidupan masyarakat
1. Masyarakat dapat berjualan di pasar tradisional pada saat malam hari
2. Kegiatan pertemuan warga dilaksanakan pada malam hari
3. Keamanan lingkungan lebih terjamin karena berkurangnya tempat yang gelap
4. Ekonomi masyarakat bertambah karena lebih banyaknya kegiatan ekonomi yang dapat dilakukan
5 Jalan raya menjadi terang sepanjang malam

Selain bola lampu, banyak sekali penemuan yang membawa perubahan bagi kehidupan masyarakat. Bagaimana perubahan kehidupan masyarakat setelah ditemukan alat-alat berikut?
Penemuan Alat

No comments:

Post a Comment

MATERI AJAR JUMAT 3 MEI 2024

  Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat, 3 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran ; IPS Assalamu'alaikum warohmatu...