Materi Ajar
Kelas : 4
Tema 5 : Pahlawanku
Subtema 3 : Sikap Kepahlawanan
Pembelajaran : 5
Hari / Tanggal : Rabu / 16 November 2022
Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi anak Sholeh-Sholehah.. Bagaimana kabarnya pagi ini?
Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya aamiin..
Pada Pembelajaran 5 Tema 5 Subtema 3 Sikap Kepahlawanan akan mempelajari tentang menyajikan informasi tentang sikap kepahlawanan Sultan Iskandar Muda dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi masyarakat di wilayah setempat dalam bentuk peta pikiran. Setelah berlatih dan mengamati contoh dari guru, siswa mampu mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu "Hari Merdeka". Setelah berlatih dan mengamati contoh dari guru, siswa mampu menyanyikan lagu "Hari Merdeka" dengan tinggi rendah dan tempo yang sesuai.
- Siapasultan yang memimpin Kesultanan Aceh melawan penjajah?
- Bagaimana cara Sultan Iskandar Muda melawan penjajah?
- Mengapa Sultan Iskandar Muda membangun militer yang kuat?
- Apa saja peninggalan Sultan Iskandar Muda?
- Kapan Sultan Iskandar Muda memerintah Kesultanan Aceh?
Jawaban :
- Sultan Iskandar Muda
- Melakukan penyerangan terhadap Portugis di Malaka.
- Agar wilayah kekuasaannya makin luas
- Masjid Raya Baiturrahman, Benteng Indrapatra, Gunongan, dan Uang emas kerajaan Aceh
- Tahun 1607 sampai dengan tahun 1636
- Mengabdikan seluruh hidupnya bagi negara dan bangsa.
- Sangat peduli terhadap kesejahteraan rakyat Aceh.
- Berjuang agar seluruh Rakyat Aceh menikmati kesejahteraan
- Pantang menyerah
- Cinta tanah air
- Berani
Lagu ini menggambarkan gigihnya semangat para pejuang pahlawan nasional untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Semangat berjuang hingga Indonesia benar-benar merdeka.
Saya memahami dengan baik sikap kepahlawanan Sultan Iskandar Muda.
Mengidentifikasi tinggi rendah nada Hari Merdeka.
Materi tersbut sangat bermanfaat untuk memupuk rasa cinta tanah air.
Selama belajar saya merasa sangat senang.
Saya ingin mengetahui sikap perjuangan pahlawan yang lainnya.
No comments:
Post a Comment