Tema 6 Kelas 5 SD Subtema 3 Pembelajaran 2
Suatu pagi, Lani bergegas memasuki ruang kelas dengan membawa sebuah
kotak. Ia segera menemui Dayu, yang saat itu sudah ada di kelas.
“Dayu! Coba lihat, saya bawa apa?” tanya Lani sambil menunjukkan sebuah kotak.
“Ah, kamu akhirnya mendapatkan botol minum tahan panas yang selama ini
kamu idamkan, Lani! Bolehkah saya melihatnya?” timpal Dayu ikut senang.
“Tentu saja, Dayu. Saya senang sekali, akhirnya saya dapat menyimpan teh
panas atau air dingin dari rumah agar saya masih bisa menikmatinya di
sekolah. Nanti kita berbagi ya Dayu!” jawab Lani.
“Sebenarnya saya lebih penasaran dengan cara kerja benda itu, Dayu.
Bahan apa saja yang digunakan benda itu untuk menjaga panas dari air teh
panas tidak keluar sehingga tetap hangat. Dan kamu pun tetap dapat
memegangnya tanpa kepanasan.” Jawab Dayu.
“Di dalam kotak ini ada brosur yang menggambarkan bagian-bagian benda
ini. Nanti kita lihat ya! Tetapi saya bawa sebuah artikel yang kurasa
juga menarik untuk kita ketahui. Sejarah termos! Benda ini pun
sebenarnya hampir sama dengan termos yang biasa kita pakai untuk
menyimpan air panas. Maukah kamu membaca bersama saya?” tanya Lani.
“Tentu saja!” jawab Dayu bersemangat.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 147
Ayo Membaca
Sejarah Termos
Hampir semua keluarga memiliki termos di rumahnya. Termos memang sering
digunakan untuk menyimpan air panas agar tetap panas saat digunakan.
Biasanya keluarga yang memiliki bayi yang memerlukan susu setiap saat,
menggunakan termos untuk menyimpan air panas. Termos adalah sebuah benda
yang biasanya berbentuk tabung seperti botol yang mempunyai dinding
berlapis. Benda ini dirancang berbentuk seperti kaca dengan bahan
mengkilap yang dapat menyimpan cairan agar tetap memiliki suhu seperti
semula. Dengan dinding dalam termos yang dirancang seperti kaca, maka
kalor yang terdapat pada air panas tersebut tidak bisa berpindah dengan
cepat. Panas yang dikeluarkan oleh air panas tadi, dapat ditahan oleh
dinding dalam termos yang terbuat dari bahan mengkilap ini. Sehingga air
panas di dalamnya akan tetap hangat hingga beberapa saat tergantung
dari ketebalan dindingnya. Saat ini termos tidak hanya digunakan untuk
menyimpan air panas, tetapi juga untuk menyimpan air dingin agar tetap
dingin.
Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 adalah James Dewar.
Penemuannya didorong oleh kebutuhannya untuk menjaga agar minuman
bayinya tetap hangat. Tetapi saat itu, untuk menjaga suhu minuman agar
tetap hangat merupakan hal yang sulit dilakukan, terutama dalam kondisi
cuaca yang dingin seperti di Eropa.
Karena kebutuhan inilah, James Dewar menemukan cara membuat botol hampa
udara. Botol hampa udara, merupakan wadah dari kaca berdinding ganda
dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat untuk
mencegah agar panas tidak menjalar. Sementara dinding sebelah dalam
botol tersebut, dilapisi perak untuk mempertahankan panas. Botol hampa
udara itulah yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos. Botol
hampa udara buatan James Dewar dan penutup wol buatan mertuanya sampai
sekarang dapat dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, di London.
Berdasarkan bacaan di atas, tuliskanlah hal-hal penting pada setiap
paragraph dengan menggunakan kalimat lengkap. Tuliskanlah pada tabel
berikut.
Paragraf
|
Paragraf
|
---|---|
Satu
|
|
Dua
|
|
Tiga
|
|
Rangkailah kalimat-kalimat yang berisi informasi penting dari paragraf
di atas menjadi sebuah tulisan satu paragraf yang menggambarkan isi dari
bacaan di atas. Gunakan kalimat yang lengkap, kata-kata baku dan ejaan
yang tepat.
Jawab:
Hampir semua keluarga memiliki termos di rumahnya. Termos adalah sebuah
benda yang biasanya berbentuk tabung. Pencipta termos pertama kali pada
tahun 1902 adalah James Dewar. James Dewar menemukan cara membuat botol
hampa udara yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos. Botol
hampa udara buatan James Dewar sekarang dapat dilihat di Museum Ilmu
Pengetahuan, di London.
Jelaskanlah hasil pekerjaanmu kepada anggota kelompok yang telah
dibentuk. Apakah kamu menemukan sesuatu yang menarik setelah kamu
mendengarkan penjelasan dari teman-temanmu yang lain? Apakah kamu
memiliki pemahaman yang sama tentang isi bacaan tersebut?
Setelah itu, jawablah pertanyaan berikut ini. Tuliskan jawabanmu dengan
menggunakan kalimat yang lengkap dan kata-kata yang baku!
1. Apakah fungsi sebuah termos? Termos digunakan untuk menyimpan air panas agar tetap panas saat digunakan.
2. Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat termos pada masa itu? Bahan yang digunakan pada masa itu adalah botol hampa udara, merupakan wadah dari kaca berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat.
3. Gambarlah bagian-bagian termos sesuai bacaan di atas.
4. Apa saja benda di sekitarmu yang menggunaan prinsip yang hampir sama dengan termos? Selimut dan jaket.
Ayo Membaca
Selain termos, tentu kamu pernah melihat benda-benda di sekitarmu yang
menggunakan bahan isolator dan konduktor dengan berbagai kegunaannya.
Bacalah bacaan berikut yang disadur dari sebuah buku pelajaran
elektronik ini dengan saksama.
Penggunaan Benda Konduktor dan Isolator
Kamu sudah tahu, bahwa panas dapat berpindah dari satu tempat ke tempat
lain melalui konduksi, konveksi, dan radiasi. Ingat kembali, apa yang
dimaksud dengan konduksi, konveksi, dan radiasi? Pikirkan bersama dalam
kelompok kecil! Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari banyak yang
memanfaatkan sifat benda sebagai konduktor atau isolator. Benda apakah
itu?
Selimut dan panci merupakan benda yang memanfaatkan sifat ini. Selimut
memerangkap udara. Udara adalah isolator, sehingga tidak menghantarkan
panas yang keluar dari tubuhmu. Dengan demikian, badanmu tetap terasa
hangat.
Terbuat dari apakah panci? Panci terbuat dari bahan logam, misalnya
aluminium. Aluminium merupakan penghantar panas yang baik. Panci akan
menghantarkan panas ke makanan yang dimasak. Pegangan panci terbuat dari
plastik. Plastik merupakan isolator sehingga kamu tidak akan kepanasan
ketika memegangnya.
Mesin mobil dan motor terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas.
Mesin memerlukan panas untuk memperoleh kinerja mesin yang ideal.
Karena itu, mesin dibuat dari bahan konduktor sebagai penghantar panas.
Dari uraian di atas, kamu sudah tahu mana bahan yang bersifat konduktor
dan isolator. Selain selimut, dan panci, tentu kamu dengan mudah
menjumpai penggunaan benda yang bersifat konduktor dan isolator dalam
kehidupan sehari-hari.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 149, 150
Ayo Menulis
Berdasarkan bacaan di atas, tuliskan hal-hal yang kamu pahami dari
setiap paragraf pada bacaan dalam sebuah kalimat. Kalimat-kalimat
tersebut akan mewakili isi dari bacaan yang kamu baca. Tuliskan pada
tempat yang telah disediakan.
Berdasarkan kalimat-kalimat yang mewakili isi bacaan yang telah kamu
tulis, buatlah sebuah diagram yang akan menjelaskan pemahamanmu terhadap
bacaan di atas. Gunakan diagram berikut untuk membantumu! Tuliskanlah
kalimat-kalimat yang menjadi pokok pikiran dari setiap paragraf dalam
bacaan, ke dalam setiap kotak yang tersedia. Satu kotak tentu mewakili
satu paragraf. Berilah keterangan hal-hal penting lain dalam paragraf
yang mendukung pokok pikiran tersebut. Lakukanlah bersama dengan teman
sebangkumu! Buatlah diagrammu pada tempat yang disediakan di bawah ini.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 151
Ayo Mengamati
Amatilah benda-benda yang ada di sekolah dan rumahmu. Gunakan tabel
berikut untuk mengidentifikasi sifat hantaran benda tersebut dan
kegunaannya. Lalu buatlah kesimpulannya!
Nama Benda/Alat di
Sekolah
|
Sifat Hantaran
|
Kegunaan
|
---|---|---|
Bel Listrik
|
Konduktor
|
Penanada waktu masuk atau istirahat
|
Sarung tangan
|
Isolator
|
Menjaga tangan tetap hangat
|
Thermos Es
|
Isolator
|
Menjaga es tidak mencair
|
Jaket
|
Isolator
|
Menjaga badan tetap hangat
|
Solder
|
Konduktor
|
Menyambung/memasang komponen elektronik
|
Nama Benda/Alat di
Rumah
|
Sifat Hantaran
|
Kegunaan
|
---|---|---|
Setrika
|
Konduktor
|
Merapikan baju
|
Panci
|
Konduktor
|
Memasak dan merebus air
|
Thermos
|
Isolator
|
Menjaga air tetap panas
|
Spatula
|
Isolator
|
Mengambil masakan dari wajan
|
Selimut
|
Isolator
|
Menjaga badan tetap hangat
|
Presentasikan hasil pengamatanmu di dalam kelompok. Lalu, amatilah hasil
pengamatan teman-teman pada kelompok. Catatlah hal menarik yang
disampaikan teman-temanmu untuk memperkaya pengetahuanmu.
Buatlah kesimpulan terhadap kegiatan di atas.
Kesimpulan :
Panas dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain melalui konduksi,
konveksi, dan radiasi. Ketiga cara perpindahan panas dapat dimanfaatkan
dalam kehidupan sehari-hari.
No comments:
Post a Comment