Hari/Tanggal : Senin, 25 Oktober 2021
Kelas/Semester : 2/1
Tema 4 : Hidup Bersih dan Sehat
Subtema 1 : Hidup Bersih dan Sehat di Rumah
Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
- Menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang
Amatilah gambar di bawah dengan teliti!
Apa yang dilakukan Dayu dan keluarga?
Dayu dan keluarga sedang bekerjasama membersihkan rumah
Adik Dayu sedang mengelap kaca
Kakak Dayu sedang menguras bak mandi
Dayu sedang menyapu dan Ibu Dayu sedang membersihkan langit-langit rumah
Dayu dan keluarga menjaga kebersihan pekarangan rumah bersama.
Mereka telah menunjukkan persatuan dalam keluarga.
Persatuan dalam keluarga banyak manfaatnya. Misalnya:
1. Pekerjaan jadi cepat selesai
2. Keluarga hidup dengan sehat dan bahagia
3. Rumah menjadi tentram
Sebaliknya, hidup tidak bersatu ada akibatnya. Misalnya:
1. Pekerjaan lebih lama selesai
2. Anggota keluarga sering bertengkar
3. Rumah menjadi kotor
Amati gambar Dayu yang sedang merawat tanaman berikut ini!
Konblok berbentuk segi enam.
Permukaan konblok berupa bangun datar.
Bangun datar mempunyai sisi, sudut, dan titik sudut.
Masih ingatkah kamu sisi, sudut, dan titik sudut pada bangun datar?
- banyak sisi 6
- banyak sudut 6
- banyak titik sudut 6
Latihan Soal
Kerjakan soal di bawah ini dengan cara memilih jawaban yang kamu anggap paling tepat
Tulis soal dan jawabannya di buku tulismu yaa
1. 1. Anton dan ayahnya bekerjasama membersihkan selokan. Manfaat tindakan tersebut adalah ....
a. menyebabkan banjir
b. menjadikan lingkungan sarang penyakit
c. membuat air mengalir dengan lancar
2.
Z2 2. Zahra tidak mau ikut olahraga bersama keluarganya. Akibatnya, tubuh Zahra ....
a. mudah sakit
b. sehat
c. kuat
3.
3. Anggota keluargamu sedang kerja bakti membersihkan pekarangan rumah. Sebaiknya kamu ....
a. melihat
b. membiarkan
c. membantu
4. 4. Pintu rumahmu memiliki ... ruas garis
a. 3
b. 4
c. 5
5. 5. Benda berikut yang permukaannya berbentuk lingkaran adalah ....
a. papan tulis
b. uang logam
c. televisi
No comments:
Post a Comment