Friday 7 May 2021

MATERI AJAR, JUMAT 7 MEI 2021

 

 MATERI AJAR

 

Hari/ tanggal     : Jumat, 1 Mei  2020

Kelas                  : 2

Tema                 : 8 (Keselamatan di rumah dan perjalanan)

 Subtema            : 4 (Menjaga Keselamatan di Perjalanan)

 Pembelajaran    : 5 dan 6

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Penggunaan tanda tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat.

·         Dengan tanya jawab, siswa dapat menemukan penggunaan tanda tanya sesuai aturan pada kalimat yang telah dibaca dengan benar.

·         Dengan mengamati gambar, siswa dapat menulis kalimat dengan memperhatikan aturan penggunaan tanda tanya dengan tepat.

·         Dengan penugasan, siswa dapat membacakan kalimat yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.

·         Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan cara gerak melempar dan menangkap dalam bentuk permainan di air dengan benar.

·         Dengan mengamati gambar dan pemodelan, siswa dapat mempraktikkan menggunakan gerak melempar dan menangkap dalam bentuk permainan.

·         Dengan mengamati gambar, siswa dapat memberikan contoh kegiatan bermain yang menunjukkanpersatuan dalam keberagaman teman sekolah dengan benar.

·         Dengan mengamati gambar dan teks percakapan, siswa dapat membaca kalimat sederhana yang di dalamnya memuat aturan penggunaan tanda tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat.

·         Dengan tanya jawab, siswa dapat menemukan penggunaan tanda tanya sesuai aturan pada kalimat yang telah dibaca dengan benar.

·         Dengan mengamati gambar, siswa dapat menulis kalimat dengan memperhatikan aturan penggunaan tanda tanya.

·         Dengan penugasan, siswa dapat membacakan kalimat yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.

·         Dengan mengamati gambar, siswa dapat menceritakan pengalaman melakukan kegiatan yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman teman sekolah menggunakan gambar/poster dengan bahasa yang santun.

·         Dengan tanya jawab, siswa dapat memberikan contoh kegiatan kerja bakti yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman teman sekolah dengan benar.

·         Dengan penugasan, siswa dapat menyimulasikan pengalaman melakukan kegiatan beribadah yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman teman sekolah dengan percaya diri.

 ·         Dengan mengamati kalender, siswa dapat menentukan konversi satuan waktu dengan benar.

·         Dengan tanya jawab, siswa dapat menyajikan hasil pemecahan masalah sehari-hari tentang satuan waktu dengan benar.

 

 

KOMPETENSI DASAR

Bahasa Indonesia 3.10,  

 PKN 3.4

Matematika 3.6

 

 

https://www.youtube.com/watch?v=LD3ZhVyoJnk 


 https://www.youtube.com/watch?v=zHbFvGR2L20


 

 

RINGKASAN MATERI

1. PKn

Menjaga Keselamatan di Pasar

Hari Minggu, Udin diajak ibu berbelanja ke pasar. Suasana di pasar sangat ramai.

Udin dan ibu memperhatikan keselamatan di pasar. Apa saja yang dilakukan Udin dan ibu dalam menjaga keselamatan ketika di pasar?

1.       Pergi bersama orang dewasa

2.       Tidak menggunakan pakaian dan barang berharga dengan mencolok

3.       Menyimpan uang pada tempat yang aman

4.       Melakukan kegiatan jual beli dengan jujur

5.       Menjaga kebersihan pasar dengan tidak membuang sampah sembarangan

 

Aturan Mengendarai Sepeda Motor

Udin dan ayah berkunjung ke Museum Indonesia. Museum Indonesia terletak di Taman Mini

Indonesia Indah (TMII). Udin dan ayah mengendarai sepeda motor menuju museum.

Mereka menjaga keselamatan di perjalanan.

Beberapa aturan ketika mengendarai sepeda motor sebagai berikut.

1. Mematuhi segala peraturan lalu lintas.

2. Selalu tertib di jalan.

3. Menjaga kendaraan dalam kondisi baik.

4. Menggunakan pakaian yang pas dan baik serta menggunakan sepatu dan helm.

5. Memastikan bahwa pengait helm terpasang dengan baik.

6. Menyalakan lampu utama sepeda motor.

7. Memastikan lampu penunjuk arah berfungsi dengan baik.

8. Mengecek kaca spion apakah terpasang dengan benar.

 

 

2. Bahasa Indonesia

Masih ingatkah kamu apa itu kalimat tanya? Ya, kalimat tanya adalah kalimat yang digunakan untuk menanyakan sesuatu. Kalimat tanya dilengkapi dengan tanda tanya (?) di akhir kalimat.

Udin dan ayah memasuki museum. Di museum terdapat berbagai kebudayaan daerah.

Udin juga mengamati jumlah pengunjung museum di tahun 2017. Amati daftar jumlah pengunjung berikut dengan teliti!


Masih ingatkah kamu dengan aturan penggunaan

tanda titik? Tanda titik digunakan di setiap akhir sebuah kalimat. Tanda titik juga digunakan untuk memisahkan bilangan ribuan yang menunjukkan jumlah. Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat serta perhatikan penggunaan tanda titik nya!

 

1. Jumlah pengunjung museum bulan Januari ada 1.500 orang.

2. Jumlah pengunjung museum bulan Maret ada 1.550 orang.

3. Jumlah pengunjung museum bulan Mei ada 1.700 orang.

4. Jumlah pengunjung museum bulan November ada 2.000 orang.

5. Total jumlah pengunjung museum tahun 2016 ada 20.200 orang.

 


3. Matematika


Kerjakan soal latihan di bawah ini ya agar lebih paham dengan pelajaran hari ini

Lengkapilah teks yang rumpang berikut berdasarkan jumlah pengunjung

Perhatikan aturan penggunaan tanda titik yang benar!

1.       Jumlah pengunjung museum bulan Januari ada .... orang.

2.       Jumlah pengunjung museum bulan Maret ada .... orang.

3.       Jumlah pengunjung museum bulan Mei ada .... orang.

 

Dengan melihat bulan pada kalender kerjakan soal berikut!

4.       1.Sekarang bulan Maret. Dua bulan yang lalu adalah bulan kelahiran Udin. Bulan apakah Udin lahir?

5.      2. Sekarang bulan Desember. Tiga bulan yang lalu adalah bulan kelahiran kakak. Bulan apakah kakak lahir?

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment

MATERI AJAR JUMAT 3 MEI 2024

  Materi Kelas 6 Hari/Tanggal : Jumat, 3 Mei 2024 Tema : Pengayaan Materi Semester Genap Mata Pelajaran ; IPS Assalamu'alaikum warohmatu...